Tempat Wisata di Rusia yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Travel

Tak hanya terkenal sebagai negara terluas di dunia, nyatanya ada banyak sekali tempat wisata di Rusia yang sayang untuk Anda lewatkan.

Sejatinya, setiap negara memiliki tempat wisata menarik yang jadi daya tarik bagi para wisatawan. Hal ini pun berlaku pada negara Rusia. Tanpa kita sadari, negara yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini memiliki banyak sekali tempat wisata, mulai dari museum hingga alam. Tak heran jika tempat wisata di Rusia selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ingin tahu apa saja tempat wisata di Rusia? Mari kita lihat satu per satu di bawah ini!

Tempat Wisata di Rusia

Kamchatka

Semenanjung Kamchatka adalah salah satu tempat wisata di Rusia yang sangat menarik dan unik untuk Anda kunjungi. Hingga saat ini ada banyak versi dari asal usul nama Kamchatka. Dari sekitar 20 versi asal usul, ada satu versi yang paling dipercaya yang mana menyebutkan bahwa nama itu berasal dari nama sungai yang mengalir melalui wilayahnya. Selain itu, daya tarik utama dari tempat wisata di Rusia ini adalah keberadaan gunung berapi. Setidaknya ada sekitar 300 gunung berapi dan hingga saat ini ada kurang lebih 30 gunung berapi yang masih dalam keadaan aktif.

Baca juga: Gunung Tertinggi di Dunia, Tingginya Lebih dari 5.000 meter!

Pegunungan Altai

Pegunungan Altai sudah sejak lama menjadi satu-satunya penghubung antara Siberia dan Mongolia, karena merupakan sebuah tempat penghubung 2 daerah, banyak yang menyebutkan namanya menjadi Altai. Beberapa pakar juga menemukan banyak bukti adanya kehidupan masyarakat kuno yang pernah tinggal di sini. Beberapa benda peninggalan yang ditemukan antara lain patung batu, lukisan, dan masih banyak lainnya. Salah satu tempat yang sangat terkenal di kawasan ini dikenal dengan nama Ulalinskaya yang mana setidaknya dihuni oleh masyarakat kuno 1,5 juta tahun lalu.

Red Square

Red Square adalah salah satu tempat wisata di Rusia yang paling menarik dan terkenal. Berada di ibu kota Rusia, Moscow, kawasan ini adalah tempat wisata di Rusia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Daerah ini juga merupakan salah satu pusat kota yang mana selalu ramai. Hal ini bukan hanya karena tempat ini berada di Moscow, tapi dikarenakan adanya bangunan-bangunan indah yang sangat fenomenal di sini. Di tempat wisata yang terbuka untuk umum setiap hari kecuali pada hari libur dan acara besar ini Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk berfoto, karena ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda gunakan. Red Square sendiri sejak 1990 sudah menjadi bagian dari Warisan Budaya Dunia.

Sungai Volga dan Sungai Lena

Untuk Anda yang menyukai olahraga dan rekreasi yang menantang, Sungai Volga dan Sungai Lena adalah tempat wisata di Rusia yang cocok untuk Anda karena selain bisa bermain kayak, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan keindahan alam yang tiada duanya. Sungai Volga berada di kawasan yang dekat dengan pemukiman kecil dari Volgoverkhovy, sedangkan Sungai Lena adalah sungai yang berasal dari lereng pegunungan Baikal. Di kawasan ini juga terdapat banyak tikungan dan pegunungan yang terbelah dua oleh sungai. Hal ini adalah daya tarik utama tempat wisata di Rusia yang satu ini sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung. Sungai Volga juga disebut-sebut sebagai salah satu sungai terbesar yang di Rusia, sedangkan Sungai Lena adalah salah satu sungai dengan aliran air paling deras di dunia.

Baca juga: Membuat Visa Rusia Sulit? Tidak Sama Sekali!

Masjid Lala Tulip

Sama dengan namanya, Masjid lala Tulip ini dibangun dengan kubah yang bentuknya hampir mirip dengan bunga tulip yang sedang dalam proses pemekaran. Masjid terbesar ketiga di Rusia ini memiliki bangunan yang sedikit mirip dengan sebuah bangunan terkenal di Australia, yaitu Sydney Opera House, ditambah dengan interior yang dilengkapi dengan bahan dan barang yang berkualitas sangat tinggi. Suasana tempat wisata di Rusia yang satu ini sangatlah sejuk dan nyaman, karena ditumbuhi sejumlah pepohonan sehingga menjadi asri dan nyaman.

