8 Tip Bebas Kuman Saat Traveling

Travel

Fakta: Kuman berada di mana-mana. Pas traveling, daripada bawa pulang kuman mending beli oleh-oleh yang banyak. Untuk urusan bebas kuman saat traveling,  Anda bisa atasi dengan cara-cara ini! 

Memastikan Anda bebas kuman saat traveling memang pekerjaan yang sulit. Sebab, bagaimana pun kuman berada di mana-mana dan dengan berbagai cara bisa menempel pada Anda. Namun, bila Anda setidaknya waspada dan tahu bagaimana cara menanganinya maka Anda bisa mudah terbebas kuman saat traveling. Lakukan beberapa trik di bawah ini agar Anda bisa lebih nyaman menikmati liburan Anda.

Skip the Pillows and Blankets

Siapa yang tak ingin beristirahat saja di dalam pesawat bila jarak tempuh yang diambil begitu panjang? Namun, saat Anda menggunakan low cost flight, saran kami sebaiknya bawa sendiri selimut dan bantal Anda. Meski setiap maskapai penerbangan memiliki regulasi tersendiri mengenai kebijakan kebersihan di dalam pesawatnya, namun Anda tidak bisa memastikan dari mana selimut dan bantal itu berasal. Bila Anda mempersiapkan sendiri, tentu Anda tak perlu khawatir akan kebersihannya.

Coba Minta Pindah Tempat Duduk

Saat musim flu menyerang, Anda pasti akan lebih waspada bila di sekitar Anda ternyata ada yang sedang sakit. Ancaman terbesarnya sebenarnya jika orang yang sedang kurang sehat tersebut berada di “hot zone” yaitu yang berjarak dua bangku dari depan, kanan, kiri, dan belakang. Bila memungkinkan, segeralah hubungi awak kabin untuk meminta pertukaran tempat duduk.

Biarkan Tubuh Tetap Terhidrasi

FYI, udara di dalam pesawat hanya memiliki 10-20 persen kelembapan. Itu informasi menurut Centers for Disease Control (CDC). Dengan begitu, bila Anda melakukan perjalanan panjang ke luar negeri pastinya akan membuat Anda bertahan lama di dalam pesawat. Efeknya, akan membuat kulit Anda kering dan lebih besar berpotensi terinfeksi kuman. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda tetap berusaha untuk menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi air mineral yang cukup selama perjalanan.

BACA JUGA: Liburan Sekolah Wah dengan Biaya Murah? Ini Tipnya

Selalu Jaga Kebersihan Selama di Hotel

Untuk bebas kuman saat traveling Anda juga harus menjaga diri saat di hotel. Pilihan hotel budget atau hotel mewah tempat yang Anda menginap, tidak berarti sudah bersih bebas kuman. Bisa saja seprai atau gelas yang disediakan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Tapi beberapa bakteri seperti E. coli dan enterococci terkadang membandel bertahan di remote TV, gagang telepon, atau pegangan pintu. Jadi, agar bebas kuman saat traveling sebaiknya gunakan tisu anti-bakteri untuk mengelap segala barang-barang tersebut sebelum Anda mengunakannya atau saat Anda ingin minum, bilas dulu gelas dengan air hangat agar kuman yang bersarang di dalamnya bisa hilang.

Gunakan Masker

Polusi udara dan kuman yang tersebar bebas mungkin saja membuat Anda sangat paranoid. Pilihan yang bijak bila saat berjalan-jalan Anda mengenakan masker berstandar medis untuk menghindari kuman-kuman dan polusi yang berada di sekitar Anda.

Bawa Selalu Hand Sanitizer

Tisu basah dan hand sanitizer adalah sahabat Anda yang akan sangat berguna di manapun dan kapan pun. Terlbih bila Anda sedang tak bisa menemukan air. Dengan mudah Anda bisa membersihkan tangan bila ingin makan atau tisu basah yang bisa digunakan untuk membersihkan anggota tubuh Anda yang kotor.

BACA JUGA: Dapat Tiket Murah? Jangan Senang Dulu Cek 3 Hal Ini

Jangan Menyebarkan Kuman

Bila sedang alergi debu atau flu, biasanya Anda akan bersin-bersin. Jika Anda ingin bersin, gunakan tisu dan pastikan ia tidak akan digunakan lagi. Nah, saat Anda tidak terburu menutupi bagian mulut saat bersin, maka gunakan lekukan pada siku ketimbang telapak tangan. Sebab, telapak tangan nantinya akan menyentuh bagian-bagian tubuh lainnya.

Asupan Vitamin

Menambah asupan vitamin untuk menjaga kondisi badan adalah salah satu cara untuk memproteksi tubuh. Cobalah konsumsi vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh, dan bila Anda sedang mengunjungi lokasi wisata dengan suhu cukup dingin, coba perbanyak asupan zinc.

BACA JUGA: Belanja Asuransi Online: Cepat Gak Pakai Ribet

Asuransi Perjalanan Online Resmi

Leave a Reply