Fakta Menarik Suku Maori, Sudah Tahu?

Travel

Suku Maori merupakan suku yang tinggal dan hidup di Selandia Baru sejak ratusan tahun silam. Banyak fakta menarik yang patut kita ketahui dari suku ini.

Kita semua tentu bahwa di dunia ini masyarakat terlahir dan hidup dalam sebuah keberagaman, baik agama, ras hingga suku. Sebab, setiap negara memiliki ras hingga suku yang berbeda. Hal ini pun berpengaruh pada cara pandang dan menjalani hidup sehari-hari.

Nah, dari sekian banyak suku, faktanya tak sedikit suku yang tinggal dan hidup di pedalaman dan masih menerapkan gaya hidup yang sederhana. Tak hanya itu, biasanya suku tersebut memiliki banyak keunikan, seperti ritual hingga bahasa.

Salah satu suku pedalaman yang cukup dikenal di dunia saat ini adalah suku Maori. Suku satu ini hidup di Selandia Baru sejak awal tahun 1800-an. Jika umumnya suku pedalaman dikenal seram dan misterius, hal ini tidak berlaku pada suku Maori.

Faktanya, suku ini sudah dikenal luas di seluruh dunia karena sudah banyak ilmuwan dan budayawan yang datang untuk mempelajari kehidupan dan keseharian suku tersebut. Banyak sekali fakta menarik terkuak dari hasil observasi tersebut. Apa saja? Ini dia!

Fakta Menarik Seputar Suku Maori

Asal Nama Suku Maori

Bangsa Polenesia yang menetap di New Zealand awalnya tidak bernama. Orang-orang Polenesia yang menetap di New Zealand tersebut hanya menyebut kelompok mereka dengan sebutan Iwi. Iwi memiliki makna harfiah tulang. Maksudnya kelompok Iwi memiliki keterikatan garis keturunan dari nenek moyang yang sama yang tidak lain adalah bangsa Polenesia.

Adapun nama Maori muncul pasca kedatangan orang-orang Eropa ke New Zealand sekitar tahun 1830. Kata Maori digunakan orang-orang Eropa untuk menyebut bangsa Polenesia yang tinggal di New Zealand. Kata Maori itu sendiri berarti orang biasa. Sebenarnya sebutan Maori tersebut awalnya digunakan sebagai pembeda antara pendatang orang Eropa dengan penduduk asli.

Ciri Khas Suku Maori

Suku Maori sangat mudah dikenali dari ciri fisiknya. Ciri fisik mereka secara umum ketara jelas seperti orang Polenesia kebanyakan. Hanya saja penduduk yang tinggal di Pulau Utara mempunyai ciri fisik hasil perpaduan antara Polenesia dan Melanesia.

Hal ini cukup wajar mengingat sempat terjadi perkawinan campuran antara suku primitif Moriori yang tidak lain termasuk ras Melanesia. Suku Maori campuran mempunyai rambut hitam bergelombang mirip bangsa Polenesia. Karenanya suku Maori kerap pula didapati mengaplikasikan kapur seperlu memutihkan rambut agar terlihat merona kemerahan.

Hanya saja bentuk bibir dan hidung lebih mirip suku Melanesia di mana bibirnya terlihat tebal dengan hidung pesek. Kulit suku Maori kebanyakan juga berwarna cokelat.

Di sisi lain penduduk Maori di Pulau Selatan mempunyai ciri fisik yang lebih mirip dengan bangsa Polenesia. Sedangkan para Maori di Pulau Selatan memiliki ciri rambut hitam melambai, bibir tebal, hidung datang dengan lubang hidung besar, mata cokelat gelap, dan gigi teratur yang bersih.

Seni Tato

Salah satu hasil kebudayaannya yaitu seni tatonya. Ta Miki merupakan bahasa Maori untuk menyebut tato. Istilah tersebut berarti tekan atau menyerang. Adapun motif tato suku Maori memiliki bentuk spiral. Tato kerap dipahat pada wajah, kaki, dan pantat. Akan tetapi, untuk wanita tato biasanya ditorehkan di dagu, bibir, atau leher belakang. Tato biasa dibubuhkan saat beranjak dewasa dan menjadi simbol dari perjalanan hidup suku Maori.

Tato dianggap mempunyai makna suci dan sekaligus menjadi perlambang dari suku mereka. Suku Maori pun mempunyai cara tersendiri yang unik untuk menato tubuhnya. Biasanya tato dibuat dengan pahatan atau torehan di kulit menggunakan pisau atau kulit kerang laut.

Sementara untuk tinta tato dipilih bahan alami seperti ulat dan sayuran. Namun, tidak jarang pula mereka menggunakan tinta dari arang kayu. Tinta arang kayu umumnya digunakan untuk menato area wajah.

Salam Khas Suku Maori

Belum lama ini, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo, melakukan kunjungan juga ke Selandia Baru, dan bertemu dengan suku Maori ini. Salah satu ciri khas salam dari mereka adalah bersentuhan hidung. Mereka menganggap, rasa persaudaraan akan semakin terasa di sini.

Kemudian, ciri khas lainnya dari suku Maori yang tidak dipunyai oleh lainnya adalah Haka. Haka adalah sebuah tarian sambutan yang mempertontonkan wajah seram dan menegangkan. Hal ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti para pengunjung.

Haka

Haka adalah simbol kekuatan dan persatuan suku tersebut. Oleh karena itu, tidak jarang penonton yang ikut menyaksikan Haka sampai dibuat bulu kuduknya berdiri, karena mereka dengan semangat tinggi mempertontonkan simbol dari persatuan suku mereka tersebut.

Lalu, salah satu ciri khas lainnya adalah ketrampilan mengukir dan menenun kain. Hal ini mereka akan lakukan terus ke generasi-generasi mereka selanjutnya. Salah satu alasan kuat mengapa mereka masih melanjutkan ciri khas tersebut adalah agar sejarah mereka bisa terus ada dan tidak hilang oleh perkembangan zaman.

Menyembah Dewa dan Roh Leluhur

Seperti kebanyakan suku pedalaman di berbagai negara di dunia, suku Maori juga tidak memiliki agama yang dianut masyarakat pada umumnya. Sejak kemunculannya, suku satu ini menganggap bahwa dewa dan roh leluhur sebagai sesuatu yang sakral dan berpengaruh dalam hidup mereka.

Jadi, pada waktu tertentu, mereka berkumpul untuk mengadakan ritual yang dianggap sebagai ibadah pada para dewa dan roh leluhur mereka.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Bahasa Te Reo Maori

Te Reo Maori adalah bahasa yang digunakan dalam kehidupan masyarakat Maori. Bahasa ini diklasifikasikan sebagai bagian Kelompok Polinesia dari Cabang Oseanik Timur Bahasa Austronesia dan merupakan bahasa resmi Selandia Baru bersama Bahasa Inggris.

Makanan Khas

Suku Maori punya makanan khas dengan cara pengolahan yang unik, yakni Hangi. Hangi merupakan daging dan sayuran yang dimasak di bawah tanah. Untuk mencicipinya, Hangi banyak ditemukan di Rotorua.

Jika Anda berkesempatan untuk berlibur ke Selandia Baru, tak ada salahnya untuk mengunjungi suku Maori. Tentu, akan banyak hal menarik yang Anda dapatkan dari suku satu ini.

Comments are closed.