Situs Warisan Dunia UNESCO yang Ada di Indonesia, Pernah ke Sana?

Travel

Situs warisan dunia UNESCO sangatlah banyak jumlahnya. Namun, dari sekian banyak, kita harus berbangga karena beberapa di antaranya ada di Indonesia.

Bumi diciptakan dengan sangat baik oleh sang Maha Pencipta. Banyak sekali hal-hal menakjubkan yang ada di dalamnya, mulai dari manusia, hingga daerah, atau objek wisatanya. Bicara soal daerah atau objek wisata, kita tahu bahwa sangat banyak tempat yang indah yang ada di berbagai negara di dunia. Tak jarang, tempat-tempat tersebut pun memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Tak heran jika ada beberapa tempat yang dilabeli sebagai situs warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization atau biasa disebut UNESCO. Tempat tersebut disebut warisan dunia karena dianggap mencerminkan suatu budaya dan alam di negara tersebut, terdapat benda yang penting keberadaannya bagi umat manusia, serta menjadi warisan yang penting bagi generasi berikutnya.

Terdapat lebih dari 1000 tempat yang masuk dalam kategori warisan dunia UNESCO. Namun, dari 1000 tempat tersebut, nyatanya ada beberapa tempat yang berlokasi di Indonesia. Tak hanya lokasi bersejarah, warisan dunia UNESCO yang ada di Indonesia bisa dibilang sangatlah indah dan bisa jadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini adalah situs warisan dunia UNESCO yang ada di Indonesia!

Situs Warisan Dunia UNESCO Candi Borobudur

Anda pasti familiar dengan Candi Borobudur, kan? Bahkan sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah berkunjung ke sana. Candi yang terletak di Jawa Tengah ini bukanlah tempat rekreasi biasa, melainkan situs warisan dunia UNESCO yang ditetapkan sejak 1991 silam.

Candi ini dianggap memiliki nilai sejarah tinggi yang harus dijaga kelestariannya. Sebab, candi ini adalah candi Buddha terbesar di dunia dan memiliki dampak besar bagi perkembangan dan persebaran agama Buddha di dunia dari dulu hingga sekarang ini.

Situs Warisan Dunia UNESCO Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Ketiga pulau ini khususnya Pulau Komodo dan Rinca merupakan habitat naga komodo yang merupakan reptil pemakan daging terbesar di dunia. Komodo juga termasuk dalam hewan purbakala yang masih hidup hingga saat ini dan hanya terdapat di Indonesia. Hewan satu ini masuk dalam spesies yang rawan akan kepunahan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa Taman Nasional Komodo masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Bila tidak dijaga, bukan tak mungkin generasi berikutnya tak mengenal hewan legendaris asal tanah air satu ini. Selain itu, keindahan alam di tempat ini sangatlah indah, bahkan sering dijuluki sebagai “surga dunia”.

Situs Warisan Dunia UNESCO Situs Manusia Purba Sangiran

Manusia purba dianggap sebagai titik awal kehidupan manusia di dunia. Banyak sekali tempat di dunia di mana fosil manusia purba tertimbun. Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam perkembangan manusia purba ini, tempat tersebut berada di daerah Sangiran.

Tempat ini dulunya sering disambangi oleh para arkeolog untuk meneliti seputar fosil manusia purba yang ditemukan di sana. Tak heran jika tempat satu ini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan disuguhkan dengan hasil penelitian para arkeolog seputar manusia purba di tempat ini.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Kita patut berbangga karena kita memiliki banyak tempat yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Tapi, kita pun harus menjaga kelestarian tempatnya agar anak dan cucu kita nanti dapat menikmati ilmu dan pemandangannya suatu saat nanti.

Comments are closed.