Scoot Airlines, Cara Asyik Untuk Bepergian

Travel

Scoot Airlines termasuk salah satu penerbangan biaya rendah yang biasa dipilih oleh traveller muda. KIra-kira apa saja kelebihan dari maskapai ini ya?

Scoot Airlines merupakan maskapai penerbangan berbiaya rendah atau LCC (Low-Cost Carrier) milik Singapore Airlines Group. Program terbaru dari maskapai ini adalah penawaran penerbangan dengan harga terjangkau untuk jemaah umrah khususnya dari Indonesia ke Jeddah via Singapura. Maskapai ini menjadi satu-satunya maskapai bertarif rendah yang melayani jemaah umrah Indonesia dengan transit di Bandara Changi Singapura. Apa saja fasilitas dan keistimewaan dari maskapai ini?

Fasilitas

fasilitas sccot airlines

Karena pesawat dari maskapai ini memiliki ukuran yang luas, sehingga tak salah jika maskapai ini memiliki kabin yang luas dan leluasa. Selain harga yang sesuai dengan kantong, maskapai ini menyediakan beberapa fasilitas untuk penumpangnya. Penumpang akan disambut dan mendapatkan pelayanan ramah dari kru kabin. Maskapai ini merupakan penerbangan kaum berjiwa muda dengan jasa pengantaran berkualitas, etika kesopanan, dan kontemporer. Tim maskapai ini terdiri dari individual-individual dengan pengalaman yang baik dalam berbagai bidang untuk selalu memastikan penumpang mendapatkan pelayanan terbaik.

Kabin dari maskapai ini tersedia kursi kulit super dan stretch seat yang memiliki ruang luas untuk kaki atau legroom, dan sandaran yang dapat diubah sesuai dengan keinginan, hingga dapat dikonversikan menjadi tempat tidur. Kursi kulit ini memiliki ruang kaki sekitar 96 cm, lebar 56 cm, penyangga kepala dan penyangga kaki berukuran 20 cm.  Khusus untuk penumpang yang melalui penerbangan lebih dari 4 jam, penumpang akan mendapatkan fasilitas selimut. Untuk penyimpanan barang, maskapai penerbangan ini menyediakan bagasi yang lebih besar untuk menyimpan barang-barang penumpang. Bagasi ini dilengkapi dengan keamanan. Khusus untuk penerbangan dengan pesawat B787, penumpang ekonomi akan dibolehkan untuk membeli kuota bagasi kabin 7kg. Pembelian tas kabin ekstra ini bisa dilakukan saat memesan penerbangan secara online.

Baca Juga: Menikmati Perjalanan Terbaik dengan Singapore Airlines

Penumpang tak perlu khawatir terputus hubungan dengan keluarga, teman, atau klien. Penumpang akan tetap menikmati konektivitas Wi-Fi selama penerbangan dengan menggunakan armada Boeing 787 Dreamliners, dimulai pada ketinggian 10.000 kaki. Penumpang akan terus berselancar selama penerbangan tanpa takut ketinggalan berita. Pembelian Wi-Fi dapat dilakukan saat pemesanan online melalui flyscoot.com atau melalui fitur Kelola Pemesanan Saya dengan minimal waktu pemesanan 4 jam sebelum waktu penerbangan. Maskapai ini juga menyediakan soket listrik di setiap kursi penumpang untuk mengisi daya agar tak kehabisan baterai saat melakukan penerbangan. Pesawat dari maskaspai Scoot juga memiliki mesin yang tidak bising sehingga akan membuat penumpang nyaman beristirahat. Kabin maskapai ini memiliki kelembaban 4X yang membuat penumpang tetap merasa segar dengan udara bersih, tanpa bakteri selama penerbangan.

Pada kabin maskapai ini, penumpang akan menikmati lampu kabin yang berubah warna-warni, apalagi jika tampil dengan scootitude. Penumpang akan menikmati penerbangan dengan berbagai pilihan menu makanan dan minuman, mulai dari hot meal, light meal, instant noodle, snack, hot atau cold drink, dan masih banyak pilihan di dalamnya. PIlihan makanan ini juga termasuk makanan dan minuman halal. Makanan tersebut disesuaikan dengan rute penerbangan. Maskapai ini bahkan menyediakan aneka produk mencakup memorabilia Scoot, parfume, kosmetik, aksesori cantik, khamar, dan masih banyak pilihan yang dapat dimiliki dengan tetap duduk manis di kursi penumpang.