Museum Hermitage

Salah satu museum paling megah yang ada di Rusia dan memiliki banyak koleksi sejarah tentang masa kekaisaran Romanov adalah Museum Hermitage. Museum yang dihiasi pilar berwarna emas ini didirikan oleh Katherine pada 1764. Saat masuk ke kawasan ini, Anda akan merasa berada pada masa Kekaisaran Romanov, karena di museum ini terdapat banyak koleksi bersejarah, mulai dari koleksi lukisan, sampai dengan peninggalan kediaman Romanov.

Benteng Kremlin Moscow

Jika melihat sejarahnya, tempat wisata di Rusia ini awalnya merupakan sebuah benteng pertahanan yang berfungsi untuk menahan serangan musuh ketik masa perang. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Benteng Kremlin yang memiliki 20 menara ini akhirnya digunakan sebagai salah satu pusat pemerintahan dan juga menjadi kantor Presiden Rusia. Selain sebagai pusat pemerintahan, dalam kompleks Kremlin juga terdapat banyak sekali gedung perkantoran, katedral, hingga Diamond Fund Exhibition yang merupakan tempat untuk menyimpan berlian dengan ukuran sekitar 190 karat. Untuk memperkuat nilai sejarahnya, Kremlin juga memiliki salah satu gudang yang berfungsi untuk menyimpan banyak jenis pusaka, pakaian, dan juga kereta kuda yang berasal dari Kaisar Rusia.

Gunung Elbrus

Mungkin Anda sudah sering mendengar tempat wisata di Rusia yang bernama Gunung Elburs? Terletak di deretan Kaukasus, Rusia Selatan, gunung ini memiliki ketinggian yang mencapai kurang lebih 5.642 mdpl. Gunung ini juga termasuk dalam kategori gunung dengan puncak yang paling tinggi di Dunia. Oleh karena itu, jika Anda memiliki hobi melakukan hiking, Gunung Elbrus adalah pilihan yang tepat. Salah satu orang sudah berhasil mencapai puncak Gunung Elbrus adalah Florence Crauford Grove yang merupakan pemimpin ekspedisi Gunung Elbrus yang pertama pada 1874. Untuk kegiatan pendakian di gunung ini, disarankan dilakukan bersama dengan orang yang sudah profesional karena selain memiliki jalur yang curam, sering kali terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim secara mendadak di puncak gunung. Kabar baiknya, Gunung Elbrus sudah dilengkapi dengan cable car yang akan membantu para pendaki naik ke atas sehingga bisa memulai pendakian dari ketinggian 3.800 mdpl.

The Heart of Chechnya Mosque

Rusia adalah salah satu negara yang sangat peduli dengan budaya agama Islam. Hal ini terbukti dengan adanya Masjid The Heart of Chechnya (Jantung Chechnya) yang merupakan masjid terbesar di Rusia dan juga dianggap sebagai salah satu masjid terbesar di seluruh daratan Eropa. Pada masjid yang diresmikan oleh Akhmad Kadyrovini ini terdapat empat menara yang semuanya memiliki ketinggian 63 meter. Namun, daya tarik utama dari masjid ini adalah lokasinya yang berada di pinggir pantai. Selain itu, daya tarik unik dari tempat wisata di Rusia ini juga ada pada interiornya karena terdapat tulisan kaligrafi yang ditulis dengan menggunakan tinta emas.

Baca juga: 3 Daftar Masjid Terbesar di Dunia!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Katedral St. Sophia

Rusia juga memiliki katerdral yang sangat bersejarah yang mana saat ini sudah beralih fungsi menjadi sebuah museum religi dan dikenal dengan nama Katedral St.Sophia. Salah satu keunikan dari tempat wisata di Rusia ini adalah arsitektur interiornya yang menggabungkan antara budaya Islam pada salah satu sudut ruangannya. Di sini Anda juga akan menemukan dinding dengan tulisan Allah dan Nabi Muhammad. Selain itu, hiasan lampu kristal yang sangat unik dan lantai marmer yang sangat terawat juga membuat bangunan yang memiliki tiga gerbang mewah ini tampak lebih elegan. Tak hanya itu, katedral ini juga memiliki kubah dengan tinggi 125 kaki dan dianggap sebagai salah satu gereja tertua di Rusia. Harus diakui bahwa Rusia merupakan negara yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Rusia?

Comments are closed.