Taman Margasatwa Terbesar di Indonesia

Travel

Selain Taman Safari dan Ragunan, di Indonesia terdapat beberapa taman margasatwa lainnya yang bisa Anda kunjungi dengan berbagai binatang unik dan langka. Apa saja itu?

Taman margasatwa adalah tempat di mana hewan ditangkar, dipelihara, dan dikembangbiakkan dengan alami, sebagai upaya pelestarian habitat satwa yang diambang kepunahan. Indonesia termasuk negara dengan wilayah sangat besar dan otomatis memiliki banyak suaka margasatwa yang tersebar di seluruh wilayah.

Pasti Anda sudah familiar dengan Taman Safari Indonesia yang terletak di Cisarua, Bogor, atau Kebun Binatang di Jakarta. Keduanya merupakan taman margasatwa yang bisa dikunjungi wisatawan. Rupanya, tidak hanya itu, masih ada taman-taman margasatwa lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Mau tahu apa saja? Berikut ini ulasannya:

Taman Margasatwa Terbesar di Indonesia

Taman Margasatwa Pulau Komodo dan Pulau Rinca

Taman margasatwa di kawasan Pulau Komodo dan Pulau Rinca merupakan suaka margasatwa yang dikenal melindungi habitat satwa langka dan unik, yaitu komodo yang merupakan satwa asli dari Nusa Tenggara Timur. Jika ingin melihat komodo, Anda hanya bisa menemukannya di tempat ini. Saking langka dan uniknya, tempat ini pernah menjadi salah satu keajaiban dunia.

Komodo sendiri merupakan kadal raksasa yang terkenal sangat liar dan bernaluri membunuh dengan insting yang luar biasa. Selain sebagai habitat komodo kedua pulau ini merupakan habitat alami binatang lain, seperti merpati hijau, kepodang kuduk hijau, burung tekukur, gagak flores, sri gunting wallace, ayam hutan, dan juga kuau hitam timor.

Keunikan lainnya dari tempat ini adalah sajian wilayahnya yang berupa laut, pantai, padang rumput stepa dan sabana. Serta pengunungan dan bukit yang memesona. Tidak heran jika Pulau Komodo ini menjadi incaran para wisatawan lokal dan wisatawan luar negeri yang ingin menghabiskan waktu liburannya.

Taman Nasional Gunung Leuser

Salah satu situs warisan dunia, Taman Nasional Gunung Leuser merupakan taman margasatwa yang dilindungi keberadaannya oleh UNESCO PBB secara langsung. Terdapat spesies yang ditangkar secara alami di tempat ini seperti gajah, badak, harimau, kera, macan tutul, dan ratusan spesies burung hutan yang selalu menghiasi kawasan hutan ini dengan kicauannya.

Apalagi sekarang ini Taman Nasional Gunung Leuser telah terekspose media internasional yang menjadi bagian dari kampanye peduli hutan dan lingkungan hidup secara global dengan dimotori oleh aktor ternama, yaitu Leonardo Di Caprio. Leonardo Di Caprio memang dikenal sabagai salah satu aktor ternama yang sangat peduli dengan satwa dan lingkungan hidup.

Taman Nasional Tanjung Puting

Suaka margasatwa yang berada di Pulau Kalimantan, Taman Nasional Tanjung Puting tepatnya berada di provinsi Kalimantan Tengah dan menjadi habitat dari satwa orang utan yang semakin hari semakin terancam jumlahnya.

Orang utan bukan hanya menjadi binatang yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia saja, tetapi juga dunia internasional yang mana kelestarian habitat ini memang menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah Republik Indonesia maupun dunia internasional.

Selain orang utan, binatang lain yang bisa Anda jumpai di tempat ini adalah macan tutul, beruang madu, rusa, ular, siamang, babi hutan, landak, dan lain-lain di mana para pengelola suaka margasatwa ini juga konsen menjaga kelestarian satwa-satwa tersebut pula.

Taman Nasional Wasur

Berikutnya, Taman Nasional Wasur adalah suaka margasatwa yang terletak di Papua. Di Taman nasional ini dilindungi satwa yang dikembangbiakkan secara alami seperti kepiting, ikan, udang, kangguru, kasuari, kesturi raja, cendrawasih, buaya air tawar, dan buaya air asin yang memang pada habitat alaminya banyak diburu untuk kepentingan konsumsi penduduk lokal.

Keberadaan suaka margasatwa berupa taman nasional ini sangatlah penting dalam menjaga dan mempertahankan populasi satwa yang nantinya akan sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Taman Nasional Wasur sendiri memang banyak diisi dengan habitat hewan hampir mirip dengan benua Australia. Hewan seperti kangguru bisa ditemukan secara langsung di tempat ini. Jadi, Anda tidak usah mengunjungi negara Australia untuk melihat alami habitat kangguru, karena di Papua ada tempatnya.

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Hutan Amazon

Taman Nasional Ujung Kulon

Oh, Taman Nasional Ujung Kulon sudah sangat terkenal dengan keberadaan hewan langkanya. Misalkan saja, badak jawa bercula satu karena tempat ini menjadi satu-satunya habitat badak yang di Jawa Indonesia. Di Taman Nasional Ujung Kulon melindungi badak yang unik dan langka. Saking mencintainya binatang ini, logo dari Taman Nasional Ujung Kulon memuat gambar badak jawa bercula sebagai sebagai model logonya.

Taman Nasional Way Kambas

Anda yang sering ke daerah Sumatera, pasti sudah tidak asing lagi dengan taman margasatwa berikut ini. Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat di mana gajah-gajah Sumatera ditangkar, dilatih, dan dikembangbiakkan secara alami guna kemanfaatannya untuk kehidupan manusia.

Aktivitas seperti hiburan sepak bola gajah, menarik kayu hutan, membajak sawah, serta menjadi binatang tunggangan adalah hasil dari penangkaran dan pelatihan secara baik oleh pihak pengelola suaka margasatwa kepada habitat gajah Sumatera agar populasinya meningkat serta berguna bagi manusia.

Di Taman Nasional Way Kambas, Anda tidak hanya bertemu gajah saja, tetapi ada binatang lainnya, seperti badak sumatera, harimau sumatera, dan rusa yang memang populasinya ingin ditingkatkan agar generasi mendatang masih mampu melihat keberadaan satwa-satwa ini bukan hanya lewat cerita saja.

Suaka Margasatwa Buton Utara

Suaka margasatwa yang terakhir adalah Buton Utara. Tempat ini terletak di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, di mana anoa menjadi binatang yang dilindungi di tempat ini. Perlu Anda ketahui, anoa merupakan hewan asli dari Pulau Sulawesi. Hewan ini tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia bahkan di dunia sekalipun. Anoa memang unik dan menarik, karena keindahan warna tubuhnya.

Itulah beberapa taman margasatwa yang ada di Indonesia berserta binatang-binatang di dalamnya. Jika Anda termasuk salah satu orang pecinta binatang, bisa datang langsung ke tempat-tempat tersebut untuk melihat langsung binatang-binatang langka yang dilindungi dan juga dikembangbiakan.

Comments are closed.