Cara Mudah Apply Visa Italia, Yuk Ikuti!

Travel

Wah, berencana pergi ke Italia, nih? Atau sedang cari-cari destinasi untuk liburan berikutnya? Langsung saja cari tahu kemudahan apply visa Italia di artikel ini!

Impian dan rencana liburan Anda ke Italia tidak akan berjalan merepotkan, lho. Asal Anda cermat mencari tahu segala informasi dan mempersiapkannya dengan baik, dalam waktu dekat Anda pasti bisa langsung pergi.

Untuk bepergian ke luar negeri terlebih ke Italia, Anda tidak hanya butuh passpor. Namun, Anda juga butuh visa. Sebelum mengurus visa Italia, ada satu hal dulu yang harus dimengerti yaitu Italia adalah termasuk salah satu negara di dalam barisan negara Schengen.

Visa yang digunakan untuk berkunjung ke negara-negara di Asia pun berbeda dengan mayoritas negara-negara di Eropa. Negara-negara di Asia seperti Jepang dan Korea mengharuskan para wisatawan asing untuk memiliki visa pada masing-masing negaranya. Sedangkan, mayoritas negara Eropa hanya membutuhkan satu visa saja. Visa tersebut dikenal dengan nama visa Schengen.

Apa Sih Visa Schengen?

Visa Schengen adalah visa khusus yang dapat dimiliki orang untuk menjelajahi negara Uni Eropa. Tercatat, ada 26 negara (22 negara Uni Eropa dan 4 Non-Uni Eropa) yang bisa dijelajahi lebih praktis hanya dengan menggunakan visa ini.

Dengan kata lain, wisatawan tidak perlu repot-repot untuk membuat visa jika ingin pindah negara atau rumit di jalur imigrasi. Cukup dengan satu visa Schengen, wisatawan dapat bepergian ke 26 negara.

Visa Schengen merupakan hasil dari Perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, suatu kota di Luxemburg pada 1985. Salah satu isi dari perjanjian tersebut adalah menghapus pengawasan perbatasan di antara negara-negara Uni Eropa dan mencakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk jangka pendek.

Adapun negara yang dapat dikunjungi dengan menggunakan visa Schengen yaitu Belgia, Denmark, Jerman, Finlandia, Perancis, Yunani, Italia, Luxemburg, Austria, Portugal, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Islandia, Malta, Estonia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovenia, Slowakia, Ceko, Swiss, dan Liechtenstein.

Membuat visa Schengen tidaklah sulit, bahkan semudah membuat visa pada umumnya asal semua persyaratannya lengkap. Bagi Anda yang berkeinginan untuk membuat visa Schengen, berikut ini terdapat cara termudah untuk membuatnya!

Cara Membuat Visa Italia

Ingat ya, hal pertama yang Anda perlukan adalah menentukan itinerary perjalanan selama di Eropa. Soalnya, visa Italia ini dapat dibuat dengan mudah jika Anda sudah membuat itinerary perjalanan selama di Eropa. Sebab, Anda perlu mendatangi salah satu negara yang termasuk dalam area perjanjian Schengen untuk bisa mendapatkan visanya.

Cara membuat itinerary-nya pun tidaklah sulit, yaitu:

  1. Tujuan utama (terpenting) dalam perjalanan Anda selama di Eropa.
  2. Negara pertama yang akan Anda tuju di Eropa.
  3. Negara yang paling lama Anda kunjungi di Eropa tersebut adalah negara yang paling lama kamu kunjungi.

Anda cukup pilih salah satunya saja. Misal, jika Anda sudah tahu bahwa pendaratan pertama Anda di Eropa adalah Italia, maka Anda cukup mengurus visa Schengen ke Kedutaan Besar Italia yang ada di Indonesia. Setelah itu, sebutkan negara-negara lain yang akan Anda sambangi selama di Eropa.

Cara Mengurus Visa Italia:

Isi Formulir Visa

  1. Ketahui jenis visa yang akan Anda apply (saya visa turis), lalu download
  2. Print formulirnya dan isi sesuai dengan data pribadi dan data perjalanan Anda.
  3. Setelah formulir selesai diisi, saatnya untuk membuat janji temu sesuai dengan tanggal yang tersedia.
  4. Menunggu janji temu.

Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

  1. Passport dengan masa valid lebih dari 6 bulan sebelum masa berlaku habis.
  2. 2 lembar foto terbaru ukuran 3×4 cm.
  3. Surat referensi bank.
  4. Printout rekening koran 3 bulan terakhir.
  5. Itinerary / jadwal perjalanan dari hari pertama hingga terakhir.
  6. Tiket pesawat dan akomodasi. Jangan khawatir, yang diperlukan disini hanyalah bukti pemesanan bayangan saja, tidak perlu sampai melakukan pembelian. Ini yang sangat disarankan oleh agen.
  7. Surat keterangan kerja: Jika Anda karyawan/ti, bawalah surat keterangan dari kantor yang mencantumkan nama dan nomor passport Anda juga sekaligus menyatakan bahwa Anda akan kembali lagi ke Indonesia untuk melanjutkan pekerjaan. Jika Anda memiliki bisnis sendiri, bawalah dokumen-dokumen yang dapat memvalidasi bisnis Anda di Indonesia.
  8. Fotokopi kartu keluarga.
  9. Fotokopi KTP.
  10. Fotokopi akte kelahiran.

Janji Temu

  1. Jadwal janji temu yang sudah dilakukan secara online hanyalah untuk memberikan batasan pengunjung per harinya, artinya Anda masih harus antre untuk melakukan proses pengurusan visa. Jadi datang lebih cepat ya.
  2. Tas dapat dibawa masuk, jangan lupa matikan telepon genggam lalu duduklah dengan manis. Sambil menunggu nomor Anda dipanggil, ada beberapa tv yang memutar dokumentasi tentang kota-kota di Italia, jadi kalau nomor antrean Anda masih lama dipanggilnya bisa lho sedikit membayangkan nanti Anda akan mengunjungi destinasi yg terlihat di tv tersebut.

Menyerahkan Dokumen & Melakukan Pembayaran

  1. Setelah dipanggil, prosesnya cukup singkat. Agent akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen, jika semua lengkap maka akan langsung diterima. Jadi, pastikan semuanya lengkap ya!
  2. Ketika dokumen diterima, silahkan membayar biaya aplikasi visa.
  3. Setelah pembayaran diterima Anda akan diberikan struk yang juga berfungsi sebagai tanda terima.
  4. Lalu kembali menunggu panggilan untuk pengambilan sidik jari.
  5. Setelah itu kegiatan di VFS sudah selesai dan saatnya menunggu hasil apakah visa diterima apa tidak.

Pengambilan Visa

  1. Bila pengajuan diterima, Anda nantinya akan menerima e-mail kalau visa sudah disetujui! Dan siap diambil kapan saja mengikuti jam operasional.
  2. Untuk pengambilan, masih di tempat yang sama, yaitu di VFS Global. Kali ini Anda tidak perlu lagi membuat janji temu, cukup datang saja sambil membawa struk dan menunggu dipanggil.

Comments are closed.