Sejarah, Fakta, dan Tempat Wisata Terbaik Negeri Tibet

Travel

Tibet sering disebut sebagai negeri atap dunia karena letaknya yang paling tinggi di dunia. Selain ketinggian, tibet ternyata juga memiliki fakta unik yang tidak bisa ditemukan di negera lain

Tibet merupakan salah satu daerah otonomi yang terdapat di Republik Rakyat Tiongkok dan juga diberi nama Cina Xizang. Tempat ini berada di pegunungan Himalaya. Karena tingginya pegunungan Himalaya, tempat ini juga sering disebut sebagai puncak dari dunia.

Mayoritas penduduk di daerah ini merupakan pemeluk agama budha yang taat. Dulu, daerah ini dikenal menyimpan berbagai misteri karena hanya bisa dimasuki oleh orang-orang tertentu saja. Namun, sekarang daerah ini sudah bisa dikunjungan untuk umum. Berikut ini merupakan fakta-fakta yang ada di Tibet…

Baca juga: Gunung Tertinggi di Dunia, Tingginya Lebih dari 5.000 meter!

Sejarah Tibet

sejarah tibet

Daratan tinggi tibet pada mulanya adalah suatu kerajaan yang telah merdeka yang dipimpin oleh seorang raja yang memiliki gelar Dalai Lama. Provinsi ini dulunya adalah negara yang hanya memiliki interaksi politik dengan negeri China. Sehingga pada tahun 1950 cina dengan tentara merahnya menyerbu provinsi ini, sehingga provinsi ini sekarang menjadi bagian dari provinsi china.

Namun, proses perebutan Tibet menjadi provinsi China ini disertai dengan penindasan dan pembantaian bagi mereka yang membangkang aturan China. Meskipun begitu, seluruh rakyat Tibet tetap melakukan perlawanan yang sangat sengit. Namun, karena ketidakseimbangan senjata yang dimiliki membuat China tetap mampu menguasai provinsi ini.

Fakta Tentang Tibet

Daerah ini memiliki beberapa fakta unik yang tidak ditemukan di negara lain….

Merupakan Tertinggi di Dunia

Merupakan satu-satunya daerah yang memiliki tempat tertinggi di bumi, rata-rat ketinggian tempat ini mencapai hingga lebih dari 16000 kaki. Maka daerah ini sering disebut dengan pegunungan tinggi atau dataran tinggi, memang karena letak daerahnya yang tinggi.

Yak dan Dri, hewan khas Tibet

Daerah ini memiliki hewan khas yang hanya bisa hidup di daerah ini. Mereka bernama, Yak dan Dri, kedua hewan tersebut hampir sama dengan hewan sapi, namun sapi khasnya Tibet. Yak merupakan penyebutan untuk hewan jantan, sedangkan Dri merupakan penyebutan untuk hewan betina.

Hewan ini mampu membawa beban yang memiliki berat hingga 50 kg dan mampu membawanya dengan berjalan sejauh sekitar 5000 meter dengan suhu yang dingin yaitu -30 derajat. Selain memiliki keunggulan dalam membawa beban, hewan ini juga sering difungsikan untuk membajak sawah. Susunya bisa diperah dan dagingnya pun juga bisa dimakan, serta kulitnya juga bisa dimanfaatkan.

Agama Bun

agama bun di tibet

Sebelum Budha memasuki wilayah pegunungan ini, dahulu agama utama yang dianut oleh penduduk di pegunungan ini bernama agama “BUN”

Warna Cat Khusus untuk setiap Rumah

Rumah tradisional di tibet di cat dengan menggunakan 3 jenis warna, yaitu putih, coklat dan biru dimana masing-masing warna memiliki makna tertentu yang dipercayai oleh penduduk pegunungan ini.

Putih memiliki makna yang menyimbolkan kecerdasan, lalu coklat merupakan warna yang memiliki simbol hati yang teguh disertai dengan keberanian. Sedangkan warna biru memiliki makna untuk berbelas kasih kepada sesama.

Baca juga: Fakta yang Belum Banyak Diketahui Tentang Jalur Sutra

Tsemba

Tibet memiliki makanan khas yang berbahan dasar gandum dan air yang disebut dengan Tsemba.

Mayoritas Vegetarian

Mayoritas penduduk memiliki sebuah pantangan, yaitu tidak diperbolehkan makan daging terutama pada hari rabu. Sehingga, kebanyakan dari mereka adalah vegetarian.

