Selain Gurun Sahara, Ini Gurun Terluas di Dunia Lainnya!

Travel

Ternyata, bukan hanya Gurun Sahara saja, lho, yang menjadi gurun terluas di dunia, masih ada gurun lainnya yang perlu Anda ketahui.

Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui bahwa gurun terluas di dunia adalah Gurun Sahara. Gurun yang memiliki luas mencapai 9.100.000 kilometer persegi ini, melintasi berbagai belahan dunia, seperti Algeria, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, dan Tunisia. Tidak heran jika UNESCO pun menetapkan Gurun Sahara sebagai gurun pasir terluas di dunia.

Namun, rupanya gurun terluas di dunia bukan hanya Sahara, masih banyak gurun lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Nah, agar wawasan Anda semakin luas mengenai deretan gurun terluas di dunia, berikut ini ulasan selengkapnya.

5 Gurun Terluas di Dunia

Gurun Arabia

Gurun Arabia atau yang sering disebut Gurun Semenanjung Arabia ini termasuk ke dalam gurun terluas, karena melintasi beberapa negara, yaitu Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Gurun yang luasnya mencapai 2.330.000 kilometer persegi, memiliki beberapa gurun di dalamnya, seperti Gurun An-Nafud yang memiliki luas sekitar 68.035 kilometer persegi dan Rub Al-Khali memiliki luas 593.110 kilometer persegi.

Baca juga: 5 Destinasi Favorit Objek Wisata Pulau Sentosa

Gurun Gobi

Jika Gurun Arabia dan Gurun Sahara melintasi negara di bagian Asia Tengah, berbeda dengan Gurun Gobi yang terletak di Tiongkok dan bagian selatan Mongolia, dengan luasnya mencapai 1.295.000 kilometer persegi. Gurun Gobi ini berbatasan dengan Pegunungan Altai di sebelah utara, dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya, dan dataran Cina Utara di sebelah tenggara.

Gurun Kalahari

Terletak di bagian selatan Afrika, Gurun Kalahari merupakan salah satu gurun terluas di dunia karena memiliki luas mencapai 900.000 kilometer persegi. Berbeda dengan gurun lainnya, Gurun Kalahari merupakan semi gurun, karena sebagain areanya memiliki bagian kering dan juga padang rumput setelah terjadinya hujan. Gurun Kalahari ini membentang di sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia dan Afrika Selatan.

Gurun Patagonia

Gurun keempat yang masuk ke daftar gurun terluas di dunia adalah Gurun Patagonia yang luasnya sekitar 673.000 kilometer persegi. Gurun Patagonia terletak bagian paling selatan Amerika Selatan, tepatnya di wilayah di Argentina dan Chili. (Baca juga: Liburan ke Greenland, Ini Destinasi yang Bisa Anda Kunjungi!)

Gurun Suriah

Seperti namanya, Gurun Suriah berada di kawasan Suria, Irak, Yordania, dan Arab Saudi. Luas dari Gurun Suriah mencapai 520.000 kilometer persegi. Namun, gurun ini tidak semuanya dipenuhi pasir, tetapi Gurun Suriah memiliki tanah terbuka dengan permukaan gurun penuh bebatuan. Gurun Suriah menjadi tempat tinggal bagi bangau, burung unta, rubah, cheetah, dan sebagainya.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Itulah lima gurun terluas di dunia yang perlu Anda ketahui. Jadi, jika berniat untuk liburan ke kawasan gurun, tidak perlu Gurun Sahara saja, tetapi masih ada gurun lainnya yang cukup mengasyikan.

Comments are closed.