Zona Larangan Terbang di Berbagai Daerah di Dunia

Travel

Pesawat terbang dianggap sebagai moda transportasi paling aman dan dapat menjangkau daerah mana saja di dunia. Tapi, nyatanya ada beberapa daerah yang masuk dalam daftar zona larangan terbang yang tak boleh dilintasi oleh pesawat terbang. Tujuannya jelas, untuk keamanan dan keselamatan penumpang dan juga daerah tersebut.

Harus diakui bahwa pesawat terbang merupakan moda transportasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat di dunia. Hal ini tak lepas dari teknologinya yang mutakhir, tak ada risiko terkena macet seperti di jalur darat, dan tentunya sangat kecil risiko kecelakaan.

Namun, bukan berarti pesawat terbang dapat melintas dengan bebas di udara. Selain diatur oleh Air Traffic Controller atau biasa disebut ATC, pesawat terbang ternyata memiliki beberapa wilayah yang masuk dalam kategori zona larangan terbang. Ada daerah yang sama sekali tak boleh dilintasi oleh pesawat terbang, namun beberapa daerah yang masuk dalam kategori zona larangan terbang ini masih dapat dilalui tapi dengan catatan ketinggian tertentu. Penasaran mana saja daerah yang masuk kategori tersebut? Yuk, cari tahu daerah yang masuk dalam zona larangan terbang di dunia berikut ini!

Berikut 4 Zona Larangan di Dunia

Walt Disney World dan Disneyland di Amerika Serikat

zona larangan terbang

Walt Disney World di Florida dan Disneyland di California merupakan deretan objek wisata favorit masyarakat di Amerika Serikat dan juga negara lainnya. Namun, bukan itu alasan mengapa kedua tempat ini masuk dalam zona larangan terbang. Alasan sebenarnya adalah karena ada beberapa bangunan dan wahana di dua taman Disney ini yang cukup tinggi menjulang, salah satunya Cinderella Castle.

Nah, agar tak terjadi kecelakaan, pesawat terbang diharuskan melintas di kedua taman Disney ini di ketinggian minimal 3.500 kaki. Makanya, sejauh ini, pesawat yang melintasi Walt Disney World dan Disneyland tak pernah melanggar aturan tersebut.

Pegunungan Himalaya

zona larangan terbang

Pegunungan satu ini merupakan salah satu pegunungan yang memiliki ketinggian lebih dari 20.000 kaki. Dengan ketinggian tersebut, pesawat terbang yang biasanya terbang di ketinggian 30.000 kaki tidak diizinkan melintasi pegunungan di Tibet ini.

Sebab, risiko pesawat terbang menabrak Pegunungan Himalaya ini sangatlah tinggi. Jadi, tak heran jika kompleks pegunungan satu ini masuk dalam zona larangan terbang. Selain karena risiko kecelakaan, Pegunungan Himalaya dianggap bukan tempat yang aman jika pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat.

Machu Picchu

zona larangan terbang

Peru juga memiliki satu daerah yang masuk dalam zona larangan terbang, Machu Picchu namanya. Pemerintah setempat melarang pesawat terbang melintas di daerah ini dalam ketinggian di bawah 3.000 kaki. Hal ini untuk mencegah rusaknya benda-benda bersejarah di daerah tersebut.

Bahkan, zona larangan terbang di daerah ini tak hanya berlaku bagi pesawat terbang komersil, melainkan pesawat militer dan juga helikopter.

Pulau Merritt

zona larangan terbang

Pulau satu ini masuk dalam daftar teratas zona larangan terbang oleh asosiasi penerbangan dunia. Hal ini tak lain karena pulau yang berada di Florida ini merupakan tempat melakukan percobaan pelepasan roket dan peluncuran pesawat luar angkasa.

Jadi, demi menghindari terjadinya kecelakaan, pesawat tidak boleh melintasi pulau Merritt di bawah ketinggian 5000 kaki.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Jadi, bukan tanpa alasan mengapa daerah di atas masuk dalam zona larangan terbang. Tentu Anda pun ingin perjalanan Anda menggunakan pesawat terbang lebih aman dan nyaman, kan?

Comments are closed.