Wisata Sejarah di 5 Museum Perjuangan Indonesia

Travel

Wisata sejarah ke museum-museum perjuangan di Indonesia ini mempunyai banyak sekali cerita sejarah menuju kemerdekaan Indonesia.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah. Di usia ke-72 tahun ini, Indonesia mempunyai sejarah yang panjang menuju kemerdekaan. Banyak sekali perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan para pejuang dan rakyat Indonesia, demi mempertahankan tanah air. Melalui keberadaan museum-museum perjuangan, kita bisa mempelajari dan memahami apa saja yang dilakukan para pejuang pada zaman itu. Dari situ kita bisa bangkit untuk lebih cinta lagi kepada tanah air, dengan menjaga kemerdekaan ini.

SEMUA DAPAT DISKON! Traveling happy, tanpa tapi! Anda tinggal senang-senang selama perjalanan. Belanja asuransi perjalanan. HARGA HEMAT di Futuready.com Gunakan kodepromo TRAVEL10 dan langsung dapat DISKON 10%

museum perjuangan

Berikut ini daftar lima museum perjuangan yang ada di Indonesia.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum perjuangan ini dibangun sebagai monumen dari peristiwa penting sejarah Indonesia, pada saat perumusan naskah proklamasi. Lokasinya berada di Jl. Imam Bonjol 1 Menteng, DKI Jakarta, yang baru difungsikan sebagai museum sejak 1992. Di sini Anda bisa melihat ruangan yang digunakan untuk rapat oleh Soekarno dan Hatta untuk merumuskan naskah proklamasi.

Museum Perjuangan Jogjakarta

Kota Jogjakarta yang terkenal dengan budayanya yang kuat, juga memiliki museum yang menjadi saksi perjuangan Indonesia. Museum ini menyimpan sejarah yang kuat bangsa Indonesia, dengan banyak menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kemerdekaan dulu. Seperti senjata replika dari zaman tradisional pada saat perjuangan kemerdekaan, hingga relief yang mengambarkan keadaan pada zaman itu.

Museum Brawijaya

Museum yang berada di kota Malang ini, banyak menyimpan sejarah masa penjajahan pada saat agresi militer Belanda I dan II. Di sini Anda bisa melihat dokumentasi perjalanan Panglima Besar Soedirman, dalam memimpin pasukannya berjuang dengan cara bergerilya. Pada halaman tengah museum, terdapat sebuah gerbong maut yang dulu dipakai untuk mengangkut tahanan Indonesia.

Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Perjuangan rakyat Indonesia yang merata di semua pulau, ini alasan mengapa adanya museum perjuangan rakyat Jambi. Di depan museum ini ada patung Sultan Thafa Saifudin yang berdiri di antara dua harimau sumatera. Inilah simbol dari perjuangan rakyat Jambi dalam mengusir penjajahan Belanda, yang dipimpin langsung oleh Sultan Thaha pada tahun 1855-1904. Sebagai salah satu museum perjuangan Indonesia ini, di dalamnya banyak menggambarkan kisah perjuangan rakyat Jambi. Mulai dari diorama perjuangan rakyat Jambi hingga banyak dipamerkan senjata-senjata perang yang digunakan saat masa itu.

Museum Perjuangan Bogor

Kota Bogor juga tak luput menjadi bagian dari peristiwa bersejarah perjuangan bangsa Indonesia. Museum perjuangan yang lokasinya berada di kota Bogor ini banyak sekali menyimpan koleksi benda bersejarah, pada saat perjuangan melawan Belanda. Banyak koleksi di museum ini yang bisa Anda temukan, yang merupakan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris. Di antaranya ada senapan, koleksi pakaian pejuang yang sebagian di antaranya masih memiliki noda darah asli, dan mata uang Voc. Tidak hanya itu ada diorama yang menggambarkan pertempuran yang terjadi di Bogor, Bojong Kokosan, Pertempuran Masengm, Pertempuran Bantammer Weg, dan Pertempuran Cemplang.

Anda yang sedang ingin wisata sejarah dengan mengunjungi museum-museum perjuangan yang berada di Indonesia. Kelima museum di atas bisa menjadi referensi Anda untuk dikunjungi, tentunya dengan menggunakan asuransi perjalanan agar aman dan nyaman.

Leave a Reply