Tak Sulit Apalagi Rumit, Ini Dia Cara Mengurus Visa Taiwan!

Travel

Berencana pergi ke Taiwan, tentu hal pertama yang harus dikantongi adalah visa Taiwan. Sudah tahu cara mengurusnya?

Jika Anda mendengar tentang pengurusan visa, memang kebanyakan orang akan langsung mengernyitkan dahinya. Mengapa demikian? Sebab biasanya setiap negara memiliki penrsyaratannya tersendiri bagi warga negara lain untuk bisa memiliki visa negaranya. Bisa dibilang pengurusan sebuah visa itu cukup rumit dan memakan waktu dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Sama halnya dengan membuat visa Taiwan, Anda mungkin juga akan diberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi di awal. Beberapa visa mengharuskan Anda untuk memiliki sejumlah saldo di tabungan yang mungkin jumlahnya lumayan besar. Namun, bagaimana dengan visa Taiwan ini?  Berikut penjelasannya untuk Anda.

Mengurus Visa Taiwan Bagi Pemegang Visa Khusus 

membuat visa taiwan

Seperti halnya mengurus visa ke negara-negara lain, ada beragam dokumen yang harus Anda siapkan, dan ini hukumnya wajib dipenuhi supaya rencana Anda liburan ke Taiwan berjalan sesuai harapan.

Sebenarnya cara mengurus visa ke Taiwan juga tidak bisa dikatakan rumit. Jalur paling mudah mendapatkan visa ke Taiwan adalah apabila yang mengajukan visa sedang memegang visa negara khusus yaitu visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris (UK), Australia, Selandia Baru, Jepang atau Schengen yang masih berlaku. Jika persyaratan ini sudah di tangan, Anda bisa mengajukan visa Taiwan secara online dan gratis.

Baca juga: Aturan Membawa Cairan Ke Bagasi Pesawat

Kebijakan yang berlaku sejak 1 Januari 2016 ini menyatakan bahwa warga Indonesia yang memiliki visa yang masih berlaku, atau memiliki izin tinggal yang dikeluarkan Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, salah satu negara Schengen, atau Selandia Baru dan Australia, bisa mendapatkan visa ke Taiwan multiple entry dengan durasi 30 hari.

Kunjungi situs imigrasi pemerintah Taiwan dan isi data yang diperlukan, unduh form yang sudah terisi dan cetak dokumen untuk mendapatkan Travel Authorization Certificate (TAC). Dokumen ini bersama dengan visa yang masih valid dari salah satu negara di atas harus ditunjukkan kepada petugas imigrasi saat mendarat di Taiwan. Hal penting lain yang harus Anda siapkan adalah bukti tiket pulang kembali ke Indonesia, karena jika tidak tersedia, petugas imigrasi tidak akan mengizinkan Anda untuk masuk ke Taiwan.

Tata Cara Mengurus Visa ke Taiwan

Untungnya, bagi Anda yang tidak memiliki visa atau izin tinggal dari negara-negara di atas, mendapatkan visa ke Taiwan tidak terlalu rumit. Ikuti saja lima langkah berikut untuk mengurus visa ke Taiwan, diantaranya:

Persiapkan Dokumen

Seperti halnya mengurus visa ke sejumlah negara di luar Asia Tenggara, persiapan dokumen menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini pun juga berlaku untuk mengurus visa ke Taiwan. Dokumen yang disiapkan juga tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, antara lain:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan (untuk single entry) dan 12 bulan (untuk multiple entry)
  • Fotokopi paspor, dengan mem-fotokopi halaman depan yang memuat identitas
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Dua lembar pas foto enam bulan terakhir ukuran 4×4 dengan background warna putih
  • Surat keterangan kerja dari kantor, atau surat keterangan dari sekolah atau kampus untuk pelajar dan mahasiswa
  • Menyiapkan biaya visa single entry650,000 IDR atau multiple entry 1,300,000 IDR

Gabungkan semua persyaratan tersebut dalam satu map atau amplop, sehingga bisa dengan mudah dalam hal pengecekan.

Pengisian Formulir Online

mengajukan visa taiwan

Setelah menyiapkan dokumen-dokumennya, Anda bisa mengunjungi situsnya untuk mulai mengajukan permohonan visa ke Taiwan. Di situs tersebut, terdapat halaman pengisian formulir aplikasi visa untuk jenis visa yang Anda ajukan.

Jika Anda berencana berwisata ke Taiwan, maka jenis visa yang dipilih adalah General Visa Application. Untuk tipe visa ini, Anda harus mengisi formulir sepanjang empat halaman mengenai biodata hingga informasi lain. Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang harus Anda jawab:

  • Which Category of Visa Are You Applying For?

Secara garis besar akan ada pertanyaan standar mengenai alasan serta lokasi Anda mengajukan visa. Anda juga perlu menyediakan informasi seperti kewarganegaraan dan nomor identitas. Jika berdomisili di wilayah Indonesia, pilih Taipei Economic and Trade Office in Indonesia sebagai lokasi aplikasi visa ke negara Taiwan Anda. Setelahnya pilih jenis visa sesuai keperluan Anda bepergian ke Taiwan dan jumlah masuk ke Taiwan yang Anda inginkan. Kalau berencana untuk pergi berlibur satu kali ke Taiwan dan jangka berlibur kurang dari 30 hari, pilih Single Entry. Namun untuk Anda yang ingin pergi ke Taiwan beberapa kali, silakan pilih Multiple Entry.

  • Applicant’s Details

Di bagian ini, Anda harus mengisi semua pertanyaan mengenai informasi pribadi Anda. Di antaranya seperti nama lengkap dan nama panggilan, nomor identitas, tempat dan tanggal lahir, nama ayah dan ibu, pekerjaan, alamat tempat tinggal dan kantor, nomor kontak yang bisa dihubungi, serta alamat surat menyurat elektronik.

  • Applicant’s Passport

Sama seperti aplikasi visa lainnya, Anda harus melengkapi data sesuai dengan data pribadi yang tertera di paspor Anda di bagian ini. Pastikan semua data diisi dengan tepat dan benar, ya!

  • Journey to Taiwan

Setelah mengisi bagian informasi paspor, akan ada empat kolom yang harus Anda isi mengenai tujuan dari rencana perjalanan Anda ke Taiwan. Di sini Anda harus menyediakan informasi rencana datang, perjalanan selama di Taiwan hingga jadwal kepulangan Anda kembali ke Indonesia.

  • Details of Your Contact in Taiwan

Jika Anda memiliki keluarga, teman atau kantor yang akan menyambut Anda di Taiwan, Anda harus memberikan informasi kontak mereka di sini.

  • If You Are an R.O.C Citizen’s Spouse, Please Answer The Following

Bagian ini hanya perlu dilengkapi apabila yang mengajukan visa memiliki istri atau suami dengan kewarganegaraan Taiwan.

  • Please Answer The Following Questions Truthfully

Ada delapan poin pertanyaan yang bisa Anda jawab dengan memilih opsi ‘Ya’ dan ‘Tidak’. Kejujuran Anda akan diuji di sini!

  • Declaration

Di bagian deklarasi, Anda akan diminta untuk menjawab 11 pertanyaan untuk memastikan kebenaran informasi yang sudah disediakan untuk mengajukan visa ke negara Taiwan. Setelah mengisi semua bagian dengan benar, Anda tinggal mengklik ‘Submit’ dan memilih ‘Agree’ di halaman Acknowledgement. Anda bisa mengakhiri proses ini dengan mencetak dan mengunduh formulir yang sudah dilengkapi ini. Simpan dan gabungkan dengan persyaratan dokumen lain yang dibutuhkan dan lanjut ke tahap berikutnya.

Baca juga: Mudah! Begini Cara Membuat Visa Selandia Baru

Mendatangi Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Pengajuan Visa ke Taiwan

Karena Taiwan tidak memiliki kedutaan di Indonesia, pengajuan visa ke Taiwan diwakilkan ke Kantor Dagang Taiwan (TETO) yang berada di Gedung Artha Graha Lantai 12, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Ada pun pelayanan untuk pengajuan visa ke Taiwan hanya dilakukan pada Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB. Anda bisa langsung mendatangi loket umum untuk menyerahkan semua berkas yang telah disiapkan sebelum diarahkan ke loket pembayaran.

Pembayaran Visa

mendaftar visa taiwan

Apabila semua berkas dokumen yang dikumpulkan sudah dicek kelengkapannya, petugas akan mengarahkan Anda ke loket lain untuk melakukan pembayaran.

Tarif yang dibebankan adalah 650,000 IDR untuk biaya Single Entry Visa dan 1,300,000 IDR untuk Multiple Entry Visa. Usai menyelesaikan pembayaran, Anda harus kembali loket umum untuk menyerahkan tanda bukti pembayaran.

Petugas di loket umum akan mengembalikan tanda bukti pembayaran bersama dengan nomor, yang berfungsi sebagai tanda terima permohonan, sekaligus pengambilan visa. Proses pengajuan visa ke Taiwan normalnya selesai dikerjakan dalam tiga hari kerja.

Pengambilan Visa

Pada hari yang ditentukan di tanda terima permohonan, Anda bisa mengunjungi TETO dengan tanda terima dan nomor yang diberikan oleh petugas loket umum untuk mengambil visa Anda. Dengan visa di Taiwan, Anda tinggal melanjutkan persiapan ke Taiwan sesuai dengan itinerary yang sudah Anda siapkan.

Dengan melakukan beberapa persyaratan di atas, pengurusan visa ke negara Taiwan Anda dijamin akan lebih lancar dan mudah. Kini jangan lagi ragu untuk mempersiapkan kelengkapan untuk liburan Anda ke Taiwan ya, sebab urusan visa sudah bisa Anda lakukan dengan mudah bukan? Selain Visa, jangan lupa lengkapi perjalanan Anda dengan asuransi dari Futuready agar liburan jadi aman dan tenang.

Baca juga: Ribet Ngurus Visa? Yuk, Liburan ke Negara Bebas Visa untuk WNI!

Comments are closed.