Asuransi kecelakaan

“BIAR HAVE FUN, TANPA BEBAN AYO BELI ASURANSI KECELAKAAN!”
Beli Asuransi Kecelakaan
Beli Asuransi Perjalanan
"BIAR HAVE FUN, TANPA BEBAN AYO BELI ASURANSI KECELAKAAN!"
SAYA MAU
ASURANSI KECELAKAAN
Hapus Semua
Asuransi Kecelakaan Terbaik
24/7 Certified Retailer Akses dan belanja Asuransi di waktu yang Anda mau dengan aman karena Futuready memiliki lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Asuransi Kecelakaan Diri
Control the Process Bebas belanja kapanpun dan dimanapun tanpa dikejar-kejar dan tanpa beban. Kendali ada di ujung jari Anda!
Asuransi Kecelakaan Yang Bagus
Variety Objectivity Bandingkan beragam pilihan produk Asuransi terbaik dengan informasi yang jelas, apa adanya, transparan dan objektif tanpa janji muluk.
Asuransi Kecelakaan Kerja
Claim Handling Belanja Asuransinya mudah, klaimnya juga lebih mudah karena kami bantu.

Asuransi Kecelakaan

"Lebih dari 3.400 orang meninggal dunia di jalan setiap harinya, dan lebih dari puluhan juta orang mengalami luka-luka hingga cacat setiap tahunnya. Anak-anak, pejalan kaki, pengguna sepeda, dan orang tua adalah korban terbanyak dari para pengguna jalan. Kasus kecelakaan ini semua terjadi di jalan karena risiko-risiko yang timbul dari para pengguna kendaraan yang melewati batas kecepatan, pengemudi yang mabuk, penggunaan helm keselamatan yang kurang baik, sabuk pengaman, hingga pengamanan anak."

Itulah data yang dikeluarkan WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia yang termuat dalam Global Status Report on Road Safety 2015. Bahkan dalam data tersebut, Indonesia masuk dalam 10 daftar negara dengan angka kematian tertinggi yang diakibatkan kecelakaan di jalan raya bersama negara lainnya yaitu China, India, Amerika Serikat, Brazil, Pakistan, Nigeria, Bangladesh, Rusia, dan Jepang.

Tentu saja Anda paham, tanpa di jalan raya pun berbagai risiko mungkin bisa saja terjadi. Contoh kecilnya saja terpeleset di kamar mandi, terjatuh dari tempat duduk, tersandung benda tertentu hingga membuat Anda kesakitan, atau pun kejadian-kejadian lain yang termasuk dalam hal kejadian berat hingga bisa mengakibatkan kematian.

Kalau Anda memiliki jumlah angka yang berderet tak habis di rekening bisa jadi itu semua tak masalah bila kejadian-kejadian yang tak diinginkan itu benar-benar terjadi. Namun, bagaimana jika Anda mengalami salah satu kejadian tersebut seperti kecelakaan dan tidak memiliki persiapan keuangan sama sekali atau tidak memiliki perlindungan apapun dari produk asuransi?

Pastinya yang terjadi berikutnya adalah biaya pengobatan yang besar akhirnya membuat tabungan Anda terkuras atau malah Anda akan memiliki banyak utang untuk menutupi biaya-biaya tersebut. Untuk mengurangi kekhawatiran Anda akan rasa cemas yang timbul sebagai akibat dari kecelakaan tersebut maka lindungilah diri Anda dengan asuransi personal accident atau asuransi kecelakaan diri.

Tidak tahu sama sekali mengenai asuransi kecelakaan diri (personal accident)?

Well, asuransi kecelakaan diri adalah penjaga dan dukungan finansial Anda untuk menghadapi musibah kecelakaan yang tidak terduga.

Asuransi kecelakaan diri (personal accident) menjamin risiko kematian, cacat tetap, biaya perawatan, dan atau pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh suatu kecelakaan, yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang datangnya secara tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan, dari luar, terlihat, langsung terhadap tertanggung yang seketika itu mengakibatkan luka badani yang sifat dan tempatnya dapat ditentukan oleh ilmu kedokteran.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kecelakaan diri merupakan asuransi yang menjamin tertanggung dari suatu kecelakaan dalam periode pertanggungan tertentu. Lamanya masa pertanggungan tergantung perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis.

Asuransi kecelakaan diri juga mempunyai manfaat yang akan membantu pemegang polis. Asuransi kecelakaan diri melindungi diri dari risiko meninggal dunia, risiko cacat tetap, dan risiko pengobatan atau perawatan di rumah sakit. Jadi hal-hal yang berkaitan dengan risiko kecelakaan bisa dilindungi. Selain itu, asuransi kecelakaan diri tidak hanya melindungi Anda dari risiko kecelakaan kendaraan. Beberapa risiko lain juga dilindungi seperti: Keracunan karena gas atau uap beracun perbuatan orang jahat, terpapar zat-zat yang mengandung hama penyakit, mati lemas atau terbenam, dan terasing di tempat sepi karena bencana.

