Yuk, Wisata Kuliner Pedas ke Kota-Kota Ini!

Travel

Makanan bercitarasa pedas memang memiliki peminat yang besar. Hal ini pun didukung dengan banyaknya hidangan dengan rasa pedas yang luar biasa yang ditawarkan oleh berbagai kota di Indonesia. Jadi, wisata kuliner pedas ke kota-kota tersebut adalah wajib hukumnya.

Selain terkenal akan wisata alamnya yang menakjubkan dan sedap dipandang, Indonesia juga dikenal sebagai surganya makanan. Banyak sekali orang, baik dari dalam maupun luar negeri, berkunjung ke berbagai kota di Indonesia untuk mencicipi kekayaan rasa makanan khasnya.

Dari sekian banyak citarasa, rasanya Indonesia ditakdirkan dominan dengan rasa pedas. Terbukti, hampir setiap daerah memiliki makanan yang punya rasa pedas yang tak biasa. Bukannya takut, justru makin banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencoba dan menaklukkan rasa pedas tersebut.

Baca juga: Cicipi 5 Restoran All You Can Eat di Singapura Ini!

Bagi sebagian orang, berkunjung ke berbagai kota di Indonesia bukan lagi untuk menikmati alamnya, melainkan wisata kuliner. Terlebih bagi para penggila rasa pedas, tentu akan jadi kepuasan tersendiri jika dapat berwisata kuliner pedas yang belum pernah mereka sambangi dan cicipi sebelumnya.

Bila Anda salah satunya, yuk catat kota yang cocok untuk wisata kuliner pedas di bawah ini!

Wisata Kuliner Pedas di Surabaya

Jika Anda berpikir bahwa Jawa tak memiliki citarasa pedas, Anda salah besar! Surabaya merupakan salah satu wisata kuliner pedas yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta makanan pedas. Banyak sekali kuliner dengan citarasa pedas yang dapat membuat keringat bercucuran yang dapat Anda temukan di kota pahlawan ini, salah satunya adalah Sego Sambel Mak Yeye. (Baca juga: Ini 5 Makanan Ekstrim di Thailand. Berani Coba?)

Meski hanya berupa warung tenda, tapi namanya sudah sangat dikenal oleh para pecinta kuliner di tanah air. Sambalnya yang dapat membuat orang menangis ini menjadi alasan mengapa warung makan ini sangat digandrungi.

Selain itu, ada oleh-oleh bagi para pecinta khas Surabaya, yaitu sambal Bu Rudy. Sambal yang dikemas dalam botol plastik ini sudah tak diragukan lagi kenikmatan serta kepedasannya. Bahkan, sebagian orang bilang bahwa untuk menikmati sambal ini tak perlu menggunakan lauk-pauk yang berat, cukup dengan nasi panas saja sudah nikmat!

Wisata Kuliner Pedas di Bali

Mendengar Bali pasti yang terlintas pertama di kepala adalah wisata pantainya yang sudah tersohor hingga mancanegara. Tapi, bagi Anda penikmat makanan pedas, datang ke Bali bukanlah pilihan yang salah. Pasalnya, banyak sekali varian makanan pedas yang dapat Anda nikmati di pulau dewata.

Menu pertama yang dapat Anda coba adalah ayam betutu. Ayam berbumbu khas Bali ini punya citarasa pedas yang dapat membuat lidah Anda bergoyang. Selanjutnya ada sambal yang punya rasa segar, nikmat, sekaligus pedas, apa lagi kalau bukan sambal matah. Sambal ini sangat pas dimakan bersama lauk apa pun, baik ikan, sate, maupun tahu dan tempe. Siapkan tisu atau handuk kecil karena keringat Anda pasti akan mengucur deras.

Wisata Kuliner Pedas di Makassar

Mungkin, coto merupakan makanan yang paling melekat bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Rasanya yang nikmat dan khas memang membuat soto asal kota satu ini menjadi idaman para pecinta kuliner. Namun, jika Anda hanya mengetahui menu tersebut saat berada di Makassar, rasanya sayang sekali.

Padahal, banyak sekali makanan lezat dan tentunya punya citarasa pedas yang luar biasa yang dapat Anda nikmati di kota daeng ini. Bagi Anda yang hobi makan bebek atau itik, Makassar punya olahan nikmat dan pedas bernama nasu palekko. Jika dilihat dari bentuknya, mungkin Anda tak akan tergugah. Namun, saat disantap dengan nasi hangat, dijamin tak bisa berhenti mengunyah, deh!

Satu lagi yang membuat Makassar layak menjadi destinasi wisata kuliner adalah sambal khasnya, yaitu sambal dabu-dabu. Sambal ini sangat pas disantap bersama ikan bakar. Rasa pedas dari sambal dan gurihnya ikan akan bersatu di dalam mulut Anda dan membuat nafsu makan meningkat drastis.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Wisata Kuliner Pedas di Lombok

Jika Bali terkenal dengan ayam betutu, Lombok juga punya olahan ayam yang tak kalah nikmat dan pedasnya, namanya adalah ayam taliwang. Ayam pedas khas Lombok ini punya tiga cara penyajian, yaitu dibakar dan digoreng. Rasa pedasnya yang meresap hingga ke daging bagian dalam akan membuat bibir Anda tak bisa tertutup rapat.

Satu lagi makanan pedas yang jadi andalan kota Lombok adalah kelaq sebie. Makanan satu ini berupa sayuran dengan kuah santan yang berisikan terung, kacang panjang, dan tongkol. Tapi, bicara soal pedas, masyarakat setempat menilai bahwa makanan ini merupakan yang terpedas yang ada di Lombok.

 

Sebagai pecinta makanan pedas, sudah pasti Anda tergugah untuk berwisata kuliner ke kota-kota di atas dan mencicipi makanan bercitarasa pedas luar biasa khas kota tersebut, kan? Mana yang ingin Anda coba lebih dulu?

Comments are closed.