Tidak Sampai 10 Menit, Ini Cara Web Check-in Lion Air!

Travel

Melakukan pengecekan dokumen di web check-in Lion Air sangat menghemat waktu. Tidak sampai 10 menit, proses pengecekan akan selesai.

Di era digital, sejumlah layanan publik sudah berbasis online. Layanan ini ditawarkan untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja. Tidak terkecuali maskapai penerbangan yang menawarkan layanan pemeriksaan dokumen keberangkatan.

Layanan ini bisa diakses siapa saja melalui internet. Layanan ini juga bisa dipergunakan saat calon penumpang masih berada di rumah. Makanya, calon penumpang tidak perlu ribet mengurusi dokumen kembali saat berada di bandara.

Boarding pass sudah siap untuk dicetak dan ditunjukkan saat akan memasuki pesawat terbang. Lalu, bagaimana cara Anda melakukan pengecekan tersebut?

Baca juga: Web Check-In Garuda Indonesia, Mudah dan Hemat Waktu!

Prosedur Menggunakan Web Check-in Lion Air

Hampir setiap maskapai penerbangan sudah memberikan layanan check in online. Salah satunya adalah Lion Air dengan layanan bernama web check-in Lion Air. Layanan ini dibuat untuk mempercepat urusan seseorang dalam memeriksa dokumen keberangkatan.

Web Check-in Lion Air

Prosedurnya sangat sederhana. Langkah-langkahnya bisa diketahui dengan sangat mudah. Oleh karena itu, pilihan terbaik untuk melakukan pemeriksaan adalah check-in secara online.

Untuk langkah-langkahnya dimulai dengan memasuki website resmi dari maskapai penerbangan. Memasuki halaman utamanya, Anda carilah menu web check. Masuklah ke jendela baru yang di dalamnya bisa diisi dengan kode referensi dan nama calon penumpang.

Kolom pertama silakan isi dengan kode booking tiket. Kolom kedua isi dengan nama belakang calon penumpang. Kalau namanya hanya satu kata, cukup ketikkan nama itu saja.

Tekan tombol search dari web check-in Lion Air tersebut. Dari sini, Anda akan dibawa masuk ke jendela yang berisikan dengan pertanyaan seputar barang bawaan berbahaya. Pada praktiknya, silakan tekan tombol No, continue to check in.

Anda kemudian akan dibawa masuk ke halaman yang berisi dengan data-data penerbangan Anda. Periksalah informasi yang ada di dalamnya. Mulai dari kapan dan tujuan penerbangan.

Ketika semua sesuai dengan apa yang diharapkan, silakan lakukan konfirmasi untuk pembuatan boarding pass. Kalau tidak memiliki print sendiri, silakan gunakan opsi e-mail boarding pass.

Tekan opsi ini, kemudian isi dengan alamat e-mail aktif. Setelah itu, bukalah akun e-mail tersebut. Di situ terdapat boarding pass yang perlu dicetak sebagai bukti. Bukti ini nantinya diserahkan pada petugas sebelum memasuki pesawat.

Memilih Kursi Duduk yang Diinginkan Saat Check-in

Ketika melakukan pengecekan di web check-in Lion Air, Anda sebenarnya memiliki opsi untuk memilih kursi. Anda yang cepat melakukan pengecekan bisa memperoleh tempat duduk sesuai keinginan. Bagaimana cara menemukannya?

Langkahnya sebenarnya sama dengan prosedur pengecekan di atas sebelum melakukan pencetakan. Di dalam prosedurnya, Anda perlu masuk ke menu personalize Flight. Setelah itu baru menekan tombol select seat.

Dari menu ini, Anda akan menemukan sejumlah kursi yang masih kosong. Kalau di Lion Air, kursi kosong ditandai dengan warna hijau. Anda cukup memilih salah satu nomor yang masih kosong dan simpan.

Setelah memilih tempat duduk, tekan tombol return. Masuk di halaman tersebut, Anda bisa langsung menekan tombol check-in. Kemudian dilanjutkan ke e-mail boarding pass seperti yang dijelaskan di atas.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat

Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Keberangkatan

Pengecekan melalui web check-in Lion Air memang cukup mudah. Tetapi Anda harus teliti dengan informasi yang disediakan di dalamnya. Pastikan informasi yang tertera sesuai harapan.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan pengecekan secara online sebelum keberangkatan. Pertimbangan pertama adalah mengubah pengaturan bahasa di website tersebut. Pengaturan ini dilakukan untuk mempermudah urusan Anda.

Selain itu, masukkan kode booking dengan teliti. Pengisian kode yang benar akan meminimalkan kegagalan untuk masuk. Kalau tidak masuk, biasanya akan membuat Anda frustasi dan mengira kalau tiket yang dibeli tidak terdaftar.

Periksa Barang Bawaan

Selanjutnya adalah gunakan waktu untuk memeriksa barang bawaan sebelum memasuki pesawat. Anda memang memiliki banyak waktu ketika telah melakukan pengecekan di web check-in Lion Air. Normalnya, Anda tidak akan terburu-buru untuk datang ke bandara.

Dalam kurun waktu yang masih tersisa, ada baiknya untuk mengecek sejumlah barang bawaan. Pemeriksaan ulang dilakukan untuk memastikan tidak ada yang tertinggal. Hasilnya, perjalanan tidak mengalami kendala.

Datang Lebih Cepat ke Loket Bagasi

Kemudian yang tak kalah penting adalah datang ke loket bagasi lebih cepat. Jangan biasakan untuk datang terlalu mepet. Apalagi jika membawa cukup banyak barang bawaan.

Alasannya, kadang antrean di loket ini cukup panjang. Hal inilah yang membuat Anda harus menunggu cukup lama. Ini bisa membuat kebosanan dan merasakan ketidaknyamanan.

Baca juga: Terupdate! 10 Maskapai Terbaik di Dunia Tahun 2019

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Siapkan Boarding Pass

Pertimbangan selanjutnya adalah mempersiapkan boarding pass. Ketika telah melakukan pengecekan di web check-in Lion Air, langkah terakhirnya adalah melakukan pencetakan boarding pass. Lampiran kertas ini berguna sebagai tiket utama atau bukti bahwa Anda pemilik satu kursi di Lion Air.

Usahakan untuk mencetak secepatnya. Cara termudah adalah mencetaknya setelah melakukan pengecekan. Anda bisa menggunakan print di rumah atau meminta bantuan jasa print untuk melakukannya.

Kalau sudah, simpanlah hasil cetakan boarding pass tersebut di dalam tas. Ketika datang ke bandara, cukup tunjukkan bukti tersebut pada petugas. Petugas akan melakukan pemeriksaan akhir sebelum calon penumpang masuk ke dalam pesawat.

Jika berencana pergi ke luar negeri, jangan lupa untuk menyediakan paspor dan kelengkapan pendukung lainnya. Simpan di tempat yang lebih mudah untuk diambil. Tujuannya untuk mempercepat proses pemeriksaan dari petugas.

Demikianlah caranya bepergian asyik menggunakan Lion Air. Pesan tiket secara online, kemudian lakukan check-in secepatnya. Yakni dengan memanfaatkan layanan web check-in Lion Air secara online.

Comments are closed.