Selengkapnya Sejarah Patung Liberty di Amerika Serikat

Travel

Di balik keindahan dan juga kemegahannya, rupanya ada sejarah panjang yang mungkin belum semua tahu dari Patung Liberty. Latas, bagaimana sejarah Patung Liberty itu?

Patung Liberty yang merupakan salah satu ikon dari negeri paman Sam ini nyatanya memiliki sejarah yang panjang. Di balik kemegahan dan juga keindahannya, Patung Liberty ini memang sengaja dibangun sebagai peringatan seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan. Bagi Anda yang belum tahu, Patung Liberty ini berbentuk sosok wanita yang memegang sebuah obor dan buku yang terletak di Pulau Liberty di muara Sungai Hudson di New York Harbor.

Salah satu makna dari pantung ini, yaitu menggambarkan bahwa rakyat Amerika memiliki kebebasan dan demokrasi. Kebebasan berpendapat, hak bebas untuk memilih, hak bebas untuk bertindak dan hak bebas untuk hidup. Oleh karena itu patung liberty sangat penting bagi warga Amerika Serikat karena patung ini sangat bersejarah bagi mereka.

Berbicara sejarah dari patung ini, asal mula ide dibuatnya Patung Liberty ini berasal dari sahabat George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Sahabat George Washington bernama Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre adalah seorang ahli hukum dan pemikir dari Prancis. Perlu Anda ketahui, berdirinya Amerika Serikat tidak terlepas dari peran Prancis. Oleh karena itu, selama revolusi Prancis menyuplai persenjataan bagi koloni-koloni di Amerika Serikat. Persenjataan ini digunakan untuk membebaskan diri dari pendudukan Kerajaan Inggris yang saat itu menjajah Amerika.

Tercetusnya ide dibuatnya patung ini ketika Laboulaye sedang melakukan makan malam di suatu hari. Ia mengeluarkan ide untuk membuatkan Amerika Serikat sebuah monumen untuk memperingati demokrasi di Amerika Serikat dan berharap Prancis dapat ikut menjadi negara demokratis di dunia.

Salah satu tamu jamuan makam malam saat itu Frédéric-Auguste Bartholdi. Bartholdi adalah seorang pematung terkenal berumur 31 tahun. Dia berasal dari Colmar, Alcase salah satu provinsi timur di Prancis. Bartholdi tertarik dengan gagasan Laboulaye dan membuatnya terinspirasi.

Pembuatan Patung Liberty ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu dimulai dari perancangan, pengumpulan dana, proses pembangunan, dan pendirian patung tersebut. Untuk lebih jelasnnya lagi, berikut ini ulasan selengkap mengenai tahapan-tahapan tersebut.

Sejarah Patung Liberty

Perancang Patung Liberty

Frédéric-Auguste Bartholdi merupakan sosok pematung terkenal yang memiliki hobi dan juga kemampuan dalam membuat patung-patung bergaya Yunani. Kecintaannya akan patung bermula dari banyaknya patung di daerah kelahirannya. Patung-patung itu bergaya Yunani dan Romawi tercermin dari gaun atau arsitektur zaman kuno, sehingga gaya seni abad 19 kemudian dikenal sebagai “neoklasik.”. Di studionya Bartholdi membuat patung dengan tinggi 12 kaki. Studionya hanya menyisakan dua inci dari atas patungnya.

Laboulaye meminta Bartholdi untuk berkunjung ke Amerika Serikat dengan tujuan melihat situasi di sana. Selain itu, Laboulaye juga berharap agar Bartholdi mendapatkan inspirasi dalam proses pembuatan monumen tersebut. Mengingat persahabatan yang erat antara Amerika Serikat dan Prancis sehingga monumen ini sangatlah penting. Proses perancangan ini berjalan lancar. Bartholdi bercita-cita menciptakan sejarah berdirinya Patung Liberty di Amerika Serikat. Desain awalnya berbentuk sketsa pun ia bawa ke Amarika dan ajaibnya, desain itu langsung diterima.

