Sebelum Berjemur di Pantai, Ketahui Hal Ini!

Travel

Berjemur di pantai sambil menikmati pemandangan indahnya merupakan salah satu cara untuk menikmati kehidupan. Namun, sebelum melakukan kegiatan itu, yuk simak info penting berikut ini!

Pantai memang salah satu tempat untuk berlibur yang banyak dipilih oleh masyarakat. Selain memberikan keindahan alam yang luar biasa, pantai juga memberikan banyak sekali kegiatan seru dan mengasyikan, salah satunya adalah berjemur. Mungkin, selama ini Anda tahu bahwa berjemur di pantai hanyalah untuk warga asing saja. Nyatanya, ada banyak masyarakat Indonesia yang memilih pantai untuk sekadar berjemur. Hal ini dikarenakan berjemur di pantai memiliki manfaat yang banyak.

Pantai identik dengan matahari. Sering kali sinar matahari dianggap memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit, sepertinya kanker kulit dan berbagai penyakit lainnya. Padahal, matahari tidak selalu buruk, lho. Masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sinar matahari asalkan waktu dan tempatnya sesuai. Mau tahu apa saja manfaat tersebut?

Manfaat Berjemur di Pantai

Untuk merasakan manfaat dari sinar matahari, berjemur di pantai merupakan salah satu kegiatan yang tepat. Apa saja ya manfaat itu?

Mengatasi Gangguan Kulit

Ada beberapa gangguan pada kulit, seperti jerawat, psoriasis, eksim, dan lainnya yang bisa menyerang siapa pun. Namun, tahukah Anda bahwa gangguan-gangguan kulit tersebut bisa disembuhkan dengan kekuatan sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari selama empat minggu dapat mengurangi gejala psoriasis lebih dari 80 persen, Selain itu, juga dapat mengurangi infeksi jamur.

Melangsingkan

Jika hingga saat ini program diet yang Anda lakukan masih belum berhasil juga, coba deh berjemur di pantai dan membiarkan tubuh Anda terpapar sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari juga mampu membakar lemak dan membantu penurunan berat badan Anda.

Mencegah Kerontokan Rambut

Heiliosis merupakan cara efektif untuk mengatasi kerontokan rambut. Sel-sel epitel yang terstimulasi sinar matahari dapat pertumbuhan rambut. Namun, terlalu terekspos sinar matahari dapat menguras kadar vitamin C dan E yang penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, jangan terlalu lama ya!

Pertumbuhan Rambut

Sinar matahari memancing tubuh memproduksi vitamin D. Hal ini memancing terjadinya pertumbuhan rambut. Biarkan rambut dan kulit menerima vitamin dari sinar matahari.

Jika tahu manfaatnya seperti ini, sudah tidak takut lagikan terpapar sinar matahari disaat sedang bermain di pantai?

Ketahui Ini Sebelum Berjemur di Pantai

Di balik manfaat yang baik untuk kulit tubuh, wajah, dan juga rambut, nyatanya ada hal-hal penting lainnya yang harus Anda ketahui sebelum berjemur di pantai. Pasalnya, jika Anda salah melakukan, bukan manfaat yang didapatkan, melainkan penyakit yang hinggap di dalam tubuh Anda.

Pilih Pakaian yang Tepat

Sama halnya pergi ke Mal, ketika Anda ingin berjemur di pantai, harus menggunakan pakaian yang tepat. Sebab, salah mengenakan jenis baju dan kain dapat memengaruhi proses berjemur. Perlu diingat, ketika Anda mengunjungi pantai, pilihlah pakaian yang memiliki bahan tipis agar terhindari rasa gerah, keringat berlebih yang pastinya akan mengganggu proses bersentuhannya antara matahari dengan kulit.

Waktu Berjemur

Pantai memang tempat yang pas untuk berjemur, tetapi ada waktu khusus yang baik untuk berjemur. Sinar matahari yang bagus untuk kulit biasanya ada pada pukul 09.00 WIB hingga sebelum pukul 12.00 WIB dan untuk sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB hingga matahari terbenam. Sebab, jika Anda berjemur di pantai di luar dari jam tersebut bisa menyebabkan kanker kulit. Selain itu, anggapan bahwa semakin lama berjemur maka kulit akan semakin gelap adalah salah. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari malah bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Sunblock

Sebelum Anda berjemur, pastikan Anda sudah melindungi kulit dengan sunblock. Hal ini berguna untuk menghindari kulit terpapar langsung sinar matahari. Selain itu, mengoleskan sunblock juga berfungsi agar kulit yang tersentuh cahaya matahari memiliki warna yang merata. Ingat ya, Anda juga perlu untuk menjaga kelembapan kulit sebelum berjemur. Jangan asal berjemur tetapi mengakibatkan kulit menjadi kering dan rusak.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Kacamata dan Topi

Bukan sekadar untuk bergaya, tetapi kacamata dan topi juga menjadi salah satu barang yang harus dipakai ketika sedang berjemur. Tujuan penggunaan kacamata hitam adalah untuk melindungi mata dari rasa silau yang dapat mengganggu kegiatan berjemur. Sementara topi berfungsi untuk melindungi kepala dari sengatan cahaya matahari. Kepala yang terlalu panas karena sengatan matahari bisa berakibat radang selaput otak.

Penuhi Kebutuhan Vitamin E

Selain sunblock, usahakan juga Anda memenuhi tubuh Anda dengan vitamin E. Kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan juga penting untuk mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, khususnya untuk papra wanita, vitamin E juga berguna untuk mencegah penuaan dini dan munculnya keriput dan membuat kulit terasa halus. Agar lebih maksimal,Anda bisa mengombinasikan vitamin E dengan vitamin C. Namun pastikan dosisnya tidak berlebihan, ya.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Kegiatan berjemur di pantai bukan Anda saja yang melakukan, tetapi ada banyak orang juga yang melakukan dikarenakan pantai adalah tempat umum. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan lingkungan sekitar, apakah kegiatan ini menganggu kenyamana orang atau sebaliknya. Selain itu, saat berjemur juga pastikan Anda memerhatikan sekeliling jangan sampai ada binatang, seperti kelomang atau kutu pasir yang membuat kegiatan Anda terganggu.

Jadi, kapan Anda akan berencana untuk berlibur ke pantai agar bisa berjemur santai? Miliki asuransi perjalanan melalui Futuready.com agar perjalanan Anda semakin nyaman.

Comments are closed.