Dermawan

Penduduk di Tibet memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Mereka merasa bahwa menolong orang yang sedang kesusahan hukumnya sangat wajib dan mereka sangat menjauhi hidup dengan sifat keegoisan.

Salju hanya turun 2 kali dalam Setahun

salju di Tibet

Salju hanya turun dalam periode satu tahun dua kali. Meskipun tempat ini sering memiliki sebutan sebagai daratan bersalju, tak lantas menjadikan tempat ini setiap saat turun salju.

Legalnya Praktik Poliandri

Di daerah ini terdapat berbagai praktik poliandri yang memang di legalkan. Poliandri yaitu wanita menikahi banyak pria atau banyak suami.

Pemakaman Unik

Kebanyakan penduduk disana apabila terdapat orang yang meninggal mereka tidak melakukan ritual apapun untuk menguburkannya. Bahkan, juga tidak melakukan kremasi terhadap mayat tersebut. Mereka hanya meninggalkan mayat tersebut disuatu tempat hingga mayat tersebut habis dimakan oleh burung bangkai.

Tempat Wisata Terbaik di Tibet

Tibet memiliki beberapa destinasi wisata yang telah diakui keindahannya oleh banyak wisatawan dari berbagai negara…

Danau Namsto

Danau Namsto merupakan danau yang terletak di daerah Lhasa. Namsto memiliki keindahan yang sangat eksotis. Bahkan, tempat ini sering disebut dengan danau surgawi. Penyebutan ini didasarkan karena danau Namsto merupakan danau yang sangat bersih dan indah.

Air yang terdapat di danau ini terkenal dengan kejernihannya. Hal tersebut membuat danau ini menjadi danau yang memiliki air paling jernih. Danau ini tidak pernah di renovasi atau di perbaharui, sehingga danau ini masih mmenyimpan keindahan yang sangat alami. Para wisatawan yang mengunjungi danau Namsto ini bisa menikmati fasilitas dengan cara menunggangi Yak ketika ingin menikmati keindahan alami.

Hutan Lulang

Apabila Anda mengunjungi hutan ini, Anda akan merasakan sensai seperti berada di negeri dongeng. Pegunungan ini memiliki suasana yang lengkap yang akan membuat Anda terpukau. Hutan ini dilengkapi dengan pegunungan indah, glester, sungai jernih dan desa kecil. Anda juga akan menemukan suara-suara kicauan burung yang merdu dan disertai dengan sautan suara kuda

Suara-suara tersebut akan memberikan kedamaian tersendiri bagi Anda. Hal tersebut membuat keindahan dan keasrian hutan ini semakin lengkap.Kenyamanan, ketenangan dan keindahan alami dari hutan ini akan Anda dapatkan.

Gunung Kailash

Gunung kailash merupakan gunung yang sering menjadi objek wisata favorit para pendaki gunung. Namun dalam melakukan pendakian ini terdapat bebarap peraturan yang tidak boleh dilanggar. Gunung ini dipercaya gunung suci yang menjadi tempat bagi para resi-resi suci tinggal dan bertapa.

Baca juga: Selain Gurun Sahara, Ini Gurun Terluas di Dunia Lainnya!

Konon katanya digunung ini terdapat goa-goa suci, dan hanya sebagian orang saja yang bisa mengunjungi atau melihat goa-goa suci tersebut. Sehingga para pendaki gunung hanya diperbolehkan melakukan pendakian hanya pada batas tinggi tertentu saja, tidak diperbolehkan mendaki hingga ke puncak karena dikhawatirkan akan merusak kesucian yang ada pada gunung kailash.

Ngarai Yarlung Tsangpo

Yarlung merupakan ngarai terdalam dan terbesar di dunia. Di sini, Anda akan melihat berbagai hewan langka dan unik yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Keindahan ngarai ini sudah tidak perlu diragukan.

Di sini Anda juga dapat menemukan satwa liar yang langka seperti serangga zoraptera dan yew. Destinasi satu ini sangat unik dan penuh dengan wawasan baru yang jarang ditemukan di tempat lain. Jangan lupa untuk berfoto di sini karena pemandangan ngarainya sangat indah dan instagramable.

Itulah sedikit ulasan mengenai daratan tinggi Tibet berdasarkan sejarahnya yang melegenda. Banyak sekali fakta-fakta unik yang hanya akan Anda temukan di daratan ini. Destinasi wisata alam negeri yang dijuluki negeri surga ini juga sangat menakjubkan. Tertarik untuk berkunjung ke Tibet?

Comments are closed.