7 Wisata Pulau Derawan yang Pantang Dilewatkan

Travel

Pulau Derawan menyajikan wisata bawah laut dengan ribuan spesies ikan dan koralnya. Sangat pas untuk Anda yang penat dengan hiruk pikuk Ibu Kota.

Pulau Derawan sejak beberapa tahun terakhir jadi sorotan. Gugusan pulau yang masih menjadi bagian Kalimantan Timur ini dikenal kaya akan destinasi lautnya. Inilah tempat yang pas bagi penggila dunia bawah laut. Selain surga bagi para penyelam Derawan juga menyajikan eksotisme lainnya yang bisa Anda lihat diberbagai pulau kecilnya.

Baca juga: Pulau Buatan: 10 Daftar Paling Menakjubkan di Dunia

Lalu obyek wisata popuker apa saja yang ada di Pulau Derawan dan sekitarnya? Berikut diantaranya:

7 Obyek Wisata Hits

7 objek wisata Pulau Derawan

Pulau Kakaban

Dipulau ini terdapat ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish) yang berjumlah ribuan. Karena ubur-ubur di perairan tawar ini tidak menyengat banyak wisatawan menantang adrenalinnya dengan berenang atau menyelam bersama dengan ubur-ubur. Kakaban ini sebenarnya adalah danau yang berada ditengah-tengah pulau. Nah jika berkunjung ke kepulauan Derawan wajib ya kunjungi pulau Kakaban

Pulau Sangalaki

Kalau pulau yang satu ini paling pas dikunjungi bagi pecinta fauna, karena disini Anda bisa melihat bagaimana kehidupan para penyu. Ya, Pulau Sangalaki merupakan kawasan konservasi penyu, disinilah lokasi favorit para penyu untuk bertelur. Bahkan beberapa penyu disini merupakan spesies yang terancam punah.

Spesies penyu sisik dan penyu hijau adalah dua diantara yang langka yang biasa hidup dan berterlur di Pulau Sangalaki. Setidaknya, tiap tahunnya ada sekitar 3700-an lebih penyu yang menumpang bertelur di pulau ini. Jumlahnya akan semakin banyak ketika air laut sedang pasang. Jika beruntung Anda juga bisa melihat bagaimana penyu-penyu kecil yang baru menetas dari cangkangnya dilepas ke lautan

Pulau Maratua

binatang laut di Pulau Derawan

Pulau ini sedikit sulit dijangkau karena letaknya yang berada di pulau terluar Indonesia, tepatnya di perairan Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Maratua dikenal punya pesona pantai yang sulit dilupakan dengan hamparan laut birunya. Sering disebut surga bagi para penyelam karena menawarkan spot penyelaman yang banyak.

Ikan di perairan ini juga sangat beragam dan cantik. Namun jika kemari siapkan kantong tebal ya karena harga destinasinya cukup mahal dan penginapannya juga rata-rata kelas premium. Setidaknya untuk menginap semalam perlu Rp 800ribu, itupun harga resort paling murah. Disana juga suda terdapat penyewaan alat diving dan menyelam, jadi jangan takut untuk mencoba pengalaman wisata bahari ini.

Baca juga: Eksplore Flores: Yuk, Kunjungi Pulau Sumbawa yang Menyimpan Sejuta Keindahan!

Goa Haji Mangku

Sulit sekali menjangkau gua ini pun pintu masuknya tak terlihat, hanya orang-orang yang sering kemari yang hafal dimana pintu masuknya. Karena itu Anda wajib menyewa pemandu jika tak ingin tersesat, letaknya hanya beberapa meter dari bibir pantai Maratua bagian utara. Goa ini terletak diengah danau.

Untuk mendeskripsikannya, didalam Goa Haji Mangku terdapat danau air payau. Sehingga bibir goa yang Anda masuki sebenarnya adalah pintu masuk ke danau. Warna airnya sangat unik yakni biru tua bercampur tosca. Namun jangan mengharapkan pemandangan bawah air yang indah, karena nyatanya di dasar danau hanya ada ruang-ruang sempit yang sangat gelap.