Namun, sebelum membeli produk asuransi kecelakaan diri, menurut OJK ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu: Mengecek surat penawaran dari perusahaan dan memahami seluk beluk produk asuransi tersebut, membaca kontrak atau polis secara saksama, menanyakan poin yang belum jelas kepada agen, dan jika perlu meminta koreksi bila terdapat kesalahan data dalam polis yang diberikan.

Agar mendapat perlindungan menyeluruh, berikut hal yang perlu Anda pastikan saat membeli asuransi kecelakaan:

  1. Pastikan identitas yang didaftarkan ke perusahaan asuransi sama dengan identitas asli pemegang polis. Jangan pernah menggunakan identitas palsu, ini akan menjadi masalah di masa depan nantinya untuk Anda. Pastikan identitas saat mendaftar asuransi benar dan sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk), paspor, dan identitas lainnya.
  2. Sertakan nama lengkap anggota keluarga sebagai ahli waris. Hal ini berguna untuk memudahkan klaim pencairan dana saat pemegang polis meninggal dunia dalam kecelakaan.
  3. Baca secara lengkap syarat dan ketentuan dan pastikan Anda memahami apa saja yang dilindungi dan apa yang tidak. Sebab, tiap perusahaan asuransi memiliki polis yang berbeda-beda sehingga penting untuk Anda untuk selalu membaca syarat dan ketentuannya dan mengetahui apa saja yang dilindungi dan apa yang tidak dilindungi dalam asuransi.
  4. Anda harus mengetahui secara detail wilayah atau negara mana saja yang masuk cakupan asuransi. Hal ini akan bermanfaat seandainya jika Anda inigin melakukan klaim asuransi bila ada kejadian tak diinginkan di luar wilayah yang ditanggung asuransi.

Hak Atas Santunan

JAMINAN CACAT TETAP (JAMINAN A)

Jaminan Kematian akan diberikan dalam hal tertanggung meninggal dunia sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis, Kematian ini harus terjadi dalam batas waktu tunggu yang telah ditetapkan dalam kondisi polis.

JAMINAN CACAT TETAP (JAMINAN B)

Jaminan cacat tetap ini akan diberikan dalam hal tertanggung mengalami cacat tetap sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis, yang terdiri dari:

  1. CACAT TETAP KESELURUHAN. Dikatakan Cacat Tetap Keseluruhan dalam hal Cacat Tetap yang dideritanya sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis, berupa:
    1. kehilangan penglihatan kedua belah mata, atau
    2. hilang atau tidak berfungsinya kedua lengan, atau
    3. hilang atau tidak berfungsinya kedua tungkai kaki, atau
    4. hilang atau tidak berfungsinya: penglihatan satu mata dan satu engan; penglihatan satu maya dan satu tungkai kaki; atau satu tungkai kaki dan satu lengan.
    Dapat diartikan pula sebagai Cacat Tetap Keseluruhan, dalam hal kegilaan atau kelumpuhan total yang diderita tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis, berjalan terus-menerus sampai berakhirnya masa tunggu yang telah ditetapkan dalam kondisi polis.
  2. CACAT TETAP SEBAGIAN Dikatakan cacat tetap sebagian berupa hilang atau tidak berfungsinya sebagian dari anggota tubuh. Hak atas santunan ini berlaku setelah doter menetapkan keadaan cacar tetap yang diderita.
    Apabila tertanggung telah menerima santunan dalam hal cacat tetap, kemudian akibat kecelakaan yang sama itu tertanggung meningga dunia maka ha katas santunan dalam hal kematian akan diberikan setelah dikurangi dengan jumlah santunan cacat tetap yang telah dibayarkan. Jika santunan cacat tetap yang telah dibayar lebih besar daripada santunan kematian, maka tertanggung tidak berhak atas santunan kematian.
  3. BIAYA PERAWATAN ATAU PENGOBATAN. (JAMINAN C) Jaminan ini diberikan dalam hal pembayaran atas penggantian biaya- biaya perawatan dan atau pengobatan yang dilakukan dalam usaha untuk penyembuhan atau pemulihan sakit atau cidera yang diderita tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis. Hak atas penggantan ini diberikan sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh tertanggung namun tidak melampaui nilai pertanggungan yang tercantum dalam ikhtisar pertanggungan.

Lalu apa saja risiko yang tidak dijamin?

