Merayakan Ulang Tahun Jakarta, Ayo Wisata Gratis!

Travel

Merayakan ulang tahun Jakarta yang ke-492, ada berbagai tempat wisata di Ibu kota yang bisa Anda kunjungi secara gratis. Apa saja itu?

Jakarta kembali merayakan ulang tahunnya. Sebagai ibu kota negara Indonesia, tentu pemeritah DKI Jakarta akan merayakan ulang tahun yang sangat meriah. Tidak dipungkiri memang pemerintah DKI Jakarta selalu membuat perayaan ulang tahun yang meriah di setiap tahunnya. Pekan Raya Jakarta (PRJ) menjadi salah satu acara rutin yang setiap tahunnya selalu digelar dalam merayakan ulang tahun Jakarta. Pekan Raya Jakarta merupakan pameran tahunan terbesar di Indonesia yang pertama kali diadakan pada 1968.

Selain Pekan Raya Jakarta, ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan untuk merayakan ulang tahun Jakarta yang ke-492. Salah satunya adalah tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi secara gratis. Ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi tanpa membayar. Nah, jika Anda ingin berwisata yang murah meriah di tanggal tua seperti ini, berikut ini beberapa tempat wisata di ibu kota yang bisa didatangi secara gratis.

Tempat Wisata Gratis Merayakan Ulang Tahun Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol

Pada tanggal 21 Juni 2019 yang jatuh esok hari, Anda bisa berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol secara gratis. Hal ini sudah terkonfirmasi langsung oleh Department Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari yang mengatakan bahwa masyarakat akan digratiskan memasuki kawasan Ancol pada waktu 06.00 hingga 18.00 WIB.

Ada beberapa permainan yang bisa Anda kunjungi, seperti bermain sepuasnya di pantai-pantai pasir putih, berolahraga di taman fitnes, dan jika Anda memiliki kartu annual pass, unit-unit rekreasi Ancol seperti Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventures, Ocean Dream Samudra, maupun Sea World Ancol, bisa Anda kunjungi secara gratis.

Selain menikmati wahana, Anda juga bisa berwisata kuliner yang tersedia di berbagai tempat makan, seperti Bandar Djakarta, Sea Side Suki, Kafe Hoax, Restoran Rempah Penyet, Rumah Kayu, Simpang Raya, Telaga Sampireun, dan Gubug Mang Engking. Malam puncak perayaannya, Anda akan dihibur oleh Isyana Sarasvati dengan menyediakan dana tambahan sebesar Rp200.000 pada acara Magical Night. Acara itu merupakan seremoni peresmian wahana baru. Di sana penonton bisa mendengarkan lantunan musik dari Batavia Chamber Orchestra, menyaksikan Hi Tech Magic Show yang akan berkolaborasi dengan video mapping di Gerbang Baru Dunia Fantasi, serta dapat mencoba wahana-wahana Dufan jika memiliki tiket reguler Dufan.

Kawasan Kota Tua

Kota Tua memang menjadi salah satu tempat wisata legendaris yang masih banyak dinikmati oleh para pengunjung. Kota Tua menawarkan wisata sejarah yang cukup menarik. Bukan hanya sekadar jalan-jalan di kawasan ini, Anda juga bisa mengunjungi beberapa museum yang penuh dengan sejarah. Jika Anda bisa mengambil sudut foto yang bagus, tentu bangunan-bangunan bernilai artistik ini bisa menjadi background foto yang Instagramable.

Selain jalan-jalan, Anda juga bisa berwisata kuliner jajanan khas Jakarta, seperti kerak telor, es potong, nasi pecel, dan jajanan lainnya. Tidak sampai di situ, Kota Tua juga punya banyak pendagang yang menjual berbagai aksesori yang bisa Anda beli sepuas hati.

Lapangan Banteng

Salah satu taman atau tempat untuk berolahraga yang bisa Anda kunjungi secara gratis berikutnya adalah Lapangan Banteng. Belakangan ini Lapangan Banteng menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat. Selain lokasinya yang ditengah ibu kota, Lapangan Banteng yang sekarang semakin keren dan kekinian.

Ada banyak spot bagus untuk Anda berfoto-foto, seperti pada bagian amphitheater, serta ukiran kata-kata bersejarah yang dipasang di salah satu dinding. Selain foto-foto, Lapangan Banteng juga cocok dijadikan untuk tempat berolahraga serta bermain. Di tempat ini terdapat beberapa permainan anak yang membuat lokasi ini cukup ideal untuk menghabiskan sore bersama keluarga. Lapangan Banteng kian menarik karena di sini pengunjung bisa pula melihat air mancur menari yang berwarna-warni.

Jembatan Penyebrangan Orang

Jembatan penyebrangan orang di Jakarta belakangan ini menjadi sorotan masyarakat. Ada beberapa JPO yang didesain sangat luar biasa kerennya sehingga dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto. Salah satu JPO yang keren itu ada di JPO Gelora Bung Karno JPO GBK merupakan jembatan yang telah direvitalisasi sejak Oktober 2018 dan dibangun dengan konsep yang artistik serta “kekinian”. JPO Gelora Bung Karno terbentang sepanjang 66,5 meter dengan lebar sekitar 2,5 meter.

JPO Gelora Bung Karno memiliki atap transparan yang terbuat dari bahan dasar solid polycarbonate anti sinar UV yang membuat Anda bisa melihat ke arah langit secara langsung meski sedang berada di dalam jembatan. Jembatan ini kian menarik ketika malam hari, karena berhiaskan lampu warna-warni. Selain Anda berolahraga, Anda juga bisa menikmati indahnya JPO secara gratis.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid ikonik yang ada di Kota Jakarta. Bangunan masjid yang megah dan sarat akan nilai filosofis selalu ramai dikunjungi oleh masyarat. Selain untuk beribadah, banyak juga di antara masyarakat yang sengaja berkunjung karena ingin melihat kemegahannya. Seperti adanya satu menara yang menyiratkan keesaan Allah SWT, serta lima lantai bangunan menyiratkan tentang rukun Islam. Sejumlah tokoh penting dari berbagai negara, pernah pula mengunjungi Masjid Isqtiqlal, diantaranya seperti Barack Obama, Presiden Erdogan, serta Raja Salman. Jika datang ke Masjid Istiqlal, Anda bisa beribadah sekaligus berwisata religi.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Taman Menteng

Selain Lapangan Banteng, ada juga Taman Menteng yang tidak pernah sepi pengujung. Semenjak dibukanya taman ini hingga saat ini memang diperuntukan bagi masyarakat umum. Salah satu Ruang Terbuka Hijau favorit warga Jakarta menawarkan beragam fasilitas penunjang yang bisa Anda nikmati, mulai dari olahraga, sarana bermain anak, jogging track, air mancur, dan lainnya. Banyaknya pepohonan di Taman Menteng membuat lokasi ini terasa asri. Tempat ini kian menarik lantaran kebersihannya selalu terjaga.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi secara gratis di hari perayaan ulang tahun Jakarta yang ke-492. Nah, bagi Anda yang masih bingung ingin merayakan ulang tahun Jakarta di mana, tempat-tempat wisata di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Selamat berlibur!

Comments are closed.