Tempat Surfing Terbaik di Indonesia, Pernah Coba?

Travel

Pantai berombak besar merupakan tempat surfing terbaik bagi para peselancar profesional. Indonesia punya banyak sekali pantai seperti itu!

Olahraga ekstrem memang memiliki risiko tinggi terhadap keselamatan. Tapi, bukan berarti sedikit orang yang cinta dengan olahraga jenis ini. Faktanya, peminat olahraga ekstrem di dunia semakin banyak. Salah satu olahraga ekstrem paling digemari saat ini tak lain adalah selancar atau surfing.

Bicara soal surfing, sudah pasti olahraga ini hanya bisa dilakukan di daerah yang memiliki pantai dengan ombak yang besar. Inilah yang membuat Indonesia menjadi buruan para penggila surfing. Negara kita memiliki banyak sekali tempat surfing kelas dunia yang bahkan masuk dalam tempat surfing terbaik di dunia.

Penasaran pantai mana saja yang dimaksud? Yuk, kita simak bersama di bawah ini!

Tempat Surfing Terbaik di Indonesia

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Terletak 20 kilometer dari Desa Grajagan, Pantai Plengkung termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. Di kalangan surfer, pantai yang juga dikenal sebagai G-Land yang memiliki ombak dengan ketinggian enam hingga delapan meter sepanjang dua kilometer.

Ombak di Pantai Plengkung juga mempunyai tujuh gulungan dengan interval sekitar lima menit akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan. Tidak heran jika ombak di pantai ini disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii.

Salah satu bukti ketenarannya adalah di pantai ini pernah diselenggarakan lomba surfing tingkat internasional atau yang dikenal dengan “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Lomba ini diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara, yaitu Australia, Prancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan Indonesia.

Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali

Tidak perlu diragukan lagi, pesona pantai di Bali selalu memikat siapa saja yang datang, termasuk para peselancar dunia. Tempat yang paling digemari untuk berselancar adalah Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Perairan di Pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point.

Biasanya, surfer yang datang akan mencari spot tersendiri agar bisa menikmati ombak laut dengan asyik tanpa gangguan orang lain. Selain Nusa Penida, tempat yang memiliki gelombang ombak tinggi dan asyik dijadikan tempat surfing adalah Nusa Lembongan, letaknya tak jauh dari Nusa Penida.

Pulau Nihiwatu, Sumba Barat

Pulau Nihiwatu terletak di Sumba Barat, Kepulauan Nusa Tenggara. Di sini Anda dapat menikmati paduan antara alam yang cantik, keunikan budaya, keramahan penduduk lokal, berikut sensasi mengendarai ombak yang menantang.

Dikenal dengan julukan Left God Waves, pihak resort yang merupakan pengelola tunggal Pantai Nihiwatu membatasi hingga 10 orang surfer saja yang boleh mengendarai ombak Nihiwatu dalam satu hari. Ini dilakukan sebagai upaya menjaga privasi serta keamanan pengunjung hotel lainnya.

Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat

Sayangnya, Pantai Tanjung Setia ini sudah dikenal oleh turis mancanegara namun belum oleh masyarakat lokal. Telah lama pantai ini menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air. Ombak di pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi enam hingga tujuh meter dengan panjang 200 meter.

Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Ada banyak spot selancar yang keren di sekitar kawasan Timor Barat. Salah satunya adalah Pulau Rote. Awalnya, tempat ini terdengar sangat jauh, tapi justru karena itulah kenapa Pulau Rote jadi salah satu spot favorit para peselancar dunia. Suasananya yang sepi tanpa banyak pengunjung, ditambah ombak-ombaknya yang menantang akan membuat Anda serasa surfing di tengah surga dunia milik Anda sendiri.

Pulau Sipora, Sumatera Barat

Buat Anda yang belum tahu, Sumatera Barat ternyata punya setidaknnya 400 spot surfing! Tak heran jika banyak peselancar internasional yang berbondong-bondong datang ke Sumatera Barat hanya untuk menjajal satu per satu spot surfing dengan ombaknya yang ganas menggulung. Tapi, dari sekian banyak spot, sepertinya yang paling terkenal di kalangan para surfer tak lain adalah Pulau Sipora.

Pulau Sipora adalah salah satu dari empat pulau di Kepulauan Mentawai yang udah dikenal sebagai salah satu destinasi selancar terbaik di dunia. Menariknya, pulau satu ini masuk dalam 10 besar spot terbaik untuk berselancar di dunia. Ombak-ombaknya tak perlu ditanya lagi. Seluruh peselancar profesional mancanegara pasti pernah ke sini. Waktu yang pas buat berkunjung ke sini adalah di bulan April hingga Oktober. Saat itu ombak sedang tinggi-tingginya.

Pantai Sorake, Sumatera Utara

Sebuah pantai yang berada di Pulau Nias lepas pantai Sumatera Utara ini memiliki ombak yang sangat tinggi dan memesona. Gelombang besar yang dimiliki oleh Pantai Sorake tidak terlepas dari posisinya yang berhadapan dengan Samudera Hindia.

Ketinggian ombak yang terdapat di Pantai Sorake ini bisa mencapai 10-15 meter sehingga sangat cocok bagi peselancar profesional. Namun apabila Anda masih dalam tahapan belajar, maka harus ekstra hati-hai ketika surfing di pantai dengan ombak raksasa ini.

Selain memiliki gelombang yang sangat memesona, Pantai Sorake yang berada di Teluk Lagundri ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dan tentunya dapat memanjakan mata wisatawan. Pada bulan Juni dan Juli biasanya banyak turis-turis menikmati keindahan pasir Sorake. Selain berselancar, di pantai ini wisatawan juga dapat memancing maupun berenang di laut yang biru.

Untuk mencapai Pantai Sorake, Anda cukup menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Sibolga, Pulau Sumatera. Setelah melewati selat Anda akan singgah terlebih dahulu di Kota Nias yang berjarak dua kilometer dari Pantai Sorake.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Pantai Uluwatu, Bali

Berbicara soal pantai, Bali memang tidak ada habisnya. Keindahan Pulau Dewata tersebut tidak hanya terkenal di antara wisatawan lokal, namun juga telah menjadi bagian wisata dunia. Bali memang dikenal dengan budayanya yang kuat serta memiliki potensi keindahan alam yang eksotis.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Bali adalah Pantai Uluwatu yang berada di Kuta Selatan, Badung. Tidak hanya berbekal pada keindahan batu karang yang menjorok ke laut, pantai putih disertai ombak besar juga menjadi daya tarik dari pantai ini. Tak heran jika banyak peselancar internasional datang ke tempat ini.

Itulah daftar tempat surfing terbaik di Indonesia. Jika Anda hobi berselancar, tempat mana yang akan Anda tuju lebih dulu?

Comments are closed.