Blue Light Cave

Masih terletak di Pulau Kakaban, Blue Light Cave ini adalah tujuan diving para penyelam profesional. Banyak yang mengakui kalau goa yang satu ini sangat misterius dengan tebing-tebing koral yang sempit dan gelap. Banyak mitos mistis yang berkaitan dengan goa ini, tak heran jika warga sekitar bahkan enggan menyelami danau di goa ini.

Karena itu wisata ini tidak cocok bagi Anda yang penakut atau fobia akan kegelapan. Namun bagi Anda yang menyukai tantangan, ketika berhasil menyelam sampai ke ujung goa yang mengarah langsung ke lautan akan bertemu dengan hiu, kerapu, tuna, barakuda dan Manta Rays, salah satu spesies yang sulit ditemui diperairan lain.

Danau Labuan Cermin

Terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur, pulau ini bisa ditempuh dalam waktu 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Disini Anda akan disajikan pemandagan air jernih bahkan bisa melihat dasar laut dengan sangat jelas. Asal muasal nama “Labuan Cermin” sendiri karena danau ini punya lapisan yang dapat memantulkan cahaya matahari.

Sering juga orang menyebutnya sebagai ‘Danau Dua Rasa’. Karena air di danau ini terdiri dari dua jenis yakni tawar dan asin. Karena itu jangan heran jika ketika menyelam Anda akan menemukan rombongan ikan yang berenang terpisah-pisah.  Danau ini terlihat dangkal secara kasat mata, namun jangan salah kedalamannya bisa mencapai 5 meter. Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah snorkeling, berenang dan menyelam.

Berenang Bersama Hiu Paus di Talisayan

Keindahan Laut Pulau Derawan

Di Pulau Derawan Anda juga punya kesempatan untuk berinteraksi dan berenang bersama hiu paus (Rhincodon typus). Hiu ini disebut sebut sebagai ikan terbesar di dunia, dengan panjang tubuh bisa mencapai 18 meter dan berat mencapai 20 ton. Hiu yang tergolong bukan karnivora ini lebih banyak ditemukan di perairan Nabire (Papua), Kaimana (Papua Barat), Maluku dan Maluku Utara, Sabang, dan Probolinggo.

Baru-baru inilah pemerintah menemukan hiu paus juga mendiami perairan Talisayan dan Pulau Derawan. Ikan dengan tubuh besar bermotif totol-totol putih ini seringkali melewati alat penangkap ikan nelayan, sebabnya sering ikut menyantap ikan yang terjaring oleh nelayan. Datanglah kemari pada Desember hingga April maka Anda akan berpapasan dengan hiu paus ini.

Karena tergolong binatang jinak, Anda diperbolehkan berenang dekat hiu paus, namun tetap harus berhati-hati mengingat binatang dengan panjang 4meter ini punya kibasan yang sangat kuat. Karena hewan ini juga masuk kategori satwa dilindungi sebaiknya tidak menyentuhnya terlalu lama ya.

Itulah beberapa tempat wisata favorit di Pulau Derawan yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Karena terdiri dari gugusan pulau tak heran jika dana yang dibutuhkan untuk menikmati wisata di daerah pulau ini tergolong mahal. Karena itu persiapkan bawaan Anda agar liburan Anda disana benar-benar berkesan.

Baca juga: Hanya Dari Futuready, Visa Refund Insurance Pertama di Indonesia

Paling penting adalah sudah memesan penginapan, karena di bulan-bulan tertentu resort di Pulau Derawan sudah penuh. Lebih baik pesan di jauh hari dan upayakan pilih yang lokasinya dekat dengan banyak lokasi wisata untuk menghemat biaya akomodasi. Persiapkan dana dua kali lipat dari itenarary ya, sebagai bentuk perlindungan atau dana darurat kalau-kalau musibah menimpa Anda disana.

Comments are closed.