Sering Naik Pesawat? Ini Etika di Bandara yang Harus Diikuti!

Travel

Bepergian menggunakan pesawat terbang sangat memudahkan masyarakat untuk cepat sampai tujuan. Namun, di balik itu ada beberapa etika bandara yang harus diikuti. Berikut ini ulasannya!

Hingga kini, pesawat terbang masih menjadi salah satu transportasi yang paling banyak diminati dan bandara menjadi salah satu tempat paling sibuk setiap harinya. Bepergian menggunakan pesawat menjadi solusi yang tepat jika jarak yang ditempuh cukup jauh sehingga Anda bisa cepat sampai ke tempat tujuan. Namun, di balik kemudahan yang diberikan, bepergian menggunakan pesawat juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan harga tiket pesawat lebih mahal dibandingkan harga tiket trasportasi lain.

Bandara termasuk fasilitas umum. Nah, setiap fasilitas umum pasti ada etikanya masing-masing yang harus diikuti. Anda yang memilih menggunakan transportasi pesawat terbang wajib sekali untuk mengikuti semua etika di bandara. Lalu, apa saja etika di bandara itu?

[quads id=2]

Datang Tepat Waktu

Semua transportasi yang ada di Indonesia, pasti mewajibkan untuk penumpangnya datang tepat waktu sesuai jadwal keberangkatan. Bahkan sangat dianjurkan untuk datang minimal setengah jam sebelum keberangkatan. Ada alasan tersendiri dari penerbangan yang meminta Anda untuk berada di bandara atau ruang tunggu sesuai waktu yang ditentukan. Pastikan agar Anda tidak terlambat dan tertinggal pesawat.

Check in

Sebenarnya proses check in ini bukan hanya dilakukan di bandara, tetapi di stasiun pun, Anda mengharuskan untuk melakukan check in. Check in atau istilah lainnya adalah melaporkan keberangkatan, di mana penumpang yang sudah memiliki tiket akan didata kembali dan jika Anda menggunakan bagasi, maka koper Anda akan ditimbang.

Agar proses check in ini cepat selesai, siapkan kartu identitas Anda saat berada dalam antrean. Proses check in bisa diwakilkan oleh orang lain, asalkan nama calon penumpang harus sesuai dengan nama yang tertera di kartu identitas. Layanan check in  ini biasanya dibuka sejak 2 jam sebelum waktu keberangkatan dan akan ditutup 45 menit sebelum pesawat lepas landas.

Bagasi

Etika di bandara berikutnya adalah bagasi. Pastikan Anda tidak membawa barang secara berlebihan yang menyebabkan kelebihan bagasi (overweight). Ada dua bagasi yang bisa Anda gunakan. Pertama bagasi kabin yang maksimal beratnya 7kg dan Anda bawa harus sendiri ke dalam pesawat. Kedua, bagasi yang ditimbang ketika check in maksimal 20-30kg.

[quads id=5]

Dilarang Merokok

Semua penerbangan baik itu di dalam dan luar negeri memiliki peraturan untuk bebas asap rokok. Jangan pernah merokok di area bandara terkecuali ruangan khusus untuk merokok. Sebab, jika Anda melanggar etika di bandara ini, akan dikenai sanksi yang berat.

Comments are closed.