Taman Nasional Bunaken, Menyelami Keindahan Dalam Laut

Travel

Menikmati surga dalam laut dengan terumbu karang dan biota laut yang indah hanya di Taman Nasional Bunaken. Apa saja objek wisata yang bisa dikunjungi?

Indonesia memiliki surga sampai ke dalam laut. Taman Nasional Bunaken adalah salah satu enyumbang keindahan alam di Indonesia. Terkenal dengan keindahan biota laut dan terumbu karangnya, Bunaken menjadi salah satu incaran para traveler.

Sejarah Taman Nasional Bunaken

Tahun 90an merupakan pertama kalinya taman laut ini ditemukan oleh sekelompok penyelam yang sedang berekspedisi. Dengan berbagai cerita mistis, awalnya penyelam diperingatkan untuk tidak menyelam, karena wilayah tersebut dihuni roh-roh jahat yang berasal dari nelayan yang hilang atau meninggal di ujung gugusan karang yang berbahaya. Rasa nekad merekalah yang membuat taman laut ini banyak dikenal. Peringatan nelayan diabaikan, mereka menyelam dan kemudian menemukan keindahan bawah laut yang menakjubkan. UNESCO menetapkan Taman Nasional Bunaken secara resmi sebagai warisan dunia sejak tahun 2005. Bunaken memiliki kedalaman sekitar 4.000 kaki, dihuni 2.000 spesies ikan, dan 500 jenis gugusan karang indah. Wilayah ini diduduki sekitar 35.000 jiwa tersebar di 22 desa yang rata-ratanya bekerja sebagai nelayan, petani, pemandu, nahkoda, dan pekerja di cottage. Di Bunaken sendiri terdapat titik-titik penyelaman yang dihiasi cantiknya terumbu karang dan ikan laut tropis dengan warna yang indah. Lokasi penyelaman berderet dari tenggara hingga barat laut.

Baca Juga: Destinasi Liburan di Indonesia yang Belum Diketahui Banyak Orang

Objek Indah Taman Nasional Bunaken

Onjek Wisata di Taman Nasional Bunaken

Sekitar 20 spot menyelam yang dapat ditemukan di Taman Nasional Bunaken. Berikut ini yang direkomendasikan.

Tembok Lekuan

Destinasi satu ini merupakan tembok dengan ukurannya yang cukup panjang dengan dinding-dinding curam serta celah-celah yang cukup dalam. Saking panjangnya tempat ini dibagi menjadi tiga bagian, Tembok Lekuan I, II, dan III. Tempat ini menjadi destinasi penyelaman favorit di Wisata Bahari Bunaken. Uniknya, di tempat ini terdapat kipas angin laut dan spons raksasa yang jarang ditemukan di spot penyelaman lain. Ketika diving, penyelam akan menelusuri laut dalam dengan diiringi ikan kakak tua besar, penyu laut.

Mandolin Point

Spot ini memiliki keunikan yang menambah rasa penasaran penyelam. Titik ini berupa turunan tajam dengan dinding karang dengan warna-warna indahnya yang dapat dijumpai di kedalaman 20 hingga 45 meter. Di Mandolin Point penyelam akan bertemu lebih dekat dengan jenis karang cambuk (whip coral), menyambangi narc zone, berjumpa parrotfish dengan warna hijau besar atau merah jambu kebiruan, mappa puffer fish, juga hiu karang white tip. Penyelam akan mempunyai pengalaman yang tak terlupakan dengan pemandangan indah dari whip coral yang menjadi tempat ditemukannya shrimp dan whip gobie. Ikan lain yang juga dapat ditemui di dinding dan puncak Mandolin ini adalah surgeonfish, bannerfish, dan unicornfish. Penyelam dapat mendekati ikan-ikan jinak ini. Selain itu, di titik ini penyelam akan menemukan gua gua di dasar laut.

Muka Gereja

Titik penyelaman selanjutnya adalah Muka Gereja yang cocok menjadi tempat snorkling. Ikan yang di perairan laut dangkal akan menyambut dengan jenis karang yang unik. Di sinilah penyelam akan menemukan ikan karang yang khas seperti anemon. Di Muka Gereja ini terdapat dinding karang dengan retakan-retakan vertikal juga gua-gua kecil yang jika beruntung akan menemukan white tip reef shark berkeliaran.

Fukui Point

Dari namanya sudah dapat ditebak, titik ini ditemukan oleh orang Jepang. Tempat ini menjadi salah satu spot diving di Taman Nasional Bunaken yang menjadi favorit scuba divers. Penyelam tak akan menemukan dinding karang seperti yang ditemukan di titik lain, melainkan lereng dengan turunan curam. Di situs ini penyelam akan bertemu belut laut moray atau white-spotted moray eels yang muncul dari tempat persembunyiannya dengan memamerkan bercak-bercak di sirip punggungnya yang elok dan gerakan yang gemulai. Biota laut yang dapat dilihat di spot ini adalah sailfin tangs, red-tooth triggerfish, napoleon wrasse, juga garden eels. Dengan arus air laut yang cepat, penyelam akan melihat ribuan red-tooth triggerfish yang melintasi lereng terumbu karang dengan bergerombol lamban.

