Sekolah Luar Negeri Paling Populer, Negara Mana Saja?

Travel

Impian sekolah luar negeri dengan biaya terjangkau plus dekat dengan destinasi wisata populer? siapa yang tak mau, simak informasinya!

Siapa yang tidak ingin bersekolah di sekolah yang bagus, terlebih sekolah yang terkenal di luar negeri. Bukan tidak mencintai Negara sendiri, Indonesia, namun banyak juga orang yang memiliki cita-cita untuk bisa sekolah di luar negeri supaya bisa menghabiskan waktu luang dengan menyalurkan hobi travelling-nya. Menyenangkan bukan? Bersekolah sekaligus bisa jalan-jalan.

Namun, bukan perkara mudah lho mendapatkan sekolah luar negeri yang cocok dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Walau banyak jalur melalui beasiswa, Anda dituntut mampu berkomitmen baik secara prestasi maupun biaya hidup. Tak bisa dipungkiri selain kemampuan ilmu pengetahuan yang mumpuni, kemampuan bertahan hidup dengan biaya yang harus dikeluarkan juga merupakan tantangan tersendiri.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Ketika sekolah luar negeri, banyak hal harus diperhatikan seperti biaya hidup yang harus disesuaikan. Apalagi jika Anda hobi travelling, keindahan tempat wisata di luar negeri pasti menjadi godaan besar. Karenanya sembari menikmati hobi travelling jangan ragu untuk asuransikan perjalanan Anda untuk mengurangi beban biaya tak terduga yang mungkin terjadi. Luangkan waktu, cek broker asuransi online terpercaya Futuready.com, Anda akan dapatkan produk asuransi perjalanan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

beragam sekolah luar negeri

Untuk mengukur rate biaya kuliah Anda bisa berpatok pada tuition fee yang diberlakukan oleh kampus-kampus yang bersangkutan. Tuition fee bisa dikatakan sebagai uang kuliah per semester. Di bawah ini beberapa Negara yang mungkin bisa Anda pertimbangkan sebagai tujuan mengejar pendidikan.

5 Negara dengan Biaya Sekolah yang Terjangkau

Selain biaya yang terjangkau, tentu kualitas dari universitas juga menjadi penentunya. Di bawah ini beberapa Negara yang secara biaya bisa dikatakan terjangkau namun dengan kualitas akademik yang diakui, diantaranya:

India

Biaya kuliah di India bisa dibilang terjangkau untuk warga Indonesia. Salah satu jurusan favorit di negara ini adalah teknik informatika. Kabarnya sih biaya kuliah di sana gak bakal lebih dari US$ 7.300 atau Rp 105 juta per tahun. Meski demikian, ada biaya yang tergolong cukup besar dan harus dikeluarkan saat Anda wisuda.

sekolah luar negeri terbaik

Soal biaya hidup, India juga lumayan terjangkau. Anda bisa hidup nyaman dengan dana US$ 5 ribu atau sekitar Rp71 jutaan per tahun. Lebihnya lagi, tiket ke India tentu tak semahal ke Jerman atau negara-negara Eropa lain. Tapi yang perlu Anda ingat, di India mahasiswa asing tidak diperbolehkan untuk kerja ya!

Selain biaya sekolah yang terjangkau, di India juga banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari Taj Mahal, Golden City, Taman Nasional Periyar and Wildlife Sanctuary, Mecca Masjid, Agra dan Amer Fort, Harmandir Sahib: The Golden Temple of Amritsar. Masih banyak lagi lokasi yang bisa dikunjungi jika Anda sedang memiliki waktu libur kuliah.

Taiwan

National University Taiwan merupakan universitas terfavorit urutan ke-76 versi QS World University Rankings. Biaya kuliah di sana tidak mahal, hanya berkisar TW$ 100.920 hingga TW$ 124.200 atau Rp45 juta hingga Rp58 juta per tahun untuk jenjang sarjana.

