Cara Reschedule Tiket Pesawat Beragam Maskapai

Travel

Bingung bagaimana cara reschedule tiket pesawat? Ini panduannya yang bisa Anda gunakan untuk merubah jadwal penerbangan di berbagai maskapai.

Kadang rencana tinggalah rencana, khususnya soal liburan. Bagi pekerja liburan adalah bonus tapi kerapkali tiba-tiba pekerjaan datang menyapa dan membuyarkan semua rencana. Akhirnya Anda harus membatalkan semua jadwal, kehilangan penerbangan begitu saja. Padahal tanpa harus merugi ada banyak cara reschedule tiket pesawat yang bisa dilakukan agar perjalanan tetap bisa dilanjutkan.

Ya, sebagian besar maskapai pesawat terbang punya fasilitas reschedule pesawat. Jadi Anda tak harus kehilangan 100% dana tiket pembelian pesawat. Namun tetap diberlakukan penambahan biaya untuk reschedule yang dilakukan. Lantas bagaimana cara yang benar?

Cara Reschedule Tiket Pesawat Lion

reschedule tiket pesawat lion air

Pilih Opsi Reschedule

Biasanya maskapai punya kebijakan berbeda terakit perubahan jadwal (reschedule). Misalnya pada maskapai Lion Air, Wings Air atau Batik Air ada 4 opsi yang mereka sediakan.Pertama melalui travel agent, kedua melalui kantor penjualan Lion Air (sales office), ketiga kantor Lion Group di bandara atau ke-empat melalui call center. Pilih yang paling memungkinkan dilakukan oleh Anda.

Baca juga: Scoot Airlines, Cara Asyik Untuk Bepergian

Perhatikan Batas Waktu Pengajuan

Reschedule umumya bisa dilakukan hingga 2 jam sebelum keberangkatan jika dilakukan di bandara dan 4 jam sebelumnya jika melalui Sales Office atau Call Center. Bila Anda ingin cepat membatalkan penerbangan bisa memilih opsi melalui call center, tapi jika ini yang jadi pilihan Anda harus tetap datang ke bagian Sales Office atau counter maskapai di bandara, maksmial 2 jam sebelum jadwal penerbangan baru. Anda juga diharuskan membayar biaya reschedule yang besarannya berbeda tiap maskapai.

Sementara jika melalui travel agent atau aplikasi pembelian tiket, reschedule bisanya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Anda tidak harus datang ke counter maupun menelepon call center maskapai, namun besaran biaya perubahan jadwal ini juga bergantung pada tiap agent.

Siapkan Biaya

Seperti sudah dijelaskan dari awal melakukan perubahan jadwal akan membebankan biaya tambahan. Namun besarannya bergantung pada tiap maskapai atau agent. Terpenting adalah Anda harus sudah paham dan menyiapkan biaya tersebut yang biasanya akan dimasukkan dalam tarif tiker terbaru yang Anda pesan.

Perlu diingat juga tidak semua tiket bisa di reschedule, terlebih untuk tiket berlabel promo atau potongan harga. Anda harus mengikhlaskan tiket untuk hangus. Tiket juga tidak bisa di jadawal ulang jika Anda sudah melakukan check-in baik secara online maupun di bandara.

Sementara besaran biaya biasanya semakin mendekati jadwal penerbangan, biaya perubahan jadwal akan semakin besar. Jadi upayakan untuk melakukan perubahan keberangakatan paling lambat 72 jam sebelum waktu penerbangan.

Cari Jadwal Penerbangan Pengganti

Sebelum berfikir akan menghubungi pihak maskapai sebaiknya Anda sudah menentukan lebih dulu tanggal yang dipilih untuk reschedule tiket. Apakah masih tersedia kursi kosong? Jangan sampai juga Anda kembali melakukan kesalahan dengan tidak memastikan kapan tanggal tepat untuk berangkat.