Mike Point

Destinasi ini berada di bagian Utara Pulau Bunaken. Nama titik selam ini diambil dari nama fotografer bawah air, Mike Severn. Mike point memiliki topografi yang terjal dengan dinding cenderung tegak ditutupi aneka karang keras dan lunak. Penyelam akan menemukan karang kipas gorgonia dan sponge bersama kerumunan ikan pelagik besar seperti barakuda, ikan pari eagle ray, juga hiu karang white tip. 

Sachiko Point

Keindahan Taman Nasional Bunaken

Titik selam ini diambil dari nama seorang instruktur selam dari Jepang. Berada di bagian Timur Bunaken, titik ini nyaris mirip seperti Mike Point dengan dinding tebing yang ditutupi dengan deretan koral, ikan tuna, ikan jack dan hiu karang akan lalu lalang di titik ini, bahkan penyelam akan banyak menemukan ular laut.

Baca Juga: Jangan Hanya Liburan, Ikuti 3 Event Lari 2019 di Indonesia

Bunaken Timor

Bunaken Timor adalah titik selam yang paling banyak dikunjungi dan menjadi tempat snorkeling yang banyak direkomendasikan. Penyelam di titik ini harus menguasai teknik menyelam yang baik, karena arus air yang cukup kuat. Pesona bawah laut di Bunaken Timor memang tidak diragukan lagi. Penyelam akan disuguhi terumbu karang yang menghiasi bawah laut dan menyaksikan kehidupan hiu, pari elang, penyu, serta ikan besar yang berlalu-lalang. Juntaian rumput laut serta gua-gua kecil menghiasi dinding karang yang menghipnotis para penyelam.

Tips Liburan di Taman Nasional Bunaken

Mengetahui Aktivitas di Taman Nasional Bunaken

Sebelum melakukan liburan, setidaknya kita mengetahui tempat seperti apakah yang akan dikunjungi. Jika ingin berlibur di Taman Nasional Bunaken, ketahuilah aktivitas apa yang akan dilakukan di sana. Seperti yang banyak diketahui, di Pulau Bunaken ini akan ada 2 aktivitas yang banyak dilakukan, snorkeling dan diving. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan tentang dunia menyelam, Bunaken adalah tempat yang tepat. Sebelumnya, ketahui dahulu biaya yang akan dikeluarkan untuk menyewa kapal, alat selam seperti masker dan kaki katak untuk snorkeling. Sedangkan untuk diving sendiri diperlukan biaya ekstra. Satu hal yang kemudian akan menjadi penting adalah mengabadikan momen saat sedang melakukan kegiatan di bawah laut, persiapkan biaya untuk penyewaan kamera underwater.

Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Liburan ke Taman Nasional Bunaken

Tidak sembarangan waktu jika ingin mengalami liburan yang berkesan. Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken dapat dilakukan pada bulan Mei hingga Agustus, ketika suhu sedang hangat-hangatnya. Jika Anda beruntung, pada saat itu akan menyaksikan penyu sisik hijau. Saat sudah di sana, lakukanlah aktivitas lebih pagi untuk menikmati keindahan Taman Nasional Bunaken. Perjalanan yang ditempuh sekitar 30 hingga 40 menit, akan lebih baik jika dilakukan sedari pagi.

Mengetahui Biaya Menyebrang

Dari Manado, pengunjung yang ingin mengunjungi  Taman Nasional Bunaken harus menyewa kapal. Persiapkan biaya penyebrangan sebelum melakukan perjalanan. Setidaknya mengetahui perbedaan harga penyewaan kapal sesuai dengan jenisnya. Biayanya kurang lebih 500.000 ribu hingga 2 juta rupiah dengan kapal yang dapat memuat kurang lebih 15 orang. Kapal yang biasa banyak dipilih adalah Kapal Katamaran. Kapal ini akan memanjakan mata penumpang dengan suguhan keindahan biota laut di tengah kapal melalui kaca besar yang tembus pandang, dan para penumpang dapat melihat secara langsung pemandangan bawah laut yang memesona.

Baca Juga: 5 Destinasi Liburan Musim Hujan di Indonesia

Pemesanan Tiket

Jika masalah tiket, kemanapun perginya akan lebih baik jika memesan tiket dari jauh-jauh hari. Mengapa? JIka memesan tiket dengan waktu yang terlalu dekat dengan keberangkatan akan terasa jauh lebih mahal. Apalagi jika pemesanan dilakukan dengan memanfaatkan beberapa promo yang diadakan oleh beberapa e-commerce.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Peralatan yang Dibutuhkan

Sudah menjadi kewajiban mempersiapkan barang atau peralatan apa saja yang akan dibawa dan paling dibutuhkan seperti peralatan mandi, dan baju ganti adalah hal mendasar. Jika pergi ke Bunaken sendiri, ada beberapa peralatan yang perlu ditambahkan seperti sunblock, baju renang, kacamata, topi, hingga sandal jepit karet. 

Comments are closed.