Baca Juga: Cara Check in Online Pesawat Untuk Maskapai di Indonesia

Sebelum melakukan penerbangan, penumpang akan menunggu dengan nyaman di lounge yang sudah disediakan. Selagi menunggu keberangkatan, penumpang dapat bersantai di lounge eksklusif dengan menikmati kudapan lezat, berbagai macam pilihan minuman segar, fasilitas kamar mandi, Wi-Fi, tempat kerja, kursi pijat, hingga membaca majalah atau surat kabar. Maskapai ini juga memiliki bantuan khusus seperti pelayanan untuk penumpang dengan cacat tubuh. Penumpang dapat menggunakan fasilitas seperti kursi roda dan lift. Bagi penumpang yang memiliki keterbatasan penglihatan akan mendapatkan bantuan pendampingan khusus seperti pengaturan kursi, penjelasan keselamatan pribadi, pembagian dan pembacaan kotak makanan selama penerbangan.

Economy Class

Sayap Scoot Airlines

Armada ini memiliki armada yang terdiri dari Airbus 320 dan Dreamliner 787 yang memiliki ukuran besar dengan ruang yang cukup luas untuk kenyamanan selama penerbangan. Penumpang pada kelas ini akan memiliki jatah bagasi seberat 20 kg. Bagi penumpang yang menginginkan ruang kaki lebih akan mendapatkan penawaran pilihan ruang kaku tambahan serta zona kabin ScootinSilence pada armada 787 Dreamliner dengan ruangan yang lebih tenang. Kursi standar di kelas ini memiliki jarak seat pitch 31 inchi dan lebar 18 inchi. Kemudian ada pilihan kursi super dengan ruang kaki 30% lebih luas daripada kursi standar, serta tersedia kursi regang yang paling leluasa dengan ruang kaki 50% lebih besar, terletak di barisan depan, sehingga penumpang dapat duduk dengan nyaman selama penerbangan. Kelas Ekonomi miliki Scool Airlines ini memiliki zona hening ScootinSilence yang dapat dipesan saat pembelian tiket pada baris depan. Karena dinamakan zona hening, anak-anak kurang dari 12 tahun tidak diperbolehkan berada di sini.

Baca Juga: Kenyamanan Selama Perjalanan dengan Malaysia Airlines

Web Check-in Online

Web Check In Scoot Airlines

Web Check-In online ini merupakan cara termudah melakukan pemesanan.

  1. Masuk ke situs web resmi checkin.flyscoot.com
  2. Masukkan nomor booking reference dan nama belakang penumpang, serta nama bandara keberangkatan
  3. Masukan jumlah penumpang penerbangan, dan jumlah bagasi yang akan didaftarkan
  4. Terdapat pilihan pergantian tempat duduk hingga penambahan jumlah bagasi
  5. Pemuatan ketentuan penerbangan, Perlu diperiksa kembali barang-barang apa saja yang dapat dan tidak boleh dibawa
  6. konfirmasi data penerbangan dan mencetak boarding pass yang dapat dikirim melalui email.

Pemesanan tiket melalui situs resminya juga memiliki beberapa peraturan yang harus diikuti oleh calon penumpang salah satunya adalah penerbangan yang mendukung Check-in melalui web seperti wisatawan individu atau kelompok, tamu dengan koper atau bagasi check-in, perjalanan point-to-point. Penerbangan maskapai yang beroperasi di Bandara Singapura ini memiliki rute penerbangan ini adalah Honolulu, Kuantan, Kuching, Singapura, Gold Coast, Australia (Melbourne, Perth, Sydney), Athena, Bangkok, Hong Kong, Kaohsiung, Taipei, Berlin, dan Osaka.  

Maskapai satu ini telah memiliki dua anggota baru, yakni armada #787baby yang dinamai Scootimite dan Mouscoot-ka. Nama tersebut diambil dari makanan khas Australia dan Yunani yakni Vegemitte dan Moussaka. Sesuai dengan namanya, kedua armada ini akan menghubungkan Singapura dan Australia langsung ke Athena, Yunani. 

Comments are closed.