Yang tidak dijamin dalam polis ini adalah jika kecelakaan tersebut terjadi karena:

  1. Kecelakaan yang terjadi ketika tertanggung:
    1. Turut serta dalam lalu-lintas udara, kecuali sebagai penumpang yang sah (memiliki tiket resmi) dalam sautu pesawat udara pengangkut penumpang oleh maskapai pernerbangan yang memiliki izin untuk itu,
    2. bertinju, bergulat, dan semua jenis olahraga beladiri, rugby, hockey, olahraga di atas es atau salju, mendaki gunung atau gunung es dan semua jenis olahraga kontak fisik, memasuki gua-gua atau lubang-lubang yang dalam, berburu binatang, atau jika tertanggung berlayar seorang diri, atau berlatih untuk atau turut serta dalam perlombaan kecepatan atau ketangkasan mobil atau sepeda motor, olahraga udara dan olahraga air.
    3. dengan sengaja melakukan atau turut serta dalam tindak kejahatan.
    4. melanggar Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.
    5. menderita burut (hernia), ayan (epilepsy), sengatan matahari,
    6. terserang atau terjangkit gangguan-gangguan atau virus atau kuman penyakit dalam arti yang seluas-luasnya dan mengakibatkan antara lain timbulnya demam (hayfever), typhus, paratyphus, disentri, peracunan dalam makanan (botulism), malaria, sampar (leptospirosis), filaria dan penyakit tidur karena gigitan atau sengatan serangga kedalam tubuh.
    7. mengalami bertambah parahnya akibat-akibat kecelakaan karena mengidap penyakit gula, peredaran darah yang kurang baik, pembesaran pembuluh darah, butanya satu mata jika mata yang lain tertimpa kecelakaan. Dalam hal ini besarnya santunan diberikan tidak lebih tinggi dari yang akan diberikan jika tidak ada keadaan yang memberatkan akibat-akibat kecelakaan itu.
  2. Selain dari pada itu penanggung tidak wajib membayar santunan atas kecelakaan-kecelakaan yang disebabkan atau ditimbulkan:
    1. Ketika tertanggung menjalankan tugasnya dalam Dinas Kemiliteran atau Kepolisian dan atau yang berhubungan dengan atau yang diperbantukan untuk itu, kecuali jika telah disetujui Penanggung dengan tidak mengurangi apa yang ditetapkan dalam sub berikutnya.
    2. Baik langsung maupun tidak langsung karena:
      1. Perang atau keadaan yang dapat disamakan dengan itu, Kerusuhan, Pemogokan, Penghalangan Bekerja, Perbuatan Jahat, Huru-hara, Pembangkitan Rakyat, Pengambil-alihan Kekuasaan, Revolusi, Pemberontakan, Kekuatan Militer, Invasi, Perang Saudara, Perang dan Permusuhan, Makar, Terorisme, Sabotase, tindakan-tindakan kekerasan lainnya dengan tidak memandang apakah tindakan-tindakan itu ditujukan terhadap Tertanggung atau orang-orang lain,
      2. Ditahannya Tertanggung di dalam tempat tawanan atau tempat pengasingan karena deportasi atau dilaksanakan secara sah atau tidak sah suatu perintah dari pembesar-pembesar atau instansi kemiliteran, sipil kehakiman, kepolisian, atau politik yang telah diambil sehubungan dengan keadaan yang tersebut di atas atau bahaya yang akan timbul dari keadaan yang demikian itu

        Jika tertanggung atau orang-orang yang ditunjuk dalam polis ini menuntut santunan berdasarkan pertanggungan ini, maka yang bersangkutan wajib membuktikan kecelakaan tersebut tidak mempunyai hubungan apapun juga baik langsung maupun tidak langsung dengan kejadian-kejadian yang dikecualikan seperti tersebut dalam ayat ini.
    3. Baik langsung maupun tidak langsung karena atau terjadi pada reaksi-reaksi inti atom dan atau nuklir.
  3. Demikian pula Penanggung tidak wajib membayar santunan untuk:
    1. Biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mencegah atau mengurangi kerugian kecuali jika telah disetujui penanggung.
    2. Kecelakaan dan akibat-akibatnya yang disebabkan oleh tindakan yang dilakukan dengan sengaja, direncanakan, dikehendaki oleh tertanggung atau pihak yang berhak menerima santunan, kecuali:
      1. Karena Tertanggung manjalankan tugas yang termasuk pekerjaannya, sebagaimana yang diterangkan dalam polis ini atau
      2. Karena Tertanggung mencoba menyelamatkan dirinya, orang lain, hewan-hewan, barang-barang atau mempertahankan dan atau melindunginya secara sah dengan tidak mengurangi apa yang ditetapkan pada ayat 2.b diatas.
  4. Pengobatan atau tunjangan yang timbul sebagai akibat langsung atau tidak langsung dari infeksi virus HIV (Human Immuno Deficiency Virus) atau varian-varian virus HIV, termasuk penyakit kehilangan daya tahan tubuh atau kekebalan atau AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) dan penyakit yang berhubungan atau sejenis AIDS (AIDS Refused Complex %u2013 ARC)

Siapa saja yang dapat diasuransikan?

