Asuransi kesehatan

“MESKI SAKIT, TAPI DOMPET TAK IKUT MENJERIT, SOLUSI ASURANSI KESEHATAN TANPA RIBET”
Beli Asuransi Kesehatan
Beli Asuransi Perjalanan
"MESKI SAKIT, TAPI DOMPET TAK IKUT MENJERIT, SOLUSI ASURANSI KESEHATAN TANPA RIBET"
SAYA MAU
ASURANSI KESEHATAN
Hapus Semua
Asuransi Kesehatan Terbaik
24/7 CERTIFIED RETAILER Akses dan belanja Asuransi di waktu yang Anda mau dengan aman karena Futuready memiliki lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Asuransi Kesehatan Yang Bagus
CONTROL THE PROCESS Bebas belanja kapanpun dan dimanapun tanpa dikejar-kejar dan tanpa beban. Kendali ada di ujung jari Anda!
Asuransi Kesehatan Murah
VARIETY OBJECTIVITY Bandingkan beragam pilihan produk Asuransi terbaik dengan informasi yang jelas, apa adanya, transparan dan objektif tanpa janji muluk.
Asuransi Kesehatan Indonesia
CLAIM HANDLING Belanja Asuransinya mudah, klaimnya juga lebih mudah karena kami bantu.

Teliti Supaya Tak Menyesal Belanja Asuransi Kesehatan Online  Terbaik

Tidak sampai satu menit menjalankan langkah awal membuka browser atau smartphone Anda demi mencari produk asuransi kesehatan online  terbaik. Tidak butuh waktu sampai tiga menit untuk memastikan produk asuransi kesehatan online terbaik yang Anda inginkan aman dan berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak sampai lima menit untuk mengecek lebih detail lagi apakah produk asuransi yang Anda inginkan bisa dipilih dan dibandingkan sendiri oleh Anda. Waktu singkat, pilihan tersedia, dan kebutuhan beragam, tinggal Anda yang meneliti sebelum berbelanja.

Bayangkan Anda berada di supermarket. Saat ingin belanja kebutuhan pokok ataupun jajan camilan membuat kita berhadapan dengan berbagai banyak kemasan. Satu kemasan memiliki banyak kode dan keterangan yang mengandung makna berbeda. Periksa satu-persatu setiap produknya? Oh ya, tentu dong! Mau tak mau belanja harus teliti demi menjamin rasa aman sebelum produk tersebut digunakan.

Kalau produknya sudah familiar dan selama ini jadi favorit Anda tentunya akan lebih mudah untuk Anda memeriksanya. Jadi, tak perlu menghabiskan waktu lama untuk melihat berbagai keterangan produk tersebut. Tapi, bagaimana kalau yang Anda inginkan itu adalah produk baru yang belum pernah Anda coba? Apa yang akan Anda lakukan? Langsung baca setiap keterangannya? Atau tanya penjaga supermarketnya?

Beruntungnya, Anda sudah ada di posisi yang tahu dan berniat untuk bertindak. Yang lain bagaimana? Meski begitu tidak banyak orang yang melakukannya kendati paham bahwa itu harus dilakukan. Ada pula yang memang tidak memahaminya. Orangtua yang berbelanja bulanan untuk kebutuhan keluarga dan konsumsi anak-anak masih ada yang abai mengecek setiap kemasan yang dibeli.

Lalu sekarang Anda sudah selesai berbelanja dan keluar dari supermarket. Hmmm... coba sekarang katakan apa Anda tahu penyakit kritis apa saja yang selama ini menjadi langganan terlaris penyakit yang banyak dialami oleh penduduk Indonesia?

Ada beberapa jenis penyakit terlaris sepertinya yang paling banyak dialami oleh penduduk Indonesia di tahun 2015. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan mencatat dari hasil analisa awal survei penyebab kematian berskala nasional. Apa penyakit paling sering jadi penyebab kematian di Indonesia saat ini? Peringkat pertama ternyata diduduki oleh masalah pembuluh darah di otak alias stroke.

10 jenis penyakit paling sering menjadi penyebab kematian di Indonesia adalah penyakit:

  1. Cerebrovascular atau pembuluh darah di otak seperti pada pasien stroke.
  2. Penyakit jantung iskemik.
  3. Diabetes Melitus dengan komplikasi.
  4. Tuberculosis pernapasan.
  5. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan komplikasi.
  6. Penyakit pernapasan khususnya Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).
  7. Penyakit liver atau hati.
  8. Akibat kecelakaan lalu lintas.
  9. Pneumonia atau radang paru-paru.
  10. Diare atau gastro-enteritis yang berasal dari infeksi.

Dari penjelasan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan tersebut, data dikumpulkan dari sampel yang mewakili Indonesia, meliputi 41.590 kematian sepanjang 2014, dan pada semua kematian itu dilakukan autopsi verbal, sesuai pedoman Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara real time oleh dokter dan petugas terlatih.

Dari data itu terlihat bahwa sejak 2015 terjadi perubahan menjadi stroke, jantung, diabetes, kanker, dan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas.

