Tip Mempersiapkan Obat Pribadi dan Kotak P3K Saat Traveling

Travel

Persiapan liburan tidak melulu soal tiket, akomodasi, dan barang bawaan. Jangan lupakan juga untuk mempersiapkan obat pribadi dan kotak P3K saat traveling untuk mengantisipasi kemungkinan risiko darurat di destinasi tujuan.

Tak bisa dipungkiri, kotak P3K dan obat-obatan sering kali terlupakan untuk dibawa saat liburan. Walaupun kita juga tak menginginkan risiko keadaan darurat itu terjadi. Tapi, alangkah baiknya jika mempersiapkan barang untuk liburan tidak melupakan perlengkapan medis kotak P3K dan obat-obatan. Apalagi jika destinasi liburan ke tempat yang jauh dari apotek atau klinik. Nah, berikut ini tip apa saja yang harus dibawah khusus untuk obat pribadi dan kotak P3K saat traveling.

Daftar Bawaan Isi Kotak P3K Saat Traveling yang Harus Dibawa

Tak perlu membawa semua barang dalam ukuran besar. Persiapkan barang-barang di bawah ini untuk masuk dalam kotak P3K saat traveling dalam ukuran yang dianjurkan.

  1. Obat merah penyembuh luka luar.
  2. Pembersih luka antiseptic.
  3. Plester penyembuh luka.
  4. Kapas atau kain kasa steril.
  5. Minyak angin atau kayu putih.
  6. Losion anti nyamuk.
  7. Cairan pembersih tangan atau tisu basah.
  8. Salep anti jamur.
  9. Salep anti memar.
  10. Tabir surya atau gel lidah buaya untuk mengobati kulit yang terbakar karena matahari.

Daftar Obat-obatan Pribadi yang Harus Dibawa Ketika Liburan

Tentu saja perihal kesehatan, masing-masing dari kita memiliki kondisi kesehatan berbeda. Apa saja obat-obatan pribadi yang harus dibawa saat liburan, ini di antaranya:

  1. Obat untuk meredakan nyeri dan penurun demam seperti paracetamol.
  2. Obat diare.
  3. Obat mabuk perjalanan.
  4. Obat untuk maag dan asam lambung.
  5. Obat masuk angin, pilek, dan flu.
  6. Obat tetes mata.
  7. Obat-obatan yang sudah mendapat resep dokter untuk kondisi kesehatan tertentu. Misalnya Anda punya penyakit asma dan harus selalu bawa inhaler, atau Anda yang punya diabetes jadi harus bawa insulin.
  8. Obat untuk tensi darah tinggi juga harus dibawa kalau Anda mempunyai hipertensi.
  9. Suplemen yang sudah dianjurkan oleh dokter.

Alasan Harus Membawa Obat Pribadi dan Kotak P3K Saat Traveling

Anda tak perlu membawa banyak suplai P3K dan obat-obatan seperti yang disebutkan di atas. Anda cukup bawa secukupnya, dengan porsi lebih sedikit dari masing-masing obat. Sesuaikan dengan durasi dan destinasi Anda berlibur.

Lain halnya jika dokter sudah meresepkan Anda obat-obatan tertentu seperti antibiotik, obat diabetes, obat hipertensi, tentunya harus membawa obat dalam jumlah yang telah ditetapkan dan diminum sampai habis. Bila Anda memiliki kebutuhan khusus dengan kondisi seperti eplilepsi dan penyakit jantung. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter berapa banyak obat yang harus dibawa dan apakah dosisnya perlu disesuaikan lagi. Tentunya, konsultasikan juga apakah perjalanan yang ingin Anda lakukan sudah mendapat izin dari dokter pribadi Anda.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Tip Mengemas Obat Pribadi dan Kotak P3K Saat Traveling

Bila memiliki kotak dengan ukuran tak terlalu besar dan bisa ditutup rapat, sebaiknya masukan semua obat-obatnya ke dalam kotak tersebut. Kemudian beri label pada tiap obat supaya tidak lupa mana obat pereda nyeri dan obat maag. Khusus obat resep dari dokter, bawa kemasan aslinya yang diberikan dari apoteker. Kalau bisa, sertakan juga salinan resep dari dokter, kemudian simpan di tas yang akan digunakan sehari-hari.

Penting untuk diingat, jika mau bepergian ke luar negeri lakukan pengecekan ke duta besar apakah obat-obat yang diminum dilarang di negara tersebut atau tidak. Selamat berlibur!

Comments are closed.