Tiket Pesawat City Link

reschedule tiket pesawat city link

Cara reshcedule tiket pesawat City Link sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Lion Group, pertama tetap Anda harus memastikan dulu apakah tiket yang dibeli bisa dirubah jadwalnya karena tidak semua kelas dapat fasilitas tersebut. Begini cara merubah jadwal tiket pesawat City Link:

Pilih Opsi Perubahan Jadwal

Anda bisa mengajukan perubahan jadwal tiket melalui travel agent, Sales Office terdekat di kota Anda, melalui ke Call Center atau melalui fitur chat dengan Customer Service di situs web Citylink. Maskapai yang satu ini hanya memberikan fasilitas pengubahan jadawal perubahan keberangkatan pesawat namun tidak untuk rutenya.

Citylink menerapkan kebijakan reschedule paling lambat 4 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah terkonfirmasi jika melalui Call Center atau paling lambat 1 x 24 jam jka melalui menu “Manage My Booking” yang tertera pada situs we Citylink.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Panduan Cara Naik Pesawat yang Benar

Biaya yang Dikenakan

Ingat setiap reschedule yang diajukan ada biaya yang akan dibebankan. Khusus untuk Citylink mereka membebankan biaya yang cukup ringan yakni sebesar Rp50.000,00 ditambah selisih harga tiket lama dengan yang baru, itupun jika ada selisihnya. Disarankan untuk mengubah jadawal paling lambat 72 jam sebelumnya agar selisihnya tidak begitu besar. Sayangnya Anda tidak akan mendapat refund jika harga tiket yang baru ternyata lebih murah.

Skema pembayaran biaya perubahan jadwal tiket ini bisa Anda lakukan melalui travel agent, biasanya hanya bisa melalui ATM dan internet banking Bank Mandiri saja. Sebelum menuju mesin ATM jangan lupa untuk mencatat kode pembayaran dan instruksi yang diberikan oleh Call Center atau Customer Service Citilink. Sementara untuk batas waktu pembayaran setelah perubahan dikonfirmasi adalah 3 jam.

Begini step by step Reschedule tiket City Link via Call Center atau chat dengan Customer Service.

  • Kunjungi situs web https://www.citilink.co.id/ atau telepon ke 08041080808;
  • Sebutkan kode booking, detail penerbangan, dan detail penumpang yang ingin diubah;
  • Sebutkan jadwal penerbangan baru (jangan lupa untuk tanyakan soal selisih biayanya);
  • Jika sudah setuju dengan perubahan yang akan dilakukan, catat kode pembayaran yang diberikan;
  • Bayar biaya perubahan jadwal sesuai dengan jumlah yang sudah disampaikan call center. Lakukan transaksi melalui ATM atau internet banking Bank Mandiri;
  • Setelah melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran tersebut;
  • Lakukan konfirmasi pembayaran kepada Call Center atau Customer Service Citilink untuk mendapatkan tiket baru; dan
  • e-ticket baru akan dikirimkan ke alamat e-mail Anda yang terdaftar.

Tiket Pesawat Garuda Indonesia

 

 

 

Reschedule Tiket Pesawat Garuda

Baca juga: Kelas Pesawat, Fasilitas, dan Bedanya di Garuda Indonesia

Sebagai maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda juga memberika fasilitas reschedule pesawat yang umumnya caranya sama dengan maskapai lain, yakni yang paling mudah menggunakan website Garuda resmi atau mobile apps Garuda. Namun ada satu hal yang membedakan Garuda dengan yang lain yakni soal biaya tambahan yang diterapkan, daftarnya adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, J): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas D, I): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas Y): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas B, M): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas V, S, H, L): 7 hari setelah tanggal penerbangan

Biaya Perubahan Jadwal Tiket Garuda

Biaya ini mencakup juga biaya pinalti dan biaya admin. Pembayaran biaya reschedule tiket Garuda Indonesia yang dilakukan melalui Call Center bisa dilakukan melalui ATM, internet banking, dan mobile banking. Jika tak mengerti cara pembayarannya mintalah call center untuk memberikan panduan. Jika reschedule dilakukan melalui Sales Office atau situs web Garuda Indonesia, pembayaran bisa menggunakan kartu debit/kredit.

Comments are closed.