Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat

Travel

Tiket pesawat bukan sekadar tiket biasa. Banyak sekali hal atau informasi yang perlu diketahui oleh penumpang agar tidak terhindar dari berbagai masalah.

Saat ingin bepergian menggunakan pesawat, langkah awal yang harus kita lakukan sebagai calon penumpang tak lain adalah membeli tiket pesawat. Sekarang ini, ada banyak sekali cara untuk membeli tiket, mulai dari online hingga ke retail terdekat dengan rumah Anda.

Namun sayangnya, sampai saat ini masih banyak sekali orang yang tidak memperhatikan segala hal dan informasi yang tertera pada tiket yang mereka beli. Padahal, informasi tersebut terbilang krusial dan dapat menyebabkan Anda terkena masalah saat menaiki pesawat bahkan saat Anda tiba di bandara.

Baca juga: Ini Pekerjaan Utama Pilot Pesawat yang Belum Banyak Diketahui

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat membeli tiket pesawat? Simak penjelasannya di bawah ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat

Perhatikan Nama, Tanggal, dan Jam Penerbangan Pesawat

Hal ini sangatlah wajib untuk diketahui oleh setiap pemilik tiket pesawat. Kita sama-sama tahu bahwa di Indonesia banyak sekali maskapai dan jam penerbangan pesawat. Jadi, agar tiket yang Anda beli tidak terbuang sia-sia, Anda wajib memperhatikan nama maskapai, tanggal, dan jam penerbangan pesawat tersebut.

Kasus yang paling sering dialami tak lain adalah ketinggalan penerbangan karena tidak fokus pada jam penerbangan pesawat. Jika hal tersebut terjadi, tentu yang rugi adalah Anda sebagai penumpang.

Perhatikan Kelas Pesawat

Kita tahu bahwa di dalam pesawat terdapat beberapa kelas. Kelas yang berbeda ini pun berpengaruh pada harga tiket yang kita beli. Jika kita membeli tiket yang murah, kemungkinan besar kita mendapatkan kelas ekonomi. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat di dalam pesawat adalah jangan sampai menempati kursi yang bukan milik Anda, terlebih yang berbeda kelas. Sebab, hal itu sangat mudah terlihat karena kursi pesawat sudah terkomputerisasi dan tahu siapa penumpang yang sebenarnya.

Baca juga: Perbedaan Kelas Pesawat dan Fasilitas di Garuda Indonesia

Tapi, tak jarang pula ada maskapai yang menjual tiket kelas bisnis dengan harga murah. Jika Anda berhasil mendapatkan tiket tersebut, berarti keberuntungan ada di pihak Anda. Jika tidak, jangan memaksakan diri untuk menempati kursi bisnis jika tidak ingin bermasalah dengan kru kabin dan pihak maskapai.

Cari Tahu Gate Maskapai Anda

Hal ini juga terkesan sepele tapi memilukan. Kejadian salah gate tidak sedikit dialami oleh orang atau para penumpang pesawat. Padahal, jika penumpang salah gate, otomatis penumpang tersebut perlu pindah ke gate di mana maskapai mereka berada.

Sebab, jarak antar gate di bandara umumnya cukup jauh. Jadi, akan semakin banyak waktu yang terbuang hanya karena gate yang salah. Agar kejadian ini tidak menimpa Anda, perhatikanlah gate maskapai di tiket pesawat yang Anda pesan.

Perhatikan Bagasi

Banyak penumpang yang membeli tiket murah lupa kalau maskapai tersebut tidak menyediakan bagasi gratis selain 7 kg untuk dibawa ke kabin. Kemudian penumpang tersebut datang membawa koper besar untuk dimasukkan ke bagasi. Ketika dikenai biaya, penumpang tersebut tidak terima dan menganggap hal tersebut adalah penipuan.

Oleh karena itu, sebagai penumpang, Anda wajib tahu bahwa pesawat yang maskapai yang Anda gunakan memberikan fasilitas bagasi gratis atau tidak. Kalau tidak, sebaiknya Anda memesan bagasi saat membeli tiket. Jadi, selain harga lebih murah, Anda juga tidak perlu berdebat dengan petugas yang mengurus bagasi. Perlu diketahui juga, biasanya tiap maskapai memberlakukan harga yang berbeda untuk bagasi. Anda wajib mengetahui harganya agar tidak merasa tertipu.