Meski terhitung murah, tapi sayangnya biaya hidup di Taiwan lebih besar ketimbang di Jakarta. Apalagi kalau Anda belajar di Taipei. Butuh dana kurang lebih Rp11 jutaan per bulan untuk hidup di sana. Namun terdapat beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dengan biaya yang tak besar. Yaitu Ximinding Tempat wisata di Taiwan yang bisa kamu kunjungi pertama kali adalah Ximending. Tempat ini terletak di jantung kota Taiwan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah malam hari. Dihiasi lampu-lampu yang menyala terang dan jalanan yang selalu ramai membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Jerman

Bukan rahasia lagi kalau Jerman merupakan salah satu negara terfavorit bagi mereka yang ingin sekolah  luar negeri. Pasalnya, kampus-kampus di Jerman sudah diakui kualitasnya. Almarhum Pak Habibie merupakan salah satu orang Indonesia yang merupakan lulusan Jerman. Negara Eropa ini juga tergolong maju dan punya perekonomian stabil.

Baca juga: Aturan Membawa Cairan Ke Bagasi Pesawat

Tapi hal yang paling menarik minat untuk sekolah di Jerman adalah karena biaya kuliah jenjang sarjana dan magister di sana gratis, tidak membeda-bedakan walau Anda bukan orang Jerman asli. Anda hanya akan diminta membayar biaya administrasi saja yang nilainya berkisar antara 150 – 200 Euro atau setara Rp2,5 hingga 3 jutaan aja.

Tapi meski begitu, konon kabarnya kebijakan itu tak berlaku buat kampus yang ada di negara bagian Baden-Württemberg. Sejak tahun 2017, mahasiswa dari negara non-Uni Eropa akan dikenakan biaya 1.500 euro atau Rp25 juta per semester.

Tantangan lain buat kuliah di sini adalah soal visa. Meski biaya hidup di sana lebih terjangkau daripada negara Eropa lain, tapi untuk mendapat visa pelajar, Anda harus bisa membuktikan kalau di rekening terdapat uang minimal 8.700 euro atau Rp145 juta.

Republik Ceko

Kabarnya mereka yang fasih berbahasa Ceko bisa kuliah di semua universitas yang ada di sana. Namun, jika Anda tak fasih berbahasa ceko, jangan berkecil hati. Sebab, banyak juga kampus dengan pengantar Bahasa Inggris dengan biaya kuliah pertahunnya kurang lebih 3.800 Euro atau Rp54 juta.

Kualitas kampus di negara ini terbilang baik dan sudah diakui dunia. Ibukota Ceko yaitu Praha dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik untuk pelajar di seluruh dunia. Biaya hidup yang mungkin harus Anda keluarkan setahun paling tidak ada di angka US$ 9 ribu atau Rp129 juta.

Argentina

Negara asal Lionel Messi ini juga bisa jadi destinasi kuliah di luar negeri lho. Universitas Buenos Aires adalah kampus terbaik ke-75 versi QS World University Rankings. Selain itu kenapa negara ini menarik karena tak sedikit universitas yang menerapkan kebijakan kuliah gratis. Kalaupun bayar, biaya kuliah yang harus Anda keluarkan jumlahnya masih terjangkau sekitar US$ 5 ribu alias setara dengan Rp72 juta.

lokasi sekolah luar negeri

Nah, untuk biaya hidupnya sendiri, di Argentina berbeda tipis dengan biaya hidup di India. Biaya hidup di Argentina sekitar Rp71 jutaan per tahun. Walau begitu, ongkos tiket pesawat kesana tentu lebih besar ya ketimbang ke India.

Jika Anda gemar jalan-jalan, Negara-negara tujuan untuk bersekolah di atas juga memiliki banyak tempat wisata indah yang bisa dikunjungi disela-sela waktu luang Anda. Belajar sambil refreshing tak ada salahnya, bukan?

Baca juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan ke Eropa & Luar Negeri

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Comments are closed.