Atasi Kemacetan, Ini Terowongan Bawah Laut Terpanjang

Travel

Terowongan bawah laut dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengatasi kemacetan di berbagai negara. Biaya pembangunannya yang tidak murah membuat terowongan ini dibuat dalam jarak yang cukup panjang.

Harus diakui, populasi manusia di dunia semakin hari semakin tinggi. Hal ini berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah penggunaan jalan. Banyaknya orang yang berkendara menggunakan mobil pribadi menyebabkan kemacetan. Faktanya, masalah kemacetan tak hanya dirasakan oleh masyarakat di Indonesia, melainkan di berbagai negara di dunia.

Berbagai solusi pun digarap untuk mengatasi kemacetan, salah satu yang paling efektif adalah dengan membangun terowongan yang berlokasi di bawah laut. Terowongan jenis ini dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengurai kemacetan lalu lintas secara efisien sejauh ini.

Terowongan ini dibuat di dalam tanah dan menembus dasar laut dari satu titik ke titik tujuan. Soal keamanan, rasanya tak perlu lagi diragukan. Sudah pasti terowongan ini dibangun dengan konsep yang sangat matang untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Jadi, risiko terjadinya hal buruk pun ditekan semaksimal mungkin.

Biasanya, terowongan semacam ini dibuat dengan jarak yang cukup panjang. Sebab, biaya yang dikeluarkan untuk membangun terowongan ini tidaklah murah. Bahkan, dari sekian banyak, terdapat beberapa terowongan yang masuk dalam daftar terowongan yang berlokasi di bawah laut terpanjang di dunia. Penasaran?

Ini dia terowongan di bawah laut terpanjang di dunia!

Terowongan Bawah Laut Seikan Tunnel, Jepang

Seikan Tunnel adalah salah satu terowongan di bawah laut terpanjang di dunia. Tapi, terowongan ini digunakan bukan untuk mobil, melainkan kereta. Panjang totalnya adalah 53,85 km. Tapi, tidak semua bagian terowongan ini dibangun di bawah laut, melainkan hanya 23,3 km saja.

Terowongan satu ini menjembatani kereta dari Pulau Honshu menuju Pulau Hokkaido. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun terowongan satu ini terbilang fantastis, yakni sekitar 3,6 miliar USD.

Bomlafjord Tunnel, Norwegia

Bila Seikan Tunnel digunakan untuk kereta, maka Blomlafjord Tunnel merupakan terowongan yang digunakan sebagai jalan untuk mobil. Terowongan satu ini menghubungkan Pulau Foyno dengan Dalshovda, Sveio, dan memiliki panjang mencapai 7,82 km. Hal ini membuat terowongan ini menjadi salah satu terowongan undersea terpanjang di dunia.

Dibangun di kedalaman 260,4 meter, terowongan ini sudah direncanakan sejak 1980. Namun, karena satu dan lain hal, pembangunannya baru dilaksanakan pada 1997 dan resmi dibuka dan dapat digunakan oleh masyarakat pada Desember 2000.

Sydney Harbour Tunnel, Australia

ragam Terowongan bawah laut

Sydney Harbour Tunnel adalah terowongan di bawah laut di Australia yang sudah beroperasi sejak Agustus 1992. Terowongan ini menghubungkan Warringah Freeway ke Distrik Timur. Keberadaan terowongan ini sangatlah ampuh untuk mengurangi kemacetan di Sydney Harbour Bridge.

Sebenarnya, terowongan di bawah laut ini tidaklah terlalu panjang, hanya sekitar 2 km. Namun, sejauh ini, terowongan satu ini masuk dalam daftar terowongan terpanjang di dunia.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa Indonesia juga saat ini sedang merencanakan pembangunan terowongan di bawah laut. Tapi, apakah terowongan ini berhasil masuk dalam terowongan di bawah laut terpanjang di dunia?

Comments are closed.