Mudah! Begini Cara Membuat Visa Selandia Baru

Travel

Berencana liburan ke Selandia Baru? Begini cara membuat visa Selandia Baru yang mudah dan anti ribet.

Selandia Baru adalah negara yang pas untuk Anda yang berencana liburan bersama keluarga. Sebab, di sana terdapat berbagai wisata yang bisa dikunjungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, seperti rumah Hobbit yang menarik untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk anak-anak atau ingin wisata ekstream, Anda bisa kunjungi Bungee Jumping yang ada dihampir semua sudut kota.

Namun, untuk bisa berlibur ke sana, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah visa Selandia Baru. Visa negara ini tergolong mudah didapatkan. Cara membuat visa Selandia Baru juga tidak sulit dan tidak mengharuskan Anda untuk sering-sering bertatap muka dengan pihak pewawancara. Selain itu sudah ada system online yang memudahkan Anda memantau status pembuatan visa.

Baca Juga: Cara Kerja di Australia dan Pilihan Visanya

Kelengkapan Dokumen Visa Selandia Baru

Seperti halnya pembuatan visa ke berbagai negara lain, Anda juga dituntut mengumpulkan sejumlah dokumen untuk menerbitkan visa Selandia Baru. Kelengkapan dokumen ini dipenuhi ketika Anda sudah mengisi forum aplikasi, yang bisa diunduh di laman website imigrasi Selandia Baru. Setelah itu lengkapi dokumen seperti dibawah ini:

membuat visa selandia baru

  • Paspor yang masih berlaku minimal hingga enam bulan ke depan
  • Dua lembar foto berwarna ukuran 3,5×4,5cm terbaru dengan background terang (bukan putih). Ketentuan foto bisa Anda lihat dilaman resmi imigrasi Selandia Baru.
  • Rekening koran tiga bulan terakhir dengan saldo minimal 1,000 NZD (sekitar Rp 10 Juta)
  • Surat referensi kerja yang menyatakan izin cuti sudah di-ACC, atau membawa Surat Izin Usaha atau bukti kepemilikan perusahaan (bagi yang memiliki perusahaan sendiri) atau kartu pelajar
  • Jadwal penerbangan yang dipilih yakni berupa bukti pemesanan tiket pesawat pulang-pergi. Namun pihak kedutaan tidak menyarankan untuk membeli dulu tiket pesawat sebelum vis benar-benar diterbitkan.
  • Bukti pemesanan akomodasi selama berada di Selandia Baru (seperti hotel dan tiket bus atau kereta api).
  • Itinerary perjalanan wisata selama berada di Selandia Baru atau lokasi yang akan dikunjungi selama disana dan untuk tujuan apa.
  • Surat persetujuan dan fotokopi KTP dari orang tua untuk anak di bawah 17 tahun, jika bepergian tanpa orang tua.

Baca Juga: Jenis-jenis Visa Berserta Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Cara Membuat

Cara membuat Visa ke negara Selandia Baru tergolong mudah dan dapat dilakukan secara offline maupun online. Sementara, dalam laman website kedutaan Selandia Baru tertera ada tiga jenis cara membuat visa yang bisa kita pilih, berikut ulasannya:

Melalui Counter Langsung

Selandia Baru menempatkan kantor perwakilan disetiap negara yang bekerja sama dengan mereka, termasuk di Indonesia. Nah Anda bisa mendatangi langsung kantor tersebut untuk mengajukan permohonan. Kantor permohonan  mulai bukan pukul 08:00-16:00 (Senin – Jumat).

Berikut adalah alamat kantor permohonan visa ke Selandia Baru di Indonesia:

  • Jakarta: Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19, Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940.
  • Bali: Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A, Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali 80361.

Melalui Pos

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk datang langsung ke kantor pembuatan visa. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pembuatan visa melalui pos. Bahkan mereka menyediakan layanan kurir menjemput dokumen ke rumah. Anda hanya perlu mengunduh formulir pendaftarannya dilaman website mereka, kemudian mengiisinya dan lengkapi dokumen lalu pilih kurir. Biasanya surat balasan akan dikirim melalui email.

