Wisata ke Korea Berapa Biaya Visa Korea?

Travel

Demi bisa berlibur ke Korea, semua harus dipersiapkan dengan matang. Info biaya visa korea ini sangat bermanfaat untuk rencana liburan Anda!

 

Demam KPop, drama Korea, dan berbagai budaya yang dimiliki Korea memang telah berhasil membuat negara ini menjadi negara yang populer di Asia. Bahkan kalau bisa dibilang, sejak lima tahun belakangan ini, ketenaran Korea sudah berhasil mendunia.

Boy band dan girl band asal Korea telah menembus masuk berbagai penghargaan musik internasional. Buat Anda yang suka dengan hal-hal berbau Korea, tentunya tidak mau dong melewatkan kesempatan menghabiskan momen liburan di sana.

Kalau dari sekarang Anda sedang merencanakan liburan ke Korea dan sedang mengumpulkan bujet liburan, info biaya Visa Korea dan prosedur pengurusannya ini sangat penting untuk Anda.

[quads id=2]

Prosedur Mengurus Visa Korea Selatan

Secara umum, proses pengajuan visa Korea masih berlaku seperti biasa. Pemohon bisa datang ke kantor Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia dan mengisi formulir, melengkapi dokumen yang diperlukan dan membayar biaya visa (visa stamp).  Mengurus visa memang tidak mudah. Namun membuat Visa Korea tidaklah serumit membuat Visa Amerika atau Visa Schengen. Hal terpenting Anda perlu menyiapkan semua dokumen persyaratan dan mengisi formulir aplikasi visa. Ingat, jangan sampai Anda bolak-balik ke kedutaan karena dokumen yang tidak lengkap atau informasi yang salah mengenai jam kerja Kedutaan Besar Korea Selatan.

Waktu Pengajuan dan Pengambilan Visa

Pengajuan Visa dapat dilakukan pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 12.00. Sementara untuk waktu pengambilan visa dapat dilakukan pada hari Senin hingga Jumat pukul 13.30-16.30. Untuk masa pembuatan visa, Kedutaan Besar Korea Selatan mengklaim proses multiple visa selesai dalam sehari, sedangkan single visa selesai dalam enam hari kerja.

Biaya Pembuatan Visa Korea

Biaya pembuatan visa sangat bergantung oleh jenis visa yang akan Anda ajukan. Berikut tarif masing-masing visa untuk keperluan wisata. Namun biaya visa ini sewaktu-waktu dapat berubah. Ada baiknya Anda mengecek secara berkala biaya pembuatan visa melalui website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.

Untuk multiple visa dikenakan biaya 90 dollar AS (setara Rp1,2 juta) per orang,

Single visa dikenakan biaya 40 dollar AS (setara Rp550.000,00) per orang

Multiple visa merupakan visa yang dapat digunakan wisatawan untuk berkunjung berkali kali ke Korea Selatan dalam waktu lima tahun. Dengan durasi sekali berkunjung 30 hari tetapi ada syarat khusus yang berlaku bagi pemohon multiple visa. Sedangkan single visa lebih cocok bagi pemohon visa yang belum pernah berkunjung ke Korea Selatan. Visa tersebut hanya dapat dipakai sekali kunjungan.

Pembayaran Biaya Visa Korea

Untuk pembayaran visa, sejak 9 April 2018, Kedutaan Besar Korea Selatan bekerja sama dengan KEB Hana Bank. Proses pembayaran visa dapat dilakukan di KEB Hana Bank cabang Korea Center yang berlokasi di samping Gedung Consular Section.

Bedanya, jika awalnya pemohon harus membayar di kantor konsular saat pengajuan visa, kini pembayaran dalam bentuk pembelian visa stamp bisa dilakukan di KEB Hana Bank Indonesia yang lokasinya berada di sebelah gedung konsular Korea di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Ini akan otomatis memangkas waktu pemrosesan visa.

Persyaratan Dokumen untuk Pembuatan Visa

  1. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor Indonesia.
  2. Formulir Aplikasi Visa yang dapat diunduh di website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan. Jangan lupa lengkapi dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto.
  3. Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan keluarga.
  4. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja. Jika Anda tidak bekerja, tak perlu dilampirkan.
  5. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar.
  6. Fotokopi bukti keuangan. Anda bisa memilih dua dari bukti keuangan berikut:
  7. Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
  8. Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
  9. Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank.
  10. Surat keterangan dan copy kartu membership golf.
  11. Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5.
  12. Surat keterangan pemegang program jamsostek.
  13. Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun.

Catatan Penting

  1. Untuk tipe visa C-3 Multiple, Anda bisa melihat persyaratan Multiple Visa di website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.
  2. Jika Anda berstatus mahasiswa, wajib melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua.
  3. Jika Anda merupakan ibu rumah tangga dan tidak memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga.
  4. Bagi Anda ingin mengajak serta asisten rumah tangga, wajib melampirkan surat sponsor dari lembaga resmi (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan).
  5. Jika dokumen yang telah dilampirkan dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen.

[quads id=5]

Biar liburan makin menyenangkan, sebelum mengurus Visa Korea untuk liburan Anda, dapatkan asuransi perjalanan terbaik di Futuready.com! Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.