10 Destinasi Wisata di Indonesia yang Digilai Turis Asing

Travel

Turis asing datang ke Indonesia tujuan utamanya jelas, yaitu untuk berwisata. Nah, tak hanya Bali, inilah destinasi wisata lain yang diincar para wisatawan asing.

Indonesia sudah sejak lama terkenal sebagai negara yang memiliki daya tarik wisata yang besar, khususnya bagi turis asing. Hal ini tak lain karena banyak negara yang tidak memiliki destinasi wisata seperti yang ada di tanah air, seperti pantai, gunung, atau alam terbuka yang asri.

Tak heran jika turis asing berbondong-bondong untuk datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam nusantara. Mungkin sebagian besar turis luar hanya tahu Bali sebagai tempat wisata di Indonesia. Tapi, bukan berarti daerah lain tidak ramai dikunjungi oleh wisatawan asing.

Mana saja ya destinasi wisata yang diincar banyak wisatawan asing saat ke Indonesia? Yuk, kita simak bersama di bawah ini!

Destinasi Wisata Favorit Turis Asing di Indonesia

Pulau Menjangan

Siapa sih yang tak suka dengan rusa? Di Pulau Menjangan ini Anda bisa bercengkerama dengan rusa-rusa yang lucu di habitat aslinya. Selain menjadi tempat penangkaran rusa di ujung barat laut Bali, Pulau Menjangan menjadi surga dunia para penyelam dan penyuka snorkeling dengan pemandangan tingkat dunia.

Wajar jika Pulau Menjangan ini menjadi tujuan para penyelam dunia. Pasalnya ada sekitar 12 titik penyelaman yang indah dengan dinding karang yang memukau. Terlebih airnya yang jernih sebening kristal di lautan. Bila Anda menyelam di Pulau Menjangan, akan terasa seperti berada di akuarium raksasa yang memiliki koleksi lengkap ikan tropis yang memilki aneka warna yang indah dan menarik.

Begitu juga dengan salah satu kapal karam yang kini menjadi habitat biota laut. Kapal tersebut tenggelam sekitar abad 19 dekat peairan Pulau Menjangan yang diduga merupakan kapal yang mengangkut budak.

Pulau Gunung Api Banda

Tempat wisata Indonesia yang satu ini merupakan salah satu lokasi diving yang paling terkenal, karena Anda bisa sekaligus menikmati keindahan Gunung Api Banda.

Salah satu pesonanya seperti melihat miniatur Gunung Fujiyama di Jepang. Bedanya, Gunung Api Banda hanya memiliki ketinggian sekitar 666 meter dari permukaan laut. Pesona lainnya Anda bisa melihat arus lahar yang mengalir di pantai utara Gunung Api Banda. Pemandangan langka yang hanya bisa disaksikan di Pulau Banda.

Lembah Harau

Rasanya orang Indonesia saja masih banyak yang belum tahu bahkan mengunjungi Lembah Harau. Inilah wujud pedesaan khas Indonesia yang masih terawat hingga saat ini. Lembah Harau dikelilingi tebing kapur setinggi 100 meter yang memiliki sebuah air terjun alami di salah satu sudutnya.

Persawahan yang menghijau bukan hanya membuat suasana semakin syahdu, mengingatkan pada suasana kampung yang damai sebagai salah satu khas tempat wisata Indonesia yang asri nan permai. Lembah Harau sangat mudah diakses dari Bukittinggi. Sangat menarik karena Anda bisa menginap di homestay dengan gaya perumahan khas Sumatra, Minangkabau.

Taman Nasional Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kasawan Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu berada di ketinggian 1.639 mdpl. Di samping berbagai cerita mitosnya yang menarik, warna danau ini amat terkenal bisa berubah-ubah tergantung pada gas, suhu, dan mikroba yang terkadung di dalamnya.

Warna-warna yang pernah tampak seperti warna merah, biru, dan putih. Salah satu pesona yang sayang untuk dilewatkan adalah menikmati mentari pagi dari puncak gunung dengan latar belakang Danau Kelimutu.

Danau Toba

Inilah salah satu kaldera terbesar di dunia yang kini menjadi danau paling indah di Sumatra Utara. Tak heran jika Danau Toba sudah menjadi ikon bagi Pulau Sumatra. Danau Toba berada di ketinggian 1130 mdpl sehingga kawasan ini memang menjadi salah satu jalur sepeda yang sangat menantang.

Gunung Rinjani

Jika ingin menaklukkan gunung tertinggi di Indonesia, cobalah dahulu Rinjani. Iya, gunung tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki ketinggian sekitar 3726 mdpl.

Sejak film seputar pendakian gunung yang tayang di bioskop meledak, makin banyak anak muda yang menjajal ketahanan dan stamina tubuhnya dengan mendaki Rinjani, selain salah satunya gengsi. Gunung Rinjani temasuk daerah yang disakralkan bagi penduduk Suku Sasak Lombok dan warga sekitar Bali.

Gunung Bromo

Bagi yang belum terpanggil untuk ke Rinjani, bisa menjajal Gunung Bromo yang indah. Kawasan Bromo yang dikelilingi gunung lainnya menjadi salah satu pesona yang tak bisa dilewatkan. Salah satu festival budaya yang juga menjadi daya tarik turis asing adalah upacara adat Yadnya Kasada Bromo.

Upacara adat khas warga Suku Tengger ini merupakan salah satu ungkapan rasa syukur warga terhadap karunia yang telah diperolehnya. Kini, upacara ini malah menjadi salah satu festival tahunan yang menjadi pesta rakyat.

Raja Ampat

Hampir setiap orang di Indonesia pasti akan menjawab ingin mengunjungi Raja Ampat meskipun sekali seumur hidup. Inilah tempat wisata Indonesia yang paling dibanggakan. Raja Ampat memiliki terumbu karang terbaik di dunia dengan koleksi yang masih alami. Bahkan untuk menuju gugusan pulau dan taman laut pun pemerintah setempat memberikan pembatasan demi menjaga agar tetap lestari.

Tak mudah dan tak murah untuk bisa menuju Raja Ampat. Namun jangan khawatir karena dengan Rp4 juta pun Anda bisa liburan ke Raja Ampat.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Taman Nasional Tanjung Puting

Jika ingin melihat langsung kehidupan orangutan di habitat aslinya, inilah tempat yang tepat. Kawasan konservasi alam ini juga menjadi “Hutan Amazon”-nya Indonesia.

Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan habitat asli 200 jenis burung dan termasuk di dalamnya 20 jenis burung langka di dunia. Belum lagi ditambah dengan buaya muara dan labi-labi yang amat jarang bisa dilihat di habitat aslinya.

Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo juga bukan hanya menjadi surga bagi traveler, melainkan juga menjadi salah satu tempat terbaik bagi para fotografer untuk mengabadikan milky way tanpa polusi cahaya berlebihan seperti di Jakarta atau Surabaya.

Pulau Komodo adalah tujuh keajaiban dunia yang mulai dilirik oleh wisatawan asing sebagai salah satu destinasi wisata Jurassic Park yang masih ada. Film Jurassic Park yang menjadi film garapan Steven Spelberg merupakan salah satu karya monumental yang paling diingat sepanjang zaman sebagai film rekaan yang menghidupkan kembali satwa purba, dinosaurus.

Tak heran jika banyak turis asing yang menghabiskan waktu liburannya di Indonesia, kan? Mana dari daftar di atas yang pernah Anda sambangi?

Comments are closed.