Sekarang Liburan ke Jepang Tanpa Visa!

Travel

Sejak 1 Desember 2014 lalu, Jepang memberlakukan bebas visa khusus pemegang e-paspor Indonesia. Jadi, liburan ke Jepang tanpa visa lagi sekarang!

Jepang merupakan salah satu negara bebas visa bagi para WNI (Warga Negara Indonesia), tentunya khusus pemegang elektronik paspor atau e-paspor Indonesia. Negeri Sakura ini selalu menjadi primadona dan favorit para wisatawan dunia. Mulai dari wisata alam, pusat perbelajaan, budaya, sejarah, dan juga kulinernya. Hal-hal ini yang menjadi potensi banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

Bagi Anda pemegang e-paspor Indonesia untuk bisa liburan ke Jepang tanpa visa lagi sekarang, dengan mendapatkan bebas visa ke Jepang selama 15 hari. Enak bukan? Anda tak perlu repot mengurus visa lagi ke kedutaan atau ke jasa pengurusan visa dan lain sebagainya.

Tanpa Visa ke Jepang

Perjalanan ke Jepang tanpa visa telah diberlakukan sejak 1 Desember 2014 lalu. Tapi, tentu saja ada ketentuan khusus bagi pemegang e-paspor Indonesia untuk bebas visa ke Jepang. Kunjungannya hanya berlaku untuk wisata, kunjungan keluarga atau kerabat, bisnis, dan kunjungan singkat lainnya.

Durasi waktu tinggal perjalanan ke Jepang tanpa visa ini Anda bisa rencanakan maksimal selama di Jepang yaitu 15 hari. Limit waktu yang berlaku untuk bebas visa adalah tiga tahun, sampai batas akhir berlaku paspor. Untuk biaya registrasi visa juga tidak dikenakan biaya, alias gratis. Untuk proses registrasi yaitu dua hari kerja. Registrasi bebas visa wajib dilakukan, karena jika tidak Anda melakukannya akan dicekal di bandara Jepang.

Persyaratan Paspor Elektonik untuk Liburan ke Jepang Tanpa Visa

Untuk membuat e-paspor ada banyak syarat yang harus Anda siapkan, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

– KTP (Kartu Tanda Penduduk)
– Kartu Keluarga
– Akte Kelahiran, kalau tidak ada bisa menggunakan Ijazah atau Buku Nikah
– Kartu Pelajar
– Surat Rekomendasi
– Paspor Lama (ini hanya berlalu bagi yang hendak mengganti paspor lama dengan e-paspor)

Jadi, pastikan dulu semua syarat dan dokumen yang dibawa sudah lengkap baru kemudian datang ke kantor imigrasi. Oh iya, jangan lupa juga dibuat salinan fotokopinya terlebih dahulu dalam ukuran besar yaitu kertas A4.

Proses Pembuatan Paspor Elektronik

Daftar Online

Seakrang untuk mengajukan pembuatan e-paspor semakin mudah, Anda bisa mengajukannya secara online di website resmi www.imigrasi.go.id. Kemudian ada juga melalui aplikasi chat Whatsapp untuk Jakarta di nomor 0812-9900-4406. Jangan lupa, untuk memilih jenis paspor yang ingin diajukan kantor imigrasi terdekat. Tapi, untuk pengajuan paspor elektonik ini masih hanya bisa dilakukan di beberapa kantor imigrasi saja.

Pembayaran

Setelah Anda sukses mendaftarkan secara online dan mendapatkan email yang berisikan surat untuk melakukan pembayaran, Anda langsung print out dan bawa surat tersebut ke teller bank yang ditentukan untuk melakukan pembayaran. Untuk biaya yang harus Anda bayarkan untuk paspor elektronik ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan paspor biasa. Namun meksipun mahal, tetapi Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar juga.

Menentukan Jadwal Wawancara Sendiri

Asyiknya pengajuan paspor elektronik melalui online Anda bisa menentukan sendiri jadwal wawancara. Tentu ini sangat membatu sekali apalagi untuk orang yang memiliki banyak kesibukan. Namun, untuk ke proses ini, Anda harus membayar paspor terlebih dahulu. Setelah berhasil melakukan pembayaran, Anda akan dikirim e-mail lagi yang isinya url untuk di klik dan muncul jadwal wawancara yang bisa Anda pilih.

Wawancara

Jika langkah di atas Anda bisa lakukan melalui online, selanjutnya untuk proses wawancara Anda dianjurkan untuk datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang telah dipilih. Agar tidak terlalu lama mengantre, disarankan untuk datang pagi hari. Pada proses ini, bukan hanya wawancara saja tetapi juga ada proses foto untuk dipaspor nanti.

Pengambilan E-Paspor

Untuk pengambilan papsor elektronik, akan dilakukan di hari yang berbeda setelah serangkain proses pembuatan selesai. Biasanya ada jeda sekitar 4 hari kerja untuk pengambilan paspor dan biasanya dilakukan setelah jam makan siang.

Comments are closed.