Online

Tak ingin berurusan Panjang Andapun bisa  memilih cara membuat visa secara online di laman website imigrasi Selandia Baru. Anda hany perlu mengisi form didalamnya dan memasukkan dokumen secara online. Perlu diingat biasanya tidak ada keterangan permintaan bukti paspor, namun ada pula sebagian yang dimintai copy paspor. Sertakan bukti paspor jika diminta agar segala hal berjalan lebih mudah.

Baca juga: Cara Mudah Apply Visa Italia, Yuk Ikuti!

Langkah-langkah dan Cara Membuat

Kita sudah membahas mengenai jenis-jenis pembuatan visa ke Selandia Baru. Kini kita akan membahas bagaimana langkah-langkah dari setiap jenis pembuatan visa yang Anda pilih. Berikut ulasannya:

mengajuka visa selandia baru

Langkah dan cara membuat visa di konter dan pos

  1. Lengkapi formulir permohonanvisa dan daftar persyaratan. Anda dapat mengunduh formulir aplikasi tersebut di laman website imigrasi Selandia Baru
  2. Semua pemohon : melampirkan fotokopi paspor Anda (halaman bio dan semua halaman dengan label visa / masuk & keluar negara lain) dan dokumen pendukung yang lain
  3. Biaya Visa, Biaya Layanan per permohonan. Biaya visa dapat dibayar bersama-sama atau secara terpisah sesuai persyaratan pemohon. Pusat Aplikasi akan menerima semua pembayaran dalam Rupiah Indonesia (IDR).

Untuk biaya Visa, silakan lihat Biaya Visa untuk informasi lebih lanjut.

  • Pengajuan Permohonan IDR 267,500 per permohonan
  • Layanan Kurir

Zona 1-Sumatra, Jawa Bali IDR50,000 per permohonan

Zona 2-Kalimantan, Sulawesi IDR100,000 per permohonan

Zona 3-Irian Jaya, Ambon, Nusa Tenggara

IDR150,000 per permohonan

Cara Pembayaran Pembuatan

Untuk Perorangan

  • Tunai
  • Kartu Kredit (kami beritahukan bahwa pembayaran kartu kredit jarak jauh tidak tersedia di Pusat Permohonan Visa ke Selandia Baru di Indonesia).
  • Kartu Debit
  • Transfer Bank

Nama Bank: Standard Chartered Bank, Sudirman, Jakarta

Nomor Rekening: 306-0897993-4

Nama: PT. VFS Services Indonesia

Kode Bank: 050

Swift Code: SCBLIDJX (hanya diperlukan untuk transfer dari luar negeri)Untuk

Pengajuan Aplikasi Dalam Jumlah Banyak

mengenai visa selandia baru

  • BNI Virtual Account

Layanan ini bertujuan untuk memudahkan pembayaran dalam pengajuan permohonan aplikasi visa dalam jumlah banyak. Untuk mendapatkan nomor Virtual Account, pemohon visa diminta untuk mengirimkan email ke layanan bantuan di info.nzid@vfsglobal.com dengan menyertakan daftar nama, jumlah aplikasi visa beserta jenis kategori aplikasi visa. Pemohon visa akan diarahkan lebih lanjut untuk langkah berikutnya.

Sertakan informasi di bawah ini bersama dengan permohonanAnda:

  • Tanggal Pengiriman Uang
  • Nama Bank
  • Nama Pengirim Uang
  • Jumlah yang dikirim
  • Juga kirimkan email untuk informasi di bawah ini ke – nzid@vfshelpline.com
  • Foto copy tanda terima pengiriman
  • Foto copy bukti pengiriman uang
  • Rincian pemohon

Setelah selesai mengajukan permohonan, pemohon  wajib mengirimkan fotokopi paspor Anda (halaman bio dan semua halaman dengan label visa / masuk & keluar dari negara lain) bersama dengan paspor asli melalui layanan kurir.

Pengajuan Aplikasi Online

Sebenarnya langkah dan cara pembuatan visa ke Selandia Baru secara online sama dengan kurir dan pos, yang membedakan hanyalah perkembangan pembuatannya bisa Anda lacak melalui laman websitenya. Silahkan pilih cara pembuatan yang paling nyaman menurut Anda.

Comments are closed.