Dari Rusia ke Alaska inilah 10 Tempat Terdingin Di Dunia

Travel

Jika menginginkan destinasi ekstrim cobalah berlibur ke 10 tempat terdingin di dunia ini. Mulai dari ski sampai mendaki gunung es dapat Anda lakukan di sini.

Pernah terpikir tinggal di tempat terdingin di dunia? Bertahan hidup di lingkungan yang dingin adalah hal yang cukup sulit. Untuk bertahan hidup di tempat terdingin di dunia, manusia harus menyesuaikan diri agar dapat beradaptasi dengan suhu disana. Gaya hidup di tempat dingin jelas berbeda dengan mereka yang tinggal di udara yang hangat.

Beberapa belahan dunia lainnya, suhu turun di bawah titik beku, semua membeku bahkan air pun ikut membeku. Alhasil banyak organisasi dunia melakukan penelitian dan mengidentifikasi bagaimana kehidupan di tempat terdingin di dunia berlangsung. Di antara tempat-tempat paling dingin di dunia, manakah yang jadi juaranya?

10 Tempat Terdingin Di Dunia

Verkhoyansk, Rusia

Tempat ini memiliki rasio residensi yang rendah dan menurut sensus yang dilakukan pada 2011, hampir tidak penduduk di tempat ini. Tempat ini didirikan sebagai benteng pada tahun 1638 dan berfungsi sebagai pusat penambangan timah dan emas. Terletak di 1.500 mil selatan Kutub Utara dan 404 mil jauhnya. Menurut berbagai penelitian, suhu rata-rata disini adalah – 50,40 F dan pernah mencatata rekor suhu terendah di -900F.

Oymyakon, Rusia

 

Masih terletak di Rusia, Oymyakon pernah mendapati suhu terendah sampai -900F pada 6 Februari 1993. Tempat ini juga memiliki rasio residensi rendah karena kondisi cuaca ekstrem. Kabar baiknya wilayah ini masih berpenghuni dan disokong oleh departemen pariwisata yang mumpuni. Mereka berhasil mempromosikan Oymyakon sebagai destinasi tujuan bagi para wisatawan yang haus akan petualangan ekstrim.

International Falls, Minn

Tempat ini juga termasuk dalam daftar tempat dengan suhu terdingin untuk hidup di bumi. Seperti tempat terdingin lainnya di dunia, rasio hunian juga rendah di bagian dunia ini. Tempat ini berada di perbatasan antara AS dan Kanada dan menurut sensus yang dilakukan pada 2011, hanya 9.389 orang yang tinggal di International Falls. Suhu tempat ini tetap di bawah titik beku selama lebih dari dua bulan dalam setahun. Daerah ini mendapat banyak salju (sekitar 65,5 inci salju).

Yakutsk, Rusia

Tempat ini juga dianggap sebagai tempat terdingin untuk ditinggali. Tercatat bahwa  suhu terdingin di dunia di luar Antartika terletak tidak jauh dari Yakutsk di lembah Sungai Yana. Selama musim dingin, suhu rata-rata tempat ini tetap di bawah titik beku dan mulai turun ke titik beku pada bulan September dan tidak kembali hingga Mei. Selama Januari, suhu rata-rata tinggi di – 340F. Tempat ini menyaksikan rekor suhu terendah di angka- 81,40F. Tempat ini memiliki banyak teater, museum, dan bahkan kebun

Hell, Norwegia

Hell salah satu wilayah di Norwegia ini masuk ke dalam daftar tempat paling dingin didunia. Namanya jadi daya tarik utama karena merujuk pada “neraka”. Jika neraka sering dikaitkan dengan api yang berarti suhu membara, sebaliknya di Hell Anda akan merasakan udara dingin menusuk tulang. Suhu rata-rata tempat ini tetap di bawah titik beku sekitar – 200F. Jika ingin merasakan suhu terdinginnya berkunjunglah kemari di Desember hingga Maret.

Barrow, Alaska

Kota paling utara di Amerika Serikat ini hanya berjarak 1.300 mil dari  selatan Kutub Utara. Penduduknya terbilang jarang dan sering menghadapi musim dingin yang sangat dingin dan berangin. Warga Alaska jarang melihat cahaya matahari, matahari terbenam pada akhir November dan tidak muncul kembali sampai akhir Januari. Suhu tempat ini tetap di bawah titik beku selama lebih dari enam bulan dalam setahun. Namun, perekonomian dan industrinya berkembang sangat baik. Banyak pekerjaan tersedia di industri energi. Jika ingin ke sini hanya bisa menggunakan pesawat atau kapal laut.

Stasiun Vostok, Antartika

Antartika sejak dulu dikenal sebagai wilayah paling dingin di dunia. Suhu terendah yang pernah dialami stasiun Vostok mecapai – 89,20F. Menurut para peneliti Antartika ini adalah tempat paling berangin didunia dan jadi daratan es tertinggi di semua benua. Setidaknya 90% es dunia ada disini. Hujan hampir tidak pernah turun di wilayah ini, sehingga banyak orang menyamakannya dengan gurun.

North Ice, Greenland

Dianggap sebagai wilayaj terdingin di Belahan Barat dunia, Greeland masih jadi bagian dari kekuasaan Inggris. North Ice merupakan salah satu stasiun penelitian milik Inggris, dengan suhu terendahnya yang mencapai -660C, membuat North Ice sulit untuk ditinggali. Tak heran jika populasinya dikatakan yang paling rendah didunia.

Snag, Yukon, Kanada

Tempat ini terletak di Wilayah Yukon di Kanada, dianggap sebagai tempat terdingin di benua Amerika Utara. Tempat ini mencatat suhu terendah -630C. Tempat ini menjadi dingin karena pegunungan menghalangi udara hangat dari Samudra Pasifik. Tempat ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan karena daya tarik dan keindahannya yang menawan.

Denali, Amerika Serikat

Denali merupakan sebuah gunung di Amerika Utara. Sudah lama gunung yang juga dikenal sebagai Gunung McKinley ini dianggap sebagai puncak tertinggi di Amerika Utara dan dianggap sebagai gunung terdingin di dunia. Tempat ini memiliki musim dingin yang parah yang disertai dengan kesulitan dan masalah tertentu bagi penduduk daerah ini. Suhu normal tempat ini tetap pada kisaran – 400C.

Tips Berlibur ke Tempat Terdingin Di Dunia

Bawa Pelindung Tahan Air

Ketika berkunjung ke wilayah yang sebagian besarnya es, bawalah pelindung barang barang penting, seperti paspor dan visa yang tahan Air. Sebab kondisi disana sangat jarang matahari, jadi ketika barang Anda tiba-tiba basah jangan berharap bisa kering dalam waktu singkat.

Windbreaker atau Jaket Tebal

Karena di tempat dingin udaranya di bawah titik beku dan sangat berangin, Anda akan membutuhkan jaket tebal agar badan tidak menggigil. Pilihlah windbreaker, jaket tipis yang dapat menahan angin dan hujan ini lebih efektif dibanding jaket tebal.

Kaus Thermal

Ini adalah kaus tipis yang bisa menyerap keringat dengan cepat namun tetap memberi kehangatan. Jadi, Anda tak lagi perlu membungkus tubuh dengan tumpukan jaket.

Sepatu Bot Tahan Air

Salah satu barang paling penting, karena dibagian bumi paling dingin daratannya tertutup es Anda wajib menggunakan sepatu bot tahan air yang bisa berjalan mulus diatas es sekaligus menjaga kaki tetap hangat dan melindunginya dari kemungkinan benturan dengan es yang tajam.

Comments are closed.