Fasilitas Serta Fakta Menarik dari Wings Air

Travel

Jalur udara kini menjadi salah satu pilihan paling diminati oleh banyak orang karena jarak tempuhnya yang terbilang lebih cepat dibanding dengan jalur laut dan jalur darat. Wings Air hadir dengan menawarkan harga terjangkau namun dengan fasilitas berkualitas. 

Wings Abadi Air atau lebih dikenal dengan Wings Air merupakan salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang tergabung dalam perusahaan Lion Grup, yang juga menanungi Lion Air. Maskapai penerbangan ini berbagi kode penerbangan dengan Lion Air, sehingga tidak banyak brand awareness yang diciptakan.

Wings Air dibentuk pada tahun 2003, dan beroperasi di tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 10 Juli 2003, dengan maksud awal memenuhi permintaan penumpan Lion Air yang ingin bepergian ke pulau-pulau kecil di Indonesia, seperti pulau Nias, Lombok, dan lainnya.

Maskapai penerbangan ini menyediakan pelayanan penerbangan domestik di banyak wilayah. Maskapai ini hanya memberikan pelayanan penerbangan internasional di 2 lokasi tujuan, yaitu dari Pekanbaru ke Malaka dan dari Medan ke Penang. Untuk lebih mengenal maskapai penerbangan ini, sebaiknya kita simak beberapa paparan berikut ini!

Baca juga: Terupdate! 10 Maskapai Terbaik di Dunia Tahun 2019

Fakta Menarik Wings Air

pesawat wings air

Wings Air memang berada di bawah perusahaan yang sama dengan Lion Air, namun, kedua maskapai penerbangan ini menggunakan jenis pesawat yang berbeda, apabila Lion dominan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900ER, maskapai ini lebih banyak menggunakan pesawat jenis ATR 72-600.

ATR 72500 dan ATR 72600 merupakan pesawat yang dibuat oleh perusahaan Perancis-Italia. Jenis pesawat ini menjadi andalan maskapai yang bernaung di baqah Lion Grup ini, sebab maskapai tersebut pernah memesan jenis pesawat ini sebanyak 27 pesawat, dan menjadikannya  operator terbesar pesawat jenis ATR di Dunia.

Pada awal berdirinya, Wings Air pernah mendapatkan hibah pesawat jenis MD-80 dan Bombardier Dash 8-300 dari perusahaan induknya, yaitu Lion Grup (Lion Air). Hibah ini bertujuan untuk memperluas jangkauan destinasi penerbangan.

Permintaan penerbangan ke berbagai destinasi semakin melonjak dari tahun ke tahun, sehingga maskapai yang berasal dari Lion Group ini menambahkan pesawat dalam jumlah besar, yaitu dengan memesan pesawat jenis ATR sebanyak 27 pesawat ke perusahaan penerbangan Perancis-Italia.

Saat ini Wings Air sudah memilih rute perjalanan di berbagai kota di Indonesia, tidak hanya kota besar, kota-kota terpencil pun kini dapat dijangkau. Terdapat lebih dari 70 destinasi yang disediakan oleh maskapai milik Lion Grup ini, yang apabila diperkirakan, mencakup 75% dari keseluruhan wilayah di Indonesia.

Perlu diketahui , maskapai ini sudah memiliki rute penerbangan, di antaranya meliputi, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Malang, Jakarta-Medan, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, Surabaya-Jakarta, Jakarta-Singapura, Yogyakarta-Singapura, dan Jakarta-Lombok.

Kelas dan Fasilitas Pesawat

fasilitas wings air

Maskapai penerbangan ini menjadi salah satu penerbangan dengan harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi, harga tiket penerbangan domestik terkadang bisa melampaui harga tiket penerbangan luar negeri. Untuk itu, calon pengguna harus bisa memilih waktu terbang dan maskapai penerbangan yang akan digunakan.

Meskipun termasuk maskapai penerbangan yang menyediakan harga ramah kantong, fasilitas yang disediakan oleh maskapai ini cukup lengkap. Berikut beberapa fasilitas pesawat yang dapat dinikmati oleh penumpang!

  1. Tempat duduknya tidak terlalu kecil, sehingga akan membuat penumpang merasa nyaman, karena memiliki ruang yang cukup untuk bergerak.
  2. Ruang kaki cukup lebar, kira-kira sekitar 17 inci.
  3. Penumpang dapat meminta selimut di perjalan, tetapi harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.
  4. Penumpang dapat memesan makanan atau minuman di pesawat jika merasa lapar.
  5. Snack dan minuman gratis akan diberikan selama perjalanan.
  6. Penumpang akan mendapat service terbaik dari pramugari dan staf pesawat.