Baca juga: Etika Penumpang di Dalam Pesawat yang Harus Dipatuhi

Perhatikan Usia Penumpang

Pengertian usia bayi, anak-anak, dan orang dewasa tidak sama dengan patokan usia untuk penumpang pesawat. Anda tak perlu berbedat panjang oleh petugas maskapai terkait usia penumpang saat ingin membeli tiket pesawat. Perhatikan saja kriteria usia penumpang di bawah ini:

  1. Usia bayi itu hanya berlaku untuk bayi berusia di bawah umur dua tahun.
  2. Usia anak-anak berlaku jika usia  2-12 tahun.
  3. Usia dewasa berlaku jika usia 12 tahun ke atas.
  4. Usia lansia berlaku di atas 60 tahun.

Jadi, sebaiknya perhatikan usia anggota keluarga Anda sebelum memesan tiket pesawat agar tidak salah dalam membeli tiket dan menjadi terkendala saat ingin naik pesawat.

Persiapkan Dokumen yang Diperlukan Saat Check-In

Sebelum masuk ke desk check-in, sebaiknya Anda mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Kalau perjalanan Anda ke luar negerai, siapkan paspor, tiket, KTP, dan dokumen pendukung lainnya. Seluruh dokumen yang diminta adalah yang asli, jadi jangan berikan kopian dokumen pada petugas.

Selain itu, persiapkan semua dokumen di dalam satu dompet agar mudah dalam melakukan check-in dan tidak tercecer. Satu hal yang harus diingat bahwa Anda bukanlah satu-satunya penumpang yang harus melalui proses check-in. Jadi, agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain dan memperlambat proses, sebaiknya terapkan hal ini.

Perhatikan Larangan Membawa Makanan

Setiap maskapai tentu memiliki peraturan yang berbeda terkait makanan dan minuman yang dibawa oleh penumpang. Maka dari itu, saat membeli tiket pesawat, perhatikan pula peraturan satu ini. Sebenarnya, membawa makanan ringan seperti biskuit dan wafer bukanlah masalah. Makanan yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat adalah yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, seperti nasi bungkus dan makanan berbau tajam

Tapi, Anda jangan terburu-buru membeli makanan dan minuman sebelum naik pesawat. Perhatikan dulu apakah tiket yang Anda beli sudah full service, artinya Anda akan diberikan makanan dan minuman di dalam pesawat. Kalau iya, berarti Anda cukup duduk di kursi yang sudah Anda pesan, nanti petugas di dalam kabin pesawat akan mengantarkan makanan dan minuman untuk Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda jadi lebih hemat, karena tidak perlu membeli makanan dan minuman lagi.

Perhatikan Security Check-In

Saat melintasi security check-in, Anda tak perlu kesal atau marah saat seluruh barang bawaan Anda diperiksa. Sebab, hal ini merupakan standar operasional di seluruh maskapai di dunia, tak hanya di Indonesia. Oleh karena itu, hindari menyimpan benda-benda yang mengandung magnet atau mengundang alarm berbunyi.

Selain itu, sebaiknya Anda membuka jam tangan, ikat pinggang, handphone, dan gadget lainnya, kemudian masukkan ke dalam tas kecil agar tidak berserakan atau tertinggal. Tidak sedikit kejadian barang tertinggal saat security check-in. Tentu hal ini akan sangat merugikan jika barang yang tertinggal adalah barang berharga seperti handphone.

Baca juga: Web Check-In Garuda Indonesia, Mudah dan Hemat Waktu!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Perhatikan Posisi Duduk

Setelah membeli tiket pesawat, biasanya semua orang akan berebut untuk dapat posisi duduk dekat jendela. Hal ini tak lain karena banyak orang yang ingin mengabadikan momen yang terlihat di jendela pesawat saat terbang, seperti awan, langit, dan sayap pesawat. Bisa dibilang, posisi tersebut adalah posisi terbaik yang ada di dalam pesawat.

Tapi, tak selamanya penumpang mendapatkan posisi duduk tersebut. Jadi, alangkah baiknya kita cari tahu lebih dulu apakah kursi dekat jendela masih tersedia atau tidak. Jika tidak, maka Anda harus rela duduk di posisi yang telah ditentukan, bahkan yang dekat dengan pintu darurat di mana penumpang yang duduk di posisi tersebut akan menjadi kunci saat pesawat terjadi masalah dan harus membantu seluruh kru pesawat dalam membuka pintu darurat tersebut.

Membeli tiket pesawat memang mudah, namun tetap perhatikan hal-hal di atas agar tidak merugikan Anda. Sudah cek tiket pesawat yang sudah Anda beli?

Comments are closed.