Membuat Visa Rusia Sulit? Tidak Sama Sekali!

Travel

Orang yang ingin bepergian ke Rusia sering kali terkendala saat membuat visa Rusia. Padahal, cara membuatnya tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Dilihat dari segi geografisnya, Rusia merupakan negara terbesar di dunia. Tentu, di negara sebesar ini, ada banyak sekali hal yang ditawarkan oleh negeri beruang putih ini. Mulai dari kuliner, tempat wisata, hingga situs-situs menarik, semua tersedia. Tak heran jika negara satu ini sering kali dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan asing, tak terkecuali yang berasal dari Indonesia.

Bisa dibilang, cukup banyak orang Indonesia yang hobi traveling ke berbagai negara dan nyatanya Rusia cukup banyak diminati oleh wisatawan asal tanah air. Banyak hal yang menjadi faktor pendukung mengapa wisatawan Indonesia memiliki minat yang besar pada Rusia.

Pertama, waktu yang ditempuh dengan menggunakan pesawat dari Indonesia ke Rusia, khususnya Jakarta menuju Moskow cukup singkat, yakni sekitar empat jam saja. Lalu, nilai tukar Rupiah dengan Rubel sangatlah bersahabat, 1 rubel kurang lebih setara dengan Rp250 saja. Tentu Anda tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk ditukarkan menjadi Rubel saat melancong ke Rusia.

Namun, di balik dua faktor di atas, nyatanya ada satu hal yang membuat orang mengurungkan niatnya untuk pergi ke Rusia. Hal ini tak lain karena mengurus visa Rusia dianggap sulit. Padahal, sejatinya membuat visa Rusia tidaklah jauh berbeda dengan membuat visa negara-negara Eropa lainnya. Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa tersebut? Mari kita telaah secara rinci di bawah ini!

Baca juga: Kiat Liburan Hemat Backpacking ke Luar Negeri

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Membuat Visa Rusia

Paspor

Pastikan setidaknya masih ada dua halaman yang kosong dalam paspor Anda untuk menempatkan visa Rusia dan tanggal kedaluwarsa paspor minimal enam bulan setelah visa berakhir.

Pas Foto Berwarna Ukuran 3 x 4 cm

Pas foto harus memperlihatkan wajah Anda secara jelas dan tajam dengan latar belakang berwarna putih. Selain itu, pemohon tidak boleh mengenakan aksesori kepala ataupun kacamata hitam.

Adakah persyaratan khusus dalam pas foto yang hendak dipakai untuk mengajukan visa Rusia? Tentu tidak ada. Beberapa negara memiliki pedoman yang saklek terkait dimensi dan bahkan ketentuan untuk wajah (misalnya jarak kepala, telinga, dan dagu ke tepi foto harus mencapai sekian pixel atau milieter). Pas foto yang dibutuhkan untuk membuat visa Rusia sesederhana pas foto yang umum dibuat namun dengan latar belakang putih saja.

Voucher yang Dikeluarkan oleh Agen Wisata Tersertifikasi

Di sinilah bagian yang kerap membuat bingung kebanyakan calon wisatawan tanah air yang ingin pergi ke Rusia. Kebanyakan orang mungkin merasa ini adalah bagian yang paling merepotkan. Bisa jadi, karena ketidaktahuan akan informasi inilah yang membuat sulitnya mendapatkan visa Rusia. Padahal, semua ada triknya.

Ingat, Anda tidak bisa hanya mengajukan bukti pemesanan hotel saat hendak mengajukan permohonan visa. Visa Anda pasti ditolak. Hal yang paling dibutuhkan adalah surat undangan atau voucher yang biasa disebut sebagai dokumen pendukung visa.

Voucher ini sangat penting, karena Anda harus memasukkan nomor referensi dan nomor konfirmasi voucher saat mengisi formulir aplikasi online. Kami merekomendasikan Anda menggunakan situs-situs yang menawarkan jasa pembuatan voucher yang dapat Anda temukan secara online.

Bukti Pemesanan Penginapan

Selama di Rusia, Anda bisa tinggal di hotel atau hostel. Anda perlu melampirkan di mana Anda akan tinggal selama di sana. Tak seperti tiket pesawat, Anda tak harus melampirkan dokumen yang menyatakan bahwa Anda sudah membayar sebuah kamar di hotel atau hostel tertentu. Cukup lampirkan bukti pemesanannya saja. Apalagi, Anda memang harus memasukkan rincian di mana saja Anda akan menginap saat hendak mengajukan permohonan voucher.

