Wisata Labuan Bajo: 13 Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Travel

Wisata Labuan Bajo terkenal akan Pulau Komodonya. Padahal, selain itu, masih banyak sekali destinasi yang tak kalah indah yang wajib disambangi.

Rasanya semua orang, baik dalam maupun luar negeri tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali wisata alam yang indah. Salah satu yang jadi magnet bagi wisatawan tak lain adalah Labuan Bajo. Tempat wisata alam yang berlokasi di Flores ini memang memiliki bentangan alam yang indah, baik daratan maupun pantainya.

Bagi orang awam, tempat yang paling terkenal di Labuan Bajo mungkin hanyalah Pulau Komodo. Pulau yang dihuni sekawanan hewan purbakala ini memang sudah terkenal sampai ke berbagai belahan dunia.

Namun, faktanya, masih banyak destinasi wisata Labuan Bajo yang tak kalah menarik dan indah yang mungkin belum banyak diketahui publik. Tak sabar berencana untuk berlibur ke sana? Maka simak dulu destinasi yang wajib dikunjungi di wisata Labuan Bajo di bawah ini!

Destinasi Menarik di Wisata Labuan Bajo

Pulau Komodo

Berbicara soal melihat Komodo, tentu Pulau Komodo merupakan destinasi wisata Labuan Bajo paling tepat untuk dikunjungi! Bahkan, UNESCO telah mengakui pulau komodo merupakan situs warisan dunia dan termasuk ke salah satu tujuh keajaiban dunia.

Tak hanya eksotisme satwa Komodo, destinasi tujuan wisata satu ini juga menyimpan keindahan alam yang akan memanjakan setiap orang yang mengunjunginya. Mulai dari pantai-pantai yang indah hingga lokasi-lokasi diving yang menakjubkan.

Gili Laba

Berada di kawasan Taman Nasional Komodo, pulau kecil yang dikenal dengan nama Gili Laba ini merupakan salah satu objek wisata di Labuan Bajo yang terkenal akan keindahannya.

Bentang alam yang dimiliki Gili Laba seperti eksotisme perbukitan yang dibingkai dengan birunya hamparan laut membuat destinasi satu ini menjadi salah satu spot perburuan foto, karena panoramanya yang sangat memukau.

Saat kemarau, Anda bisa melihat Gili Laba berwarna kecokelatan laiknya savana di Afrika. Namun, kala musim penghujan tiba, tempat wisata di Labuan Bajo ini akan terlihat asri kehijauan dan menyegarkan.

Wisata Labuan Bajo Pulau Kanawa

Tak hanya Pulau Komodo, saat Anda traveling ke Labuan Bajo, Pulau Kanawa bisa jadi destinasi pulau di kawasan Labuan Bajo untuk Anda berburu pemandangan indah.

Tak hanya alam yang masih asri, daya tarik utama dari tempat wisata di Labuan Bajo ini adalah hamparan pantai yang masih sangat alami serta panorama alam bawah laut yang menakjubkan.

Anda bahkan bisa melihat indahnya terumbu karang dan biota laut dari jernihnya permukaan air. Tak salah jika destinasi ini jadi salah satu spot snorkeling yang populer.

Pulau Padar

Destinasi wisata selanjutnya adalah Pulau Padar. Di pulau ini,. Anda akan disuguhkan keindahan gugusan pulau yang eksotis dan perbukitan cantik yang hanya dipenuhi hijaunya rerumputan tanpa lebatnya hutan dan pepohonan yang tinggi.

Panorama unik inilah yang menjadikan Pulau Padar sebagai tujuan wisata favorit wisatawan saat berlibur ke Labuan Bajo.

Pulau Rinca

Tak hanya Gili Laba, Labuan Bajo masih memiliki banyak sekali pulau indah dan menarik yang cocok dijadikan tujuan wisata saat ke Labuan Bajo. Salah satunya Pulau Rinca.

Tak hanya bisa melihat hewan endemik Komodo, di sini Anda bisa aktif mengikuti aktivitas penanaman bakau untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan.

Pulau Kelor

Pilihan tujuan wisata di Labuan Bajo yang cocok untuk Anda yang mencari ketenangan selanjutnya adalah Pulau Kelor. Objek wisata ini berupa sebuah pulau kecil dengan alam yang masih sangat alami.

Pasir putih yang halus, pepohonan rindang, ditambah ombak yang tenang membuat Pulau Kelor bisa jadi destinasi wisata untuk menenangkan pikiran di Labuan Bajo.

Desa Adat Wae Rebo

Tak hanya keindahan alam, di Labuan Bajo Anda juga bisa menemukan kekayaan budaya. Salah satunya bisa di temukan di Wae Rebo.

Berkunjung ke Wae Rebo, daya tarik utama dari wisata Labuan Bajo satu ini adalah keberadaan rumah-rumah adat yang memiliki arsitektur tradisional yang sangat unik dan menarik. Selain itu, objek wisata di Labuan Bajo ini juga menawarkan keunikan dari kehidupan adat suku Manggarai yang meandiami desa ini.

Gua Ranko

Keluarkan jiwa petualang Anda dengan mengunjungi tujuan wisata Labuan Bajo satu ini. Berada di ceruk bumi, Goa Ranko menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis dan bak surga tersembunyi.

Diairi air asin jernih kebiruan, Anda bisa menyusuri keindahan gugusan stalaktit dengan berenang di dalam objek wisata yang juga dikenal dengan nama Goa Buaya.

Sawah Lingko

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Labuan Bajo adalah Desa Cangar yang berada di Kabupaten Manggarai. Berbeda dengan Wae Rebo, daya tarik wisata dari desa ini adalah keberadaan persawahan yang memiliki tata ruang dan komposisi unik yaitu melingkar layiknya rangkaian jaring laba-laba.

Singgah untuk melihat Sawah Lingko, Anda bisa merasakan keasrian alam pedesaan yang tentu akan menyegarkan pikiran yang penat.

Danau Kelimutu

Ikon pariwisata dari kawasan Labuan Bajo satu ini sudah sangat tersohor keindahannya. Menaiki puncak Gunung Kelimutu, Anda bisa menemukan tiga buah danau besar yang warnanya bisa berubah-ubah pada waktu-waktu tertentu.

Tak cuma keunikan dan keindahan alamnya, Danau Kelimutu juga menyimpan banyak kisah legenda, mitos, dan sejarah-sejarah terkait kepercayaan masyarakat lokal.

Cunca Lawang

Alternatif destinasi di Labuan Bajo dengan pemandangan eksotis selanjutnya adalah Cunca Lawang, di mana Anda bisa menyusuri indahnya lembah dan tebing-tebing bebatuan terjal yang sangat memukau.

Tak hanya itu, di kawasan wisata ini Anda juga bisa melihat air terjun yang semakin menyegarkan atmosfer liburan.

Desa Adat Bena, Bajawa

Jika Anda masih ingin menyusuri keindahan adat dan budaya dari Labuan Bajo, selain Wae Rebo Anda juga bisa mengunjungi Kampung Bena.

Objek wisata Labuan Bajo satu ini sendiri merupakan perkampungan megalitikum yang berada di puncak bukit dengan latar belakang gunung Inerie yang memukau. Sama seperti halnya Wae Rebo, di kawasan destinasi adat Labuan Bajo ini Anda bisa menemukan arsitektur perkampungan yang masih sangat tradisional dan mengagumkan.

Manta Point

Sudah bukan rahasia jika Labuan Bajo merupakan surga bagi para pecinta diving. Salah satu titik penyelaman terkenal di Labuan Bajo yang wajib Anda coba adalah Manta Point.

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama dari tempat ini adalah pengalaman berenang bersama Ikan Manta atau Pari raksasa yang tentu akan memberikan sensasi diving yang berbeda. Untuk itu, berkunjung ke Manta Point wajib hukumnya untuk membawa underwater camera agar bisa mengabadikan pengalaman berenang bersama Ikan Manta.

Banyak sekali destinasi yang dapat Anda tuju saat berkunjung ke Labuan Bajo, bukan? Mana yang jadi favorit Anda?

Comments are closed.