Perlu diketahui bahwa maskapai ini hanya menyediakan penerbangan dengan kelas ekonomi saja, tidak ada kelas bisnis maupun first class. Meskipun demikian, maskapai ini menawarkan kelas ekonomi yang tidak mengecewakan dari segi fasilitas dan pelayanan, sehingga penumpang tidak perlu khawatir kenyamanan perjalanannya akan terganggu.

Maskapai penerbangan ini juga menyediakan berbagai promo untuk Anda yang ingin mendapatkan tiket penerbangan domestik murah. Hampir setiap bulan, ada promo yang ditawarkan, tentu saja promo-promo tersebut berbeda-beda.

Promo dapat dicheck langsung melalui website resmi Wings Air atau bisa juga melalui beberapa aplikasi pemesanan tiket yang bermitra. Ikuti terus perkembangan website atau aplikasi tersebut, apabila ingin mendapatkan promo paling menarik.

Baca juga: Jetstar Airlines, Maskapai Murah Berkualitas

Cara Booking Tiket

cara booking tiket wings air

Pemesanan tiket pesawat sekarang cukup mudah, yaitu dengan menggunakan memesan sekarang online. Pemesanan online bisa dilakukan di website resmi maskapai penerbangan maupun di aplikasi-aplikasi pemesanan tiket yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Berikut cara booking tiket pesawat Wing Air secara online!

Menemukan penerbangan

Pilih destinasi yang akan dituju pada website atau aplikasi pemesanan tiket.

Sesuaikan waktu penerbangan

Pilih waktu penerbangan, mulai dari tanggal, bulan, dan tahun penerbangan yang akan dilakukan.

Check Ulang

Sebelum melakukan pembelian, pastikan destinasi dan waktu perjalanan sudah benar.

Lakukan Pembelian

Apabila sudah benar, lakukan pembelian. Pembayaran juga bisa dilakukan secara online, menggunakan M-Banking, ATM, ataupun counter-counter pembayaran online.

Menerima e-tiket

Tiket yang akan Anda dapatkan berbentuk e-tiket atau elektronik tiket. Tiket ini yang nantinya harus ditunjukkan kepada petugas, dan selanjutnya akan diproses menjadi boarding pass.

Web Check-in Wings Air

Zaman memang sudah berubah, termasuk cara check-in pesawat yang juga mengalami peruabahan. Apabila dulu penumpang harus melakukan Airport Check-in atau check-in di Airport, sekarang tidak demikian. Calon penumpang  Web Check-in. Nah, untuk bisa melakukan web check-in anda cukup klik di sini.

Bagi banyak orang mungkin melakukan Web Check-in mungkin sudah biasa, namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa yang belum mengetahui cara melakukan Web Check-in, pasalnya cara ini tergolong cukup baru, sehingga tidak heran apabila masih ada yang belum mengetahuinya.

Bagi yang belum mengetahui mengetahui cara melakukan Web Check-in bisa menyimak paparan berikut ini!

Baca juga: Jetstar Airlines, Maskapai Murah Berkualitas

  1. Wings Air memberikan pelayanan 24 jam Web Check-in, sehingga calon penumpang tidak perlu khawatir.
  2. Web Check-in bisa dilakukan di rumah, atau diperjalanan menuju bandara untuk menghemat waktu.
  3. Bisa menggunakan PC atau mobile untuk melakukan Web Check-in.
  4. Web Check-in bisa dilakukan 24 jam sebelum pemberangkatan dan akan ditutup 4 jam sebelum pemberangkatan.

Web check-in sebenarnya sangat membantu mempercepat dan memudahkan calon penumpang. Namun, apabila lupa melakukan Web Check-in, calon penumpang masih dapat melakukan Airport Check-in. Airport Check-in untuk maskapai ini biasanya akan dibuka 2 jam sebelum penerbangan dan ditutup 45 menit sebelum penerbangan.

Penumpang akan dianggap membatalkan perjalanan apabila tidak melakukan Check-in dalam jangka waktu tersebut. Termasuk penumpang yang terlambat, juga dianggap membatalkan perjalanan. Informasi lebih lanjut terkait penerbangan akan diberikan pada saat calon penumpang melakukan Check-in, seperti informasi pesawat, tempat duduk, dan cabin.

Demikian, sedikit informasi terkait maskapai penerbangan Wings Air yang harus diketahui calon penumpang. Untuk mendapatkan perjalanan yang nyaman, usahakan untuk datang ke bandara lebih awal.

Comments are closed.