Pengumpulan Dana

Dana pembangunan monumen yang dinamakan Patung Liberty ini sangatlah besar. Awalnya Bartholdi ingin membangun patungnya di Terusan Suez karena terkesima dengan Spinx. Bartholdi memulai pengumpulan dana dengan berkunjung ke perusahaan-perusahaan. Berharap mendapatkan sumbangan dana walaupun sedikit. Bartholdi dibantu dengan pemerintah Prancis dengan menarik pajak dari sektor-sektor yang menghasilkan. Meskipun pada awalnya Pemerintah Prancis enggan membiayai, karena menganggap proyek ini terlalu mahal.

Berbeda dengan Prancis, pengumpulan dana di Amerika berjalan sangat lambat. Hal ini dipicu dari Joseph Pulitzer orang kaya Amerika Serikat membuka kantor surat kabar The World. Pulitzer menulis kritikan kepada orang kaya karena tidak ingin menyumbang. Pulitzer juga memanfaatkan orang-orang kurang mampu untuk mengumpulkan dana.

Rupanya, tulisan itu membuahkan hasil. Dana terkumpul cepat dari orang-orang kaya yang tergerak untuk menyumbang. Biaya sumbangan yang diharapkan mencapai USD100.000 dapat terkumpul sampai USD120.000 kala itu. Strategi Pulitzer adalah dengan mencantumkan setiap nama yang menyumbang kedalam korannya.

Pembangunan Patung Liberty

Dalam proses pembangunan Patung Liberty, Bartholdi tidak sendiri. Untuk menyusun rangka dan tulang penyusun patungnya, Bartholdi meminta bantuan arsitek baja terkenal Alexandre Gustave Eiffel. Eiffel adalah perancang dan pembangun menara ikonik Prancis, Menara Eiffel.

Pada 1876, lengan patung Liberty di bawa ke Philadelphia. Lengan yang berukuran 9,1 meter dibawa dengan modal 50 sen. Lengan inilah yang akan dijadikan ruangan. Bartholdi berharap inilah satu-satunya patung yang bisa dimasuki.

Selain itu, di Amerika sendiri dilaksanakan proyek pembangunan pondasi Patung Liberty. Jendral Charles. P Stone dipanggil sebagai pembuat pondasi berdirinya Patung Liberty. Arsitek pembuat pondasi adalah seorang desainer terkenal New York, Richard Moris Hunt. Bartholdi sendiri yang memilih lokasi berdirinya Patung Liberty.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Pendirian Patung Liberty

Masih tahap pembangunan yang tinggal sedikit lagi, pada 1883 Laboulaye meninggal karena serangan jantung. Padahal, satu tahun Patung ini sudah memasuki pembangunan tahap akhir. Seiring berjalannya waktu, pada tanggal 25 Oktober 1886, Bartholdi beserta istrinya berkunjung ke Amerika Serikat untuk melihat hasil karyanya. Bartholdi berangkat dari Prancis bersama Viscount Ferdinand de Lesseps-Marie, Ketua Uni Franco-Amerika. Kedatangan rombongan Bartholdi disambut oleh Komite Amerika dan Joseph Pulitzer. Setibanya di Pulau Bedloe tempat berdirinya Patung Liberty. Bartholdi hanya berkata bahwa cita-citanya telah terwujud.

Pada tanggal 28 Oktober 1886, Patung Liberty di buka untuk umum. Pemerintah Amerika Serikat menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional.  Kala itu, Patung Liberty menjadi patung tertinggi dunia. Tanggal 15 Oktober 1924 Presiden Amerika saat itu Calvin Coolidge menetapkan Patung Liberty sebagai monumen nasional. Namun baru pada 1933 National Service Park mengambil alih perawatan dan pemeliharaan Patung Liberty. Sejarah berdirinya Patung Liberty merupakan kebanggaan rakyat Amerika Serikat sampai saat ini.

Comments are closed.