Hampir setiap orang dengan berbagai profesi / pekerjaan dengan usia antara 17 sampai 60 tahun terhadap ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas sehari-harinya dan biaya pengobatan sebagai akibat dari kecelakaan yang datangnya secara tiba-tiba dan tidak terduga. Dengan memiliki polis asuransi kecelakaan diri dapat memberikan jaminan terhadap masa depan Anda dan beserta keluarga bila terjadi musibah kecelakaan diri pada diri Anda. Yang dapat menjadi pemegang polis / Tertanggung adalah:

  1. Perorangan / pribadi
  2. Perusahaan
  3. Group / kelompok

Kewajiban tertanggung dalam hal terjadi suatu kecelakaan

Dalam hal terjadi suatu kecelakaan yang dijamin dalam pertanggungan ini, maka:

  1. Tertanggung wajib dengan segera mengambil langkah guna memperoleh pertolongan untuk pengobatan serta perawatan yang diperlukan atas luka yang dideritanya dari dokter.
  2. Tertanggung atau wakil atau keluarganya yang sah wajib memberitahuan kepada penanggung dalam waktu 5 (lima) hari kalender terhitung sejak terjadinya kecelakaan tersebut. Pemberitahuan dimaksud dilakukan secara tertulis atau secara lisan yang diikuti dengan tertulis kepada penanggung.
  3. Dalam hal terjadi kematian sebagai akibat kecelakaan, maka Ahli Waris atau keluarga tertanggung wajib:
    1. melaporkan kepada lurah setempat untuk mendapatkan surat keterangan meninggal dunia.
    2. meminta surat keterangan pemeriksaan jenazah (visum et repertum dari dokter atau rumah sakit dan
    3. memberikan kesempatan kepada penanggung untuk mengadakan pemeriksaan jenazah sebelum dilaksanakannya pemakaman atau pembakaran jenazah (kremasi).
  4. Jika kewajiban-kewajiban yang tersebut di atas tidak dipenuhi maka segala hak atau santunan atas penggantian menjadi batal.

Proses Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

Jika terjadi kecelakaan yang mungkin akan menimbulkan tuntutan penggantian, hal yang pertama Anda lakuan sebagai tertanggung adalah secepatnya melaporkan melalui telepon, telex, faksimile, e-mail selambatnya 1 X 24 jam dan/atau laporan tertulis selambatnya 3 X 24 jam. Anda sebagai tertanggung juga wajib menyampaikan dokumen-dokumen pendukung klaim yang umumnya sebagai berikut:

  1. Formulir laporan pengajuan klaim berikut kronologis kecelakaan yang terjadi
  2. Surat keterangan para saksi berikut bukti-bukti pendukung
  3. Polis asli atau fotokopi
  4. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP)
  5. Surat keterangan pemeriksaan (visum) dari dokter yang melakukan perawatan atau pengobatan
  6. Dalam hal tertanggung meninggal dunia,
  7. Surat keterangan mengenai hasil pemeriksaan jenazah (visum et repertum)
  8. Fotokopi surat keterangan meninggal dunia dari lurah setempat.

Belanja Asuransi Langsung Secara Online dengan Klaim Asuransi Mudah dan Dibantu Penanganannya

Dengan lisensi resmi sebagai Broker Asuransi, Anda bisa secara langsung membeli berbagai produk asuransi pilihan di Futuready.com. Untungnya lagi, Futuready akan memberikan rekomendasi kepada Anda saat memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan pengalaman dan pengetahuan akan produk-produk asuransi yang ada dari masing-masing mitra kami. Bahkan, Anda juga bisa berkonsultasi secara gratis bila butuh bantuan untuk mengurusi proses klaim asuransi yang Anda ajukan. Mudahnya lagi, Anda bisa melakukan klaim asuransi dengan cara online tanpa perlu ribet dan menghabiskan banyak waktu Anda. Pelajarilah prosedur klaim asuransi milik Anda. Jika Anda kurang paham, jangan ragu untuk bertanya kepada kami untuk membantu Anda.

DON’T MISS IT!

Dapatkan tip dan strategi keuangan hingga pilihan produk asuransi terbaik.
Update juga berbagai info terbaru langsung dari para ahli. Hanya di newsletter kami.

Kerahasiaan data Anda, aman bersama kami.