Jika setelah sampai di Rusia Anda berubah pikiran dan hendak berganti hotel, hal tersebut tidaklah masalah. Anda bisa berganti hotel apa pun. Hanya karena pada voucher Anda tercatat bahwa Anda berencana tinggal di hotel tertentu, bukan berarti Anda tak boleh berganti hotel saat sudah berada di Rusia.

Tiket Pesawat

Anda perlu melampirkan bukti pembelian tiket pesawat. Jika Anda hendak pergi ke kota lain selain Moskow dengan menggunakan pesawat atau kereta api, lampirkan pula seluruh tiket yang telah Anda beli.

Baca juga: Ini Syarat Visa Kanada yang Harus Anda Persiapkan!

Cara Membuat Visa Rusia

Jika sebagian orang merasa membuat visa satu ini tidaklah mudah, hal ini mungkin terjadi karena orang tersebut kurang mengetahui informasinya secara rinci. Padahal, caranya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Mari kita lihat satu per satu berikut ini!

Mendapatkan Visa Support Letter untuk Visa Rusia

Visa Support Letter adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi tertentu, antara lain institusi yang mengundang Anda ke Rusia untuk keperluan bisnis atau seminar, perorangan jika Anda mengunjungi kerabat di Rusia, dan hotel atau agen perjalanan jika tujuan Anda untuk berwisata.

Untuk mendapatkannya, Anda harus memiliki tiket penerbangan pulang-pergi terlebih dahulu. Hal ini dibutuhkan karena Kedutaan Besar akan mengeluarkan visa sesuai dengan durasi kunjungan Anda ke Rusia (maksimal 30 hari).

Selain itu, Anda juga harus memesan penginapan Anda dan menunjukkan bukti pembayaran yang telah dilunasi (fully paid); jadi bukan sekadar bukti booking hotel. Anda juga harus segera meminta Invoice Full Payment setelah melakukan pembayaran ke hotel untuk mendukung proses membuat visa Rusia.

Jika tiket dan invoice penginapan sudah dilengkapi, Anda harus membuat itinerary perjalanan selama di Rusia sebagai dokumen pendukung proses membuat visa.

Untuk mendapatkan Visa Support Letter, Anda bisa memintanya ke hotel yang menjadi tempat Anda menginap atau melalui agen tertentu. Jika Anda memutuskan untuk meminta Visa Support Letter melalui hotel, selain meminta Invoice Full Payment, Anda juga bisa meminta mereka untuk mengirimkan surat yang berisi permintaan dokumen pendukung visa. Sudah menjadi praktik umum bahwa biaya yang dikenakan untuk menginap sudah termasuk dengan biaya untuk mendapatkan dokumen pendukung visa ini.

Mengisi Aplikasi Visa

Setelah mendapatkan dokumen penunjang visa, akomodasi dan transportasi, Anda tinggal melanjutkan proses pengajuan permohonan visa secara online. Data yang ditanyakan di sini relatif sama dengan situs online pengajuan visa negara lain. Total halaman yang diisi juga tidak banyak, hanya dua halaman. Tapi ada salah satu bagian pertanyaan yang harus diisi terkait Visa Support Letter, mulai dari nama, alamat dan nomor registrasi pihak yang menerbitkan Visa Support Letter. Setelah semua dilengkapi, Anda bisa mencetaknya dan membawa hasilnya bersama dokumen lain untuk diajukan ke Kedutaan Rusia di Jakarta.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Pengajuan Aplikasi Visa di Kedutaan Rusia

Dengan membawa semua dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa Rusia, Anda bisa mengambil antrean dan menuju bagian konsuler untuk mendapatkan pelayanan. Anda akan mendapatkan pertanyaan mengenai fasilitas pelayanan visa yang ingin didapatkan, apakah standar atau ekspres.

Pilihan Anda akan menentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapatkan visa, sekaligus durasi pengurusan visa. Layanan ekspres akan selesai dalam satu sampai tiga hari (tidak termasuk hari Sabtu dan Minggu), sementara layanan standar selesai dalam tempo empat hingga dua puluh hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu dan Minggu).

Bagaimana, setelah membaca penjelasan di atas, tentu Anda tidak lagi berpikir bahwa membuat visa Rusia sulit, bukan? Sekarang, siapkan diri Anda untuk melancong ke Rusia!

Comments are closed.