Fakta Menarik Seputar Pulau Komodo, Sudah Tahu?

Travel

Pulau Komodo sudah terkenal sebagai salah satu destinasi terbaik di dunia. Hal tersebut tak lepas dari fakta menarik di balik pulau legenda ini.

Dunia ini memang dipenuhi oleh tempat yang indah untuk dikunjungi. Beragam pesona alam ada di dalamnya, mulai dari pegunungan hingga pantai dan laut lepas. Tak heran jika semakin hari semakin banyak orang yang ingin berwisata ke berbagai destinasi indah di berbagai negara di dunia. Indonesia bisa dibilang menjadi salah satu negara yang memiliki banyak destinasi indah. Tak hanya laris dikunjungi oleh wisatawan lokal, nyatanya tanah air kita pun turut menjadi perhatian seluruh penduduk di dunia. Dari sekian banyak destinasi wisata yang indah, rasanya tak mungkin kita melewatkan Pulau Komodo. Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur ini sudah lama menjadi destinasi wisata oleh berbagai wisatawan, baik lokal maupun internasional. Tak hanya soal keasrian dan keindahannya, nyatanya magnet kuat pulau satu ini tak lain karena fakta menariknya. Apa saja fakta menarik di balik Pulau Komodo? Mari kita lihat bersama berikut ini!

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

Fakta Menarik Pulau Komodo

Habitat Hewan Purba

Pulau Komodo merupakan habitat bagi hewan purba yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, salah satunya Komodo. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Melbourne pada 2009 silam, komodo merupakan spesies yang hidup di Australia. Namun, mereka bermigrasi dari Australia menuju Kepulauan Sunda Kecil. Komodo bertahan di Nusa Tenggara Timur hingga saat ini.

Situs Warisan Dunia

Pada 1991, UNESCO menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia. Penetapan tersebut dikarenakan Pulau Komodo termasuk dalam kategori situs alam yang memiliki fenomena dan estetika yang langka. Selain itu, Pulau Komodo juga dijadikan Cagar Manusia dan Biosfer pada 1977.

Tujuan Wisata dan Penelitian

Tak hanya wisata alamnya, Pulau Komodo juga dijadikan lokasi dan obyek penelitian para ilmuwan dari berbagai negara. Mereka meneliti komodo serta flora dan fauna yang hidup di sana. Para ilmuwan juga tertarik meneliti perkembangan evolusi hewan seperti komodo. Komodo dipercaya sebagai hewan purba yang hanya ada di Indonesia.

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Dunia dan Indonesia, Tahukah Anda?

Masuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia

Pulau Komodo lagi-lagi menjadi kebanggaan Indonesia karena terpilih sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia pada 2011. Penentuan ini berdasarkan hasil pemungutan suara yang diikuti masyarakat dari seluruh belahan dunia. Bahkan, Pulau Komodo mendapatkan suara terbanyak.

Termasuk dalam 10 Besar Destinasi Terbaik di Dunia

Majalah terkemuka National Geographic edisi Juli 2017 mengangkat sajian utamnya “100 Best Destinations Around the World in Four Seasons”. Dalam majalah tersebut, Pulau Komodo masuk dalam daftar 10 destinasi terbaik di dunia. Hal ini tak lain karena keindahan alam serta fauna di dalamnya.

Spot Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Pulau Komodo

Mungkin banyak orang mengira jika Pulau Komodo hanyalah sebatas melihat komodo berkeliaran bebas di alam terbuka. Padahal, banyak sekali spot indah dan menarik yang ada di pulau satu ini. Mulai dari pantai hingga pulau-pulau terdekat, semuanya menyimpan keindahannya tersendiri. Jadi, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi pulau ini, jangan lewatkan spot terbaiknya berikut ini!

Pulau Padar

Pulau Padar ini merupakan salah satu pulau yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini memiliki bukit-bukit kecil yang terletak di antara birunya lautan Kepulauan Komodo. Poin paling menarik yang dapat Anda temukan di Pulau Padar adalah pemandangan yang begitu indah ketika Anda berada di atas puncak bukit Pulau Padar. Bukit berwarna coklat yang dikelilingi pantai dan laut lepas menjadi suguhan ketika Anda berada di pulau ini. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen di pulau satu ini.

Puncak Bukit Gili Laba

Spot menarik lainnya yang ada di Pulau Komodo adalah di puncak bukit Gili Laba. Gili Laba merupakan pulau berbukit yang menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa cantiknya terutama ketika Anda berada di Puncak Bukit. Namun untuk mencapai Bukit Gili Laba, Anda harus melalui jalur trekking untuk bisa sampai ke atas dan melihat pemandangan bukit yang memiliki bentuk seperti celurit yang sekaan membelah lautan biru. Tempat yang satu ini sangat eksotis dan sangat sedap dipandang.

Baca juga: Ini Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Pink Beach

Spot wisata yang satu ini memang cukup populer karena keunikan pasir pantainya yang membentang luas berwarna pink. Di sini, Anda bisa menikmati surge bawah laut yang ada di Kepulauan Komodo. Tak hanya menikmati pemandangan bawah lautnya yang cantik, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan hamparan pasir pantainya yang cantik berwarna pink serta bukit hijau yang subur. Kombinasi kedua hal ini menambah keeksotisan dari wisata Pink Beach.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Rangko Cave

Pulau Komodo tak hanya memiliki wisata pantai-pantai cantiknya saja, Anda juga bisa menemukan wisata unik lainnya seperti Rangko Cave yang menjadi salah satu spot terbaik yang ada di pulau ini. Goa alami ini memiliki kolam renang yang begitu jernih dan biru hingga anda bisa melihat dasar dari kolam air tersebut. Terlebih goa ini masih belum dijamah tangan-tangan manusia sehingga suasananya masih sangat alami. Destinasi wisata ini juga cocok bagi Anda yang menyukai tantangan karena pengunjung yang datang harus menembus kegelapan di dalam goa serta aliran bawah tanah yang cukup menantang. Anda bisa merasakan petualangan yang begitu seru yang mungkin tidak pernah terlupakan. Jelas terlihat jika Pulau Komodo tidak hanya sekadar komodo saja. Banyak sekali spot eksotis dan menawan yang dapat Anda tuju. Sudah siapkan jadwal untuk liburan ke pulau satu ini?

Comments are closed.