Berbagai Jenis Visa Spanyol dan Cara Membuatnya

Travel

Spanyol merupakan salah satu negara yang banyak dikunjungi wisatawan. Jika Anda tertarik, Anda perlu membuat visa Spanyol terlebih dulu.

Banyak sekali negara yang ingin dituju khususnya di bagian Eropa. Salah satu negara yang paling banyak dituju oleh wisatawan tanah air tak lain adalah Spanyol. Spanyol merupakan negara di Eropa yang terkenal akan budaya serta olahraganya. Mungkin Anda sudah tak asing dengan budaya matador. Nah, budaya satu ini merupakan budaya asli Spanyol yang masih dipertahankan hingga saat ini. Bahkan, pada momen-momen tertentu, matador akan dihadirkan sebagai bagian dari budaya negara tersebut.

Lain halnya jika Anda penggemar olahraga. Bisa dibilang, Spanyol memiliki beragam atlet dan klub dari berbagai cabang olahraga, sebut saja sepakbola, futsal, basket, dan Moto GP. Bagi penggemar sepakbola, nama klub raksasa Real Madrid dan Barcelona tentu tidak lagi asing di telinga Anda. Ya, dua klub terbesar di dunia saat ini bermarkas di Spanyol. Dari Moto GP, nama besar seperti Marc Marquez dan Jorge Lorenzo adalah segelintir dari banyaknya pembalap motor berkualitas di negara ini.

Nah, hal tersebut merupakan sedikit alasan bagi setiap orang ingin mengunjungi Spanyol. Tapi, sama halnya jika kita ingin mengunjungi negara lain di Eropa, kita membutuhkan visa untuk bisa masuk dan tinggal dalam waktu yang telah ditentukan di negara tersebut. Visa Spanyol merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin menyambangi Spanyol.

Baca juga: Ini Syarat Visa Kanada yang Harus Anda Persiapkan!

Sejatinya, visa Spanyol dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Mari kita ulas satu per satu di bawah ini!

Jenis Visa Spanyol

Visa Turis

Jika Anda ingin mengunjungi Spanyol sebagai turis, maka visa ini akan menjadi visa yang cocok untuk Anda. Visa ini adalah visa umum yang biasanya dibuat orang jika mereka ingin melakukan perjalanan ke negara lain. Semua orang bisa membuat visa ini asal mereka memenuhi semua persyaratan. Mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang tua dapat membuat Visa Spanyol.

Visa Bisnis

Visa ini diperlukan ketika Anda selalu bepergian ke Spanyol untuk keperluan bisnis, maka visa bisnis adalah visa yang sempurna untuk Anda. Dengan visa ini, Anda akan pergi ke negara satu ini dengan mudah. Untuk membuatnya, Anda juga bisa menambahkan surat undangan (jika Anda memilikinya) dari Spanyol untuk mempercepat prosesnya. Surat undangan bisa dari perusahaan mitra bisnis Anda atau bahkan dari seminar yang perlu Anda hadiri.

Visa Kerja

Lain visa bisnis, lain pula visa kerja. Jika visa bisnis digunakan agar Anda dapat masuk ke Spanyol dalam hitungan hari atau minggu, Visa kerja bisa membuat Anda tinggal lebih lama di negara tersebut.

Visa ini khusus dibuat untuk Anda yang bekerja di Spanyol. Berbeda dengan visa lainnya, yang satu ini memiliki tiga tipe berbeda yang bisa Anda pilih, yang pertama non-permanen, semi permanen, dan permanen. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Traveling ke Negara Bebas Visa Untuk WNI

Jika Anda bekerja di Spanyol untuk waktu yang lama misal 10 tahun atau lebih maka Anda memiliki kemungkinan untuk mengubah visa kerja Anda menjadi penduduk tetap. Jadi, Anda bisa tinggal di Spanyol selama yang Anda mau tanpa harus mengurus perpanjangan visa lagi.

Visa Izin Studi

Visa yang satu ini digunakan jika Anda ingin melanjutkan studi di Spanyol. Banyak orang mengatakan bahwa lebih mudah untuk mendapatkan visa izin studi, karena Anda sudah memiliki bukti kuat untuk membuat Anda pergi ke Spanyol dan bukti tersebut adalah surat penerimaan dari sekolah atau universitas di Spanyol. Keabsahan visa ini bermacam-macam, itu semua tergantung dari berapa lama studi Anda akan berakhir, bisa jadi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Visa Schengen

Bagi Anda yang hobi traveling, sebenarnya visa ini benar-benar merupakan visa terbaik yang harus Anda buat. Dengan visa ini Anda bisa mengunjungi semua negara Schengen dan juga negara lain yang tidak terdaftar sebagai anggota Schengen. Jadi, dengan visa ini Anda bisa mengunjungi semua negara di Eropa dalam satu periode waktu.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara Membuat Visa Spanyol

Jika ingin memiliki visa Spanyol, tentu Anda harus membuatnya terlebih dulu. Sekarang ini, sangat banyak biro yang menawarkan jasa pembuatan visa. Tapi, jika Anda ingin membuatnya sendiri, tidak masalah. Proses dan cara membuatnya pun tidaklah sulit. Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan dan lengkapi antara lain:

  1. Paspor yang masa berlaku lebih dari enam bulan dari tanggal kedatangan dan paspor lama.
  2. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3.5 X 4.5 = 2 lembar, dengan latar belakang putih, komposisi tampak muka 70-80 persen. Posisi tidak boleh miring dan hasil cetakan di atas kertas cetak foto, bermutu cetak baik dan jelas penampilannya.
  3. Surat sponsor berbahasa Inggris di atas kop surat perusahaan di mana yang bersangkutan bekerja. Jika ada orang lain atau anggota keluarga yang ikut bepergian maka dicantumkan nama dan status orang tersebut.
  4. Jika jabatan General Manager, Direktur, Presiden Direktur, atau Komisaris harus disertakan fotokopi NPWP dan SIUP.
  5. Jika memiliki bisnis sendiri dan tidak ada kop surat perusahaan maka surat diketik diatas kertas putih polos dengan di cap toko dan sertakan fotokopi NPWP dan SIUP.
  6. Jika disponsori oleh anak maka lampirkan fotokopi akte kelahiran anak yang dapat membuktikan hubungannya.
  7. Jika disponsori oleh menantu maka lampirkan fotokopi akte nikah anak dan akte kelahiran anak yang dapat membuktikan hubungannya.
  8. Jika status pensiun maka surat diketik di atas kertas putih polos dan ditanda tangani sendiri.
  9. Bukti keuangan tiga bulan terakhir berupa fotokopi rekening koran atau buku tabungan (dari halaman depan yang tercantum nama dan nomor rekening sampai dengan halaman terakhir transaksi) minimal Rp50 juta/orang.
  10. Fotokopi Kartu keluarga dan KTP.
  11. Jika nama yang tertera dipaspor beda maka lampirkan fotokopi surat ganti nama.
  12. Jika istri ikut bepergian, lampirkan fotokopi Akte Nikah dan KK.
  13. Jika anak ikut bepergian dan masih sekolah, maka lampirkan: Fotokopi kartu pelajar dan fotokopi akte kelahiran.
  14. Print out reservasi tiket.
  15. Konfirmasi hotel selama perjalanan di Eropa.
  16. Asuransi perjalanan yang berlaku selama masa tinggal di Eropa dan Uang Pertanggungan USD50.000 atau EURO 30.000. (Asli)
  17. Formulir yang telah diisi lengkap dan ditanda tangani oleh pemohon. Untuk anak yang belum mempunyai KTP, formulir ditanda tangani oleh kedua orangtuanya.

Catatan:

  1. Lamanya proses visa dihitung setelah semua persyaratan dokumen diterima lengkap.
  2. Untuk visa bisnis harus ada undangan di atas kop surat perusahaan dari Spanyol.
  3. Tidak ada pengembalian biaya visa apabila ada pembatalan dari pihak pemohon atau visa ditolak kedutaan.
  4. Keberhasilan mendapatkan visa merupakan kewenangan dari pihak kedutaan sepenuhnya.
  5. Harga visa dan persyaratan dokumen dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dari kedutaan.

Anda cukup mengunjungi Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia yang berada di Jl. H. Agus Salim No. 6, Menteng sambil membawa semua berkas dan hal yang diperlukan terkait pembuatan Visa Spanyol.

Bagaimana, tertarik untuk membuat visa Spanyol dan mengunjungi negara tersebut untuk berbagai keperluan yang Anda inginkan, mulai dari liburan hingga bekerja?

Comments are closed.