Stroke

Stroke adalah suatu penyakit yang banyak diderita pada usia lanjut yang mengakibatkan rusaknya sebagian dari otak. Hal ini terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat atau robek atau bocor. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, penyakit stroke ini menunjukkan gejala seperti kelemahan pada wajah, tangan, atau kaki pada satu sisi tubuh, kehilangan penglihatan, koordinasi tubuh dan baal di tubuh secara tiba-tiba, sakit kepala tiba-tiba, hingga kehilangan kesadaran.

Penyakit yang mendatangkan beban finansial tertinggi adalah stroke. Pada periode yang sama, pasien yang ditangani sejumlah 172.303 dengan biaya perawatan mencapai Rp794,08 miliar. Penyakit yang juga sering disebut sebagai penyakit tersumbat atau pecahnya pembuluh darah di otak ini perlu perawatan yang intensif karena berhubungan dengan otak. Tak jarang penderitanya akan mengalami cacat seumur hidup, karena itulah pengobatannya butuh biaya yang mahal.

Jantung

Serangan jantung adalah yang penyakit yang paling mematikan. Gejala yang terjadi pada tiap orang bisa berbeda-beda. Misalnya sesak di dada, perut mual, munculnya rasa cemas, rasa sakit yang menjalar ke seluruh tubuh, dan detak jantung yang lebih cepat. Anda bisa mencegahnya dengan hidup sehat, seperti berhenti merokok, makan makanan yang sehat, olahraga teratur, banyak minum air putih, serta menghindari stres.

Disebutkan pada periode Januari%u2013Juni 2014, terjadi 232.010 kasus yang menghabiskan dana Rp1,82 triliun. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah adanya penyumbatan aliran darah ke jantung. Untuk itu ada beberapa jenis perawatan yang biasa dilakukan, baik dengan operasi bypass (memberikan saluran baru ke jantung) atau pemasangan ring (memberikan semacam cincin untuk membuka saluran yang tersumbat).

Diabetes

Risiko diabetes selama ini dipahami lebih tinggi saat salah satu dari anggota keluarga semisal orangtua atau kakek-nenek Anda mengidap diabetes. Padahal, Anda juga memiliki risiko yang sama. Jika Anda termasuk orang yang kurang tidur dari jam normal, kemampuan tubuh memproses gula pun menjadi buruk, sehingga risiko diabetes semakin besar lagi. Sebab, kondisi awal datangnya diabetes ditandai dengan kegemukan. Gejala-gejala awal diabetes di antaranya sering haus, sering buang air kecil, dan luka yang sulit disembuhkan.

Penyakit yang dikenal berhubungan dengan gula ini menurut Menkes menghabiskan Rp313,64 miliar untuk menangani 70.584 pasien sepanjang Januari-Juni 2014. Penderita diabetes harus punya disiplin tinggi untuk mengontrol gula darah. Semakin tinggi kadar gula penyandang diabetes, maka akan semakin tinggi sejumlah penyakit komplikasi yang mungkin menyertai, seperti stroke, jantung, dan ginjal.

Kanker

Kanker memiliki gejala yang beragam. Menurut Yayasan Kanker Indonesia gejalanya bisa berupa gangguan saat buang air kecil/besar, gangguan alat pencernaan, bekas luka yang tak kunjung sembuh, dan munculnya benjolan di salah satu bagian tubuh. Dari berbagai jenis kanker, beberapa yang paling mematikan adalah kanker hati, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker darah (leukemia).

Jumlahnya mencapai Rp313,09 miliar untuk merawat 56.033 pasien. Ada beragam jenis kanker yang menyerang. Mulai dari kanker otak, laring, paru-paru, payudara, serviks, dan lainnya. Untuk merawat penderita, biasanya pasien harus menjalani kemoterapi hingga operasi pengangkatan kanker pada bagian tubuh yang terserang.

Kondisi Kesehatan yang Disebabkan Kecelakaan Lalu Lintas

Lebih dari 3.400 orang meninggal dunia di jalan setiap harinya, dan lebih dari puluhan juta orang mengalami luka-luka hingga cacat setiap tahunnya. Anak-anak, pejalan kaki, pengguna sepeda, dan orang tua adalah korban terbanyak dari para pengguna jalan. Kasus kecelakaan ini semua terjadi di jalan karena risiko-risiko yang timbul dari para pengguna kendaraan yang melewati batas kecepatan, pengemudi yang mabuk, penggunaan helm keselamatan yang kurang baik, sabuk pengaman, hingga pengamanan anak.

Itulah data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia yang termuat dalam Global Status Report on Road Safety 2015. Bahkan dalam data tersebut, Indonesia masuk dalam 10 daftar negara dengan angka kematian tertinggi yang diakibatkan kecelakaan di jalan raya bersama negara lainnya yaitu China, India, Amerika Serikat, Brazil, Pakistan, Nigeria, Bangladesh, Rusia, dan Jepang.

Ada jenis jenis penyakit tertentu yang bisa menjadi beban finansial bagi seseorang atau bahkan bagi keluarganya. Jika tak ada persiapan, pengobatannya membutuhkan biaya ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Dari penjabaran di