Rekomendasi Tempat Bermain Anak, Mana Pilihan Anda?

Travel

Ketergantungan akan gawai membuat kreativitas anak menurun. Oleh karena itu, sangatlah dianjurkan membawa buah hati ke tempat bermain anak.

Sekarang ini, tak bisa dipungkiri bahwa anak-anak lebih tertarik bermain gawai dibandingkan bersosialisasi atau main ke luar. Di satu sisi, memang ada baiknya mengenalkan anak pada teknologi. Tapi, nyatanya banyak sekali dampak negatif yang mungkin melekat pada anak yang sangat kecanduan bermain gawai.

Nah, tentu kita sebagai orangtua tak ingin anak-anak kita “seru” sendiri dengan gawai sedangkan banyak sekali ilmu yang bisa mereka dapatkan di luar, contohnya di tempat bermain anak. Jika Anda mengalami masalah yang sama dan ingin mengajak anak Anda untuk pergi ke tempat bermain anak, ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk Anda dan keluarga. Mari kita simak bersama di bawah ini!

Baca juga: Liburan Menyenangkan ke Taman Bunga Terindah di Dunia!

Rekomendasi Tempat Bermain Anak

Taman Mini Indonesia Indah

Semua orang Indonesia tahu bahwa tempat ini adalah salah satu yang harus dikunjungi bila ke Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki lahan yang sangat luas, sekitar 150 hektar. Anda akan menjumpai paviliun dari setiap provinsi yang ada di Indonesia, termasuk di dalamnya rumah-rumah adatnya, jangan lupa untuk melihat danau yang ada di sini, karena ada gambaran wilayah kepulauan Indonesia. Kemudian ada lebih dari 15 museum, lebih dari sepuluh taman, teater dan juga wahana bermain yang bisa Anda nikmati.

Keluarga Anda akan dipusingkan dengan beragam pilihan yang ada. Salah satu wahana yang sedang naik daun adalah ‘Taman Legenda’, yang di dalamnya berisikan beragam dinosaurus. Atraksi ikonik lainnya adalah Teater Keong Mas (yang gedungnya berbentuk menyerupai keong), Bioskop 4D, Istana Anak Indonesia, dan banyak lagi lainnya. Rasanya tempat ini sangatlah cocok untuk dijadikan tempat bermain anak.

Alamat: Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Jam Operasional: 07.00-22.00. Setiap wahana memiliki jam operasionalnya sendiri.

Tiket Masuk: Rp10.000. (Catatan: harga tersebut hanya untuk tiket masuk ke Taman Mini, dan Anda harus membeli tiket kembali untuk setiap wahana dan atraksi yang ingin Anda nikmati.)

Waterbom Jakarta

Waterbom merupakan destinasi wisata keluarga paling favorit di Indonesia. Tak hanya di Bali, tapi juga di Jakarta.

Waterbom Jakarta, yang berada di lahan seluas 3,8 hektar, dibangun dengan tema taman tropis dan indah, yang di dalamnya diisi dengan perosotan dan seluncuran yang luar biasa, seperti di antaranya speed slide, yang kecepatannya bisa mencapai angka 70 km/jam, atau twitzer, yang memiliki rute melingkar dan berujung di sebuah kolam. Sepertinya menyenangkan, bukan?

Wahana ini diperkenalkan sebagai ‘The Urban Cool’ (sementara yang di Bali dengan ‘Tropical Cool’), yang sepertinya sangat cocok bila mempertimbangkan jaraknya dari pusat kota. Jakarta yang supersibuk dan panas bisa dengan mudahnya diubah menjadi Jakarta yang menyenangkan dan basah di Waterbom.

Sebagai tambahan, beberapa tempat di sekitar wahana Waterbom juga merupakan sejumlah restoran dan kafe yang menyenangkan, tempat yang pas untuk keluarga Anda bersantai setelah bersenang-senang di wahana wisata air tersebut.

Alamat: Jln Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara 14470

Telepon: (021) 5596 6666

Jam Operasional: 10.00 – 21.00 (hari biasa) | 08.00 – 21.00 (akhir pekan)

Tiket Masuk:

Hari biasa: Rp150.000 (dewasa) | Rp100.000 (anak-anak)

Akhir pekan: Rp250.000 (dewasa) | Rp190.000 (anak-anak)

Baca juga: Taman Margasatwa Terbesar di Indonesia

The Cat Cabin

Apakah Anda dan keluarga senang dengan kucing? Atau hewan kecil berbulu lain yang menggemaskan? Jika iya, Anda tak bisa melewatkan kafe kucing pertama di Indonesia, The Cat Cabin. Anda dan anak-anak bisa memeluk teman baru yang berbulu seharian.

Kafe ini bersih dan higienis, demikian pula dengan kucing yang ada karena mereka sudah divaksinasi dan dimandikan secara rutin, jadi Anda tak harus khawatir. Anda bisa berinteraksi langsung dengan beragam jenis kucing di kafe ini juga.

Sejumlah kucing yang ada sangat manja, sementara yang lainnya juga ada yang malu-malu. Tapi ketika sudah ada kedekatan, mereka bisa menjadi teman yang menyenangkan! The Cat Cabin tetap merupakan sebuah kafe, jadi Anda bisa memesan secangkir minuman atau makanan.

Alamat: Jln Kemang Raya No 31, Jakarta Selatan, 12720

Telepon: (021) 7179 5243

Jam Operasional: 10.00 – 21.00 (Selasa-Kamis) | 10.00-22.00 (Jumat-Minggu) | Senin tutup

Tiket: Satu jam pertama Rp60.000–Rp65.000, jam berikutnya Rp50.000.

The Bunker Board Game Café

Apakah Anda khawatir melihat si kecil yang mulai kecanduan gawai? Bahkan dalam momen kebersamaan seperti makan malam bersama pun pandangan mereka tak akan bisa dari yang namanya gawai. Nah, di tempat ini pasti mereka akan sedikit lupa dengan berbagai perangkat elektronik itu.

Terletak di kawasan Gading Serpong, The Bunker Board Game Café merupakan sebuah tempat nongkrong dan makan yang menyediakan hingga 200 varian permainan boardgame yang pastinya seru-seru.

Selain boardgame populer, seperti monopoli, ular tangga, panic tower, ada pula beberapa permainan lain yang mungkin terdengar asing di telinga, seperti ultimate werewolf, avalon, codenames dan banyak lagi yang bisa dimainkan bersama-sama seluruh keluarga. Belum tahu cara mainnya? Tenang, para staf di sini terkenal ramah dan bersedia untuk mengajarkan cara bermainnya, kok.

Tanpa terasa, Anda dan anak-anak akan menghabiskan waktu berkualitas dengan mengobrol atau bahkan tertawa-tawa sampai berjam-jam tanpa terganggu gawai. Pilihan tempat duduknya pun cukup nyaman dan santai, mulai dari sofa, kursi, hingga lesehan.

Sambil menemani bermain, jangan lupa coba aneka makanan dan minuman yang tersedia di sini. Ada caramel waffle with vanilla ice cream, nyonya curry rice, serta minuman coconut pandan iced blend yang jadi andalannya. Dijamin, anak-anak bakal ketagihan deh diajak ke sini.

Alamat: Ruko Graha Boulevard D10/11 Gading Serpong, Tangerang 15810.

Telepon: 0812 8636 1011.

Jam Operasional: 09.00–22.00 (Senin–Kamis, Minggu) | 09.00–22.30 (Sabtu).

Harga: Boardgame mulai dari Rp15.000/orang/jam | Makanan mulai dari Rp18.000.

Baca juga: Fakta Menarik dan Keistimewaan Bunga Tulip Belanda

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Museum Layang-Layang

Apakah Anda rindu menerbangkan layang-layang? Sayangnya, anak-anak sekarang mungkin sudah tak lagi melakukan aktivitas yang menyenangkan ini karena beragam keterbatasan, atau bahkan hanya untuk sekadar melihatnya. Museum ini bisa memberikan solusi untuk itu.

Museum Layang-Layang ada karena terinspirasi oleh koleksi pribadi sang pendiri museum ini. Dengan jumlah koleksi yang terus bertambah, dia merasa akan lebih baik untuk mendirikan sebuah galeri, yang kemudian berubah menjadi museum.

Museum ini mengadopsi arsitektur Jawa, yang bisa Anda lihat langsung dari logo dan bangunan utamanya. Hal ini menciptakan atmosfer etnik pada komplek museum itu.

Juga dibuka kelas belajar membuat layang-layang atau membatik untuk Anda dan anak-anak. Mungkin Museum Layang-Layang bukan hanya tempat untuk bisa melihat layang-layang, tapi di sini Anda juga bisa menggambar dan membuat layang-layang itu sendiri.

Alamat: Jln H Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, 12450

Telepon: (021) 765 8075, (021) 750 5112

Jam Operasional: 09.00–16.00 (Setiap hari, kecuali hari libur nasional)

Tiket Masuk: Rp15.000,-

Itulah daftar tempat bermain anak yang sangat direkomendasikan. Jadi, tak melulu bermain gawai, anak juga diajak beraktivitas di luar rumah dan jauh dari gawainya.

Comments are closed.