Ini Fasilitas yang Harus Tersedia di Rest Area

Travel

Rest area menjadi salah satu tempat yang banyak dicari pemudik. Kira-kira fasilitas apa saja yang harus ada di tempat istirahat sementara ini?

Tempat istirahat atau dikenal secara lebih luas sebagai rest area adalah tempat beristirahat sejenak untuk melepaskan kelelahan, kejenuhan, ataupun ke toilet selama dalam perjalanan jarak jauh. Tempat istirahat ini biasanya banyak Anda temukan di jalan tol ataupun di jalan nasional di mana para pengemudi jarak jauh beristirahat. Di jalan arteri primer juga banyak ditemukan restoran yang berfungsi sebagai tempat istirahat. Restoran-restoran ini banyak digunakan oleh pengemudi truk jarak jauh ataupun bus antarkota untuk beristirahat.

Mengingat bulan Ramadan sebentar lagi tiba dan tentu tradisi mudik ke kampung halaman akan terjadi lagi, pemerintah terus melakukan perbaikan dan juga penambahan fasilitas-fasilitas baru untuk para pemudik, salah satunya adalah rest area. Ada dua jenis tempat istirahat yang tersedia, yaitu Tempat Istirahat Tipe A yang menyediakan pelayanan berupa SPBU, tempat makan, toilet, hingga masjid. Serta, Tempat Istirahat Tipe B yang tidak dilengkapi SPBU. Namun hanya dilengkapi dengan toilet, mushola, dan tempat makan.

Fasilitas yang Harus Tersedia di Rest Area

Sebagai rest area yang bagus dan nyaman, fasilitas apa saja yang harus tersedia di tempat istirahat tersebut?

Toilet

Toilet atau kamar kecil merupakan salah satu tempat yang paling banyak dicari masyarakat ketika berhenti di tempat istirahat dan harusnya fasilitas umum akan menyediakan toilet. Biasanya toilet umum semacam itu terdiri atas kamar-kamar toilet dengan fasilitas cuci tangan di tempat terpisah.

Toilet umum biasanya dipisahkan sesuai jenis kelamin penggunanya, yaitu toilet pria dan toilet wanita. Tempat cuci tangan dapat pula tersedia bagi kedua jenis kelamin. Toilet umum pria biasanya memiliki tempat buang air kecil terpisah, dapat berupa urinoir berdesain khusus yang melekat pada dinding untuk digunakan satu orang ataupun berupa bak atau selokan yang selalu dialiri air untuk digunakan lebih dari satu orang. Urinoar yang melekat pada dinding biasanya diberi sekat satu sama lain untuk menjaga privasi penggunanya.

Tempat Istirahat

Untuk tempat istirahat ini lebih kepada ruang parkir yang luas dan nyaman. Sebab, salah satu alasan seseorang untuk berhenti di rest area dikarenakan kelelahan akibat perjalanan jauh dan membutuhkan tempat untuk istirahat yang nyaman. Biasanya mereka beristirahat di dalam mobil yang terpakir.

Mushola atau Masjid

Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, tentu mencari musola atau masjid menjadi salah satu tempat yang wajib ada di dalam rest area. Apalagi jika perjalanannya di dalam ruas tol yang sulit sekali menemukan masjid. Selain sebagai tempat ibadah, tidak sedikit juga masyarakat yang memanfaatkan musola atau masjid sebagai tempat untuk beritirahat apalagi di kala musim mudik mendatang.

Kantin atau Restoran

Selama perjalanan mudik berlangsung tentu makanan yang tersedia di mobil tidak selalu memberikan rasa kenyang. Oleh karena itu, mereka banyak berhenti di tempat istirahat untuk mencari makanan. Jadi, restoran menjadi salah satu fasilitas yang harus tersedia.

Jika Anda pernah melintasi jalan tol Jakarta-Cikampek, ada beberapa titik tempat isitrahat yang disediakan. Di dalam tempat tersebut, tersedia juga berbagai macam restoran terkenal dan juga kantin-kantin kecil yang dikelola warga setempat.

Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU, Pom bensin)

SPBU atau stasiun pengisian bahan bakar menjadi salah satu fasilitas yang wajib tersedia di rest area. Selain restoran dan toilet, pom bensin menjadi fasilitas yang selalu ramai bahkan antre panjang di setiap tempat peristirahatan. Apalagi musim mudik lebaran ini, tentu pom bensin menjadi fasilitas yang banyak dicari.

ATM

ATM juga menjadi fasilitas yang paling banyak dicari. Hingga saat ini, hampir semua tempat istirahat selalu menyediakan fasilitas ATM ini. Namun, biasanya hanya bank tertentu yang banyak digunakan saja yang disediakan. Meskipun begitu, masing-masing Anda tetap bisa menarik uang di ATM bersama yang menyediakan fasilitas untuk bank yang berbeda, tetapi ada biaya tambahan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tempat perbelanjaan

Sudah ada beberapa tempat istirahat disulap seperti pusat perbelanjaan. Selain restoran, ada juga beberapa toko baju dan juga tempat oleh-oleh yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Jadi, di kala Anda merasa stres dan lelah dengan perjalanan yang panjang, bisa mampir dan mencuci mata dengan mengujungi tempat-tempat perbelanjaan yang disediakan.

Tempat Pijat

Khusus untuk fasilitas ini biasanya disediakan hanya di momen-momen tertentu saja. Salah satunya di saat mudik lebaran seperti ini. Mengendarai mobil dengan jarak tempuh yang cukup jauh tentu fasilitas ini banyak diburu oleh masyarakat. Selain memberikan angin segar dan rileksasi, tempat ini juga ampuh memberikan energi baru untuk bisa melanjutkan perjalanan dengan tubuh yang lebih fit.

Itulah beberapa fasilitas yang wajib ada di rest area. Namun, seperti yang sudah dijelaskan ada beberapa tempat istirahat yang hanya menyediakan beberapa fasilitas saja. Seperti tempat istirahat tipe B yang hanya menyediakan restoran, minimarket, toilet, dan musola saja.

Saat mudik, jangan lupa untuk melengkapi kendaraan Anda dengan asuransi mobil. Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015. Miliki asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Futuready.com. Manfaatkan berbagai promosi potongan yang kami sediakan untuk menghemat pengeluaran Anda. Futuready.com Supermarket Asuransi dan Cara Cerdas Berasuransi!

Comments are closed.