Yuk, Mengenal Berbagai Warna Paspor di Dunia!

Travel

Ternyata tidak semua paspor di dunia warna sampulnya sama. Lebih jelasnya mari kita mengenal berbagai warna paspor di dunia.

Paspor merupakan dokumen penting, sebagai syarat dari identitas diri kita saat sedang memasuki negara lain. Pernahkah Anda menyadari ketika sedang traveling melihat warna paspor dari penumpang yang lain. Nah, ternyata warna sampul paspor-paspor di dunia itu memiliki warna yang berbeda. Sebagai informasi, warna paspor di dunia ini hanya ada empat saja. Yaitu merah, biru, hijau dan juga hitam. Apakah ada arti khusus dibalik warna-warna paspor tersebut? Yuk, kita mengenal warna paspor di dunia.

Warna Paspor di Dunia: Merah

Pertama yang akan dibahas adalah sampul paspor warna merah. Biasanya para pemilik paspor warna merah datang dari negara-negara yang telah lama berdiri yang memiliki sejarah berlatar belakang komunis. Seperti Polandia, Georgia, Latvia, Serbia, Rusia dan lain sebagainya. Untuk warna merahnya sendiri ada beberapa varian berbeda-beda seperti yang bewarna merah burgundy, merah bata yang untuk warga dari Uni Eropa. Selain itu, warna paspor merah juga dipilih oleh negara-negara seperti Singapura dan Swiss untuk melambangkan warna bendera nasional mereka.

Warna Paspor di Dunia: Biru

Berikutnya, ada sampul paspor warna biru. Biasanya para pemegang warna paspor di dunia yang berwarna biru ini datang dari new world, setidaknya ada 15 negara kKepulauan Karibia yang memiliki warna paspor biru. Nah, negara-negara yang memiliki paspor biru ini seprti Brazil, Argentina, dan Paraguay. Terkecuali mereka yang berasa dari Venezuela, walaupun termasuk dari kumpulan tersebut tapi warganya memiliki paspor warna merah.

Warna Paspor di Dunia: Hijau

Sampul paspor warna hijau biasanya kebanyakan negara muslim di dunia yang menggunakan, ini juga termasuk Indonesia. Hijau ini disebutkan merupakan warna favorit dari Nabi Muhammad SAW dan simbol alam. Namun, ada juga beberapa negara bukan dari mayoritas negara Muslim yang menggunakan paspor wana hijau. Contohnya adalah negara-negara di Afrika, misalnya Nigeria, Pantai Gading, Senegal, dan juga Bukina Faso. Alasa negara-negara Afrika ini menggunakan warna hijau karena mereka tergabung dalam negara Economic Community of West African States (COWAS).

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Warna Paspor di Dunia: Hitam

Sebagai salah satu warna paspor di dunia yang terakhir yang dibahas adalah hitam. Biasanya banyak digunakan oleh warga yang berasal dari negara-negara di Afrika, yaitu Zambia, Malawi, Gabon, dan lain-lain. Sedangkan, untuk negara Selandia Baru, alasan menggunakan paspor warna hitam karena itu merupakan warna nasional negaranya.

Jadi, sebuah negara juga bisa menentukan penggunaan warna paspor untuk warganya, demi menunjukkan perbedaan status dan identitas warga negaranya. Seperti contoh di India, warga negara biasa memiliki paspor bersampul biru gelap sementara pejabat pemerintahan yang melakukan perjalanan bisnis memiliki paspor bersampul putih. Sedangkan untuk para pejabat pemerintah dan diplomat memiliki paspor bersampul merah tua (paspor diplomatik). Seperti halnya di Amerika Serikat, warga negara biasa memiliki paspor bersampul biru sementara para diplomat dan personil militer memiliki paspor berwarna hitam.

Sekarang Anda telah mengetahui bukan, arti dari setiap warna-warna paspor dunia di atas ini. Hal ini merupakan sebagai identitas saja untuk mengetahui zona regional para pemegang paspor tersebut saat sedang traveling ke suatu negara.

Comments are closed.