Begini Caranya Menggunakan Web Check-in Batik!

Travel

Bagi calon penumpang maskapai penerbangan Batik Airlines, seperti apa prosedur web check-in Batik?

Keberadaan web check-in Batik sangat membantu dalam proses pengecekan keberangkatan. Anda cukup menggunakan ponsel pintar untuk melakukan pengecekan. Lalu, seperti apa prosedurnya?

Maskapai penerbangan terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan bagi calon penumpangnya. Sejumlah layanan disediakan. Salah satunya adalah layanan check-in yang bisa dimanfaatkan secara online.

Layanan ini mulai dipergunakan oleh banyak orang. Meskipun begitu, tidak semua calon penumpang pernah menggunakannya. Padahal caranya sangat mudah dan tentunya memberikan banyak keuntungan.

Di sini, kami akan tunjukkan bagaimana caranya menggunakan web check-in Batik. Layanan ini ditujukan bagi calon penumpang maskapai penerbangan Batik Airlines. Jadi, mari simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Web Check-In Garuda Indonesia, Mudah dan Hemat Waktu!

Sekilas Mengenal Tentang Check-in Pesawat

Ketika ingin menjadi penumpang pesawat, Anda butuh prosedur cukup panjang. Dimulai dengan pembelian tiket. Langkah selanjutnya adalah melakukan check-in sebelum akhirnya diperbolehkan untuk memasuki pesawat.

Untuk pemesan tiket ini bisa dilakukan di bandara. Bisa juga dilakukan secara online di berbagai website besar yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Namun sejauh ini, banyak orang mulai mencari cara termudah. Yakni dengan melakukan pemesanan secara online.

Setelah melakukan pemesanan, Anda masih diminta untuk melakukan check-in terlebih dahulu. Check-in merupakan bagian paling krusial dari sebuah perjalanan menggunakan maskapai penerbangan. Anda yang tidak melakukannya akan tertahan dan kemungkinan akan gagal untuk menggunakan layanan transportasi udara ini.

Check-in merupakan prosedur pengecekan dari maskapai penerbangan yang menyangkut sejumlah dokumen keberangkatan. Dokumen yang diperiksa di antaranya adalah paspor, ataupun identitas diri calon penumpang. Ketika lolos pemeriksaan, Anda akan menerima boarding pass sebagai syarat masuk ke pesawat terbang.

Boarding pass ini bisa disebut juga dengan tiket. Keberadaannya sangatlah dibutuhkan. Terutama bagi Anda yang melakukan transit di sebuah perjalanan.

Tidak mau gagal atau terlambat, menggunakan layanan check-in online sangatlah disarankan. Contohnya adalah melakukan web check-in Batik bagi calon penumpang Batik Airline.

Kelebihan Menggunakan Web Check-in Batik

cara web check-in batik

Pengecekan dokumen keberangkatan wajib dilakukan oleh seluruh calon penumpang pesawat. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan cara tradisional dengan antre di bandara dan menggunakan cara online.

Bagi Anda, kami sarankan untuk melakukan pengecekan secara online. Pengecekan online di web check-in Batik ini dinilai cukup membantu. Layanan ini memang memiliki kelebihan dibandingkan pengecekan secara tradisional.

Kelebihan yang pertama adalah efisien waktu. Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk melakukan pengecekan di mana pun. Setelah selesai pengecekan, tinggal cetak informasi boarding pass yang dikirim ke alamat e-mail.

Ini berbeda jika Anda harus check-in di bandara. Anda diminta untuk mengantre sampai puluhan menit. Anda pun diminta untuk datang lebih awal ke bandara. Bagi yang terlalu sibuk, jelas pengecekan di bandara hanya membuang-buang waktu saja.

Untungnya ada web check-in maskapai Batik. Anda bisa melakukannya dalam waktu beberapa menit saja. Menariknya, ini bisa dilakukan dari rumah sebelum keberangkatan. Jadi pas datang ke bandara, Anda tinggal mengatakan telah check-in dan menyodorkan boarding pass.

Kelebihan yang kedua adalah meminimalkan gagalnya melakukan perjalanan. Diketahui bahwa pesawat akan lepas landas sesuai jam yang ditentukan. Calon penumpang harus sudah siap dan duduk di kursi pada jam yang ditentukan.

Masalahnya, tidak semua proses check-in akan berjalan dengan cepat. Khususnya bagi calon penumpang yang entah dengan alasan tertentu mengalami keterlambatan check-in. Lamanya proses pengecekan membuat pesawat yang dijadwalkan terbang pada jam tertentu harus segera terbang. Akibatnya, Anda akan ketinggalan pesawat dan membeli tiket kembali.

Kalau tidak ingin mengalami tertinggal pesawat, sudah semestinya Anda datang lebih awal dan mengantre. Tapi jika ingin jalan termudah, cukup manfaatkan web check-in dari maskapai Batik. Layanan ini bisa dimanfaatkan penuh untuk melakukan pengecekan sebelum keberangkatan pesawat.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat

Panduan Penggunaan

Bagi yang belum pernah melakukan penerbangan atau biasa check-in secara tradisional tentunya masih belum memahami caranya. Padahal cara pengecekan secara online sangatlah mudah. Nah, bagaimana cara Anda melakukannya?

Buka Situs Resmi Batik Airlines

Langkah pertama adalah memasuki website pengecekan yang disediakan oleh maskapai penerbangan. Silahkan ketikkan kata kunci yang mengantarkan Anda ke website check-in Batik Airline. Dan masuklah ke halaman depan.

Lengkapi Informasi

cara web check-in batikt

Langkah kedua adalah memasukkan kode tiket dan nama belakang calon penumpang. Pada langkah kedua ini biasanya akan muncul dua kolom yang harus diisi. Kolom pertama harus diisi dengan kode dan kolom kedua adalah nama belakang dari penumpang.

Kode ini didapatkan dari kode pembelian tiket. Kalau Anda membelinya secara online, tentu saja ada kode tersebut. Tapi kode yang biasanya dibeli dari e-ticketing di website besar biasanya berupa kode referensi, bukan kode interline Reference.

Anda perlu menelpon pada layanan di mana Anda membeli dan menanyakan tentang kode tersebut. Pihak penjual e-ticketing akan memberikan kode yang diminta. Kini saatnya Anda memasukkan kode tersebut di web check-in maskapai Batik bersama dengan nama belakang Anda.

Baca juga: Terupdate! 10 Maskapai Terbaik di Dunia Tahun 2019

Pilih Tempat Duduk yang Diinginkan

cara web check-in batik

Dari sini, Anda sudah bisa masuk ke halaman di mana menjelaskan jadwal penerbangan Anda. Pada halaman ini, Anda bisa memilih tempat duduk. Tempat duduk yang masih kosong biasanya ditandai dengan blank berwarna putih.

Kalau sudah memilihnya, silahkan masuk ke tahap ketiga. Setujuilah persyaratan yang diberikan. Kemudian akhiri dengan menekan tombol e-mail boarding pass ataupun print boarding pass.

Kalau Anda mengeceknya dari rumah dan terhubung dengan printer, cukup gunakan print boarding pass. Tapi jika tidak, silahkan gunakan yang e-mail boarding pass. Dari sini, ambil informasi yang didapatkan dari e-mail dan cetak sebagai tanda bukti untuk melakukan penerbangan.

Demikianlah caranya untuk melakukan pengecekan. Anda bisa melakukannya di rumah kapan pun. Jadi, cukup mudah bukan untuk menggunakan web check-in dari maskapai Batik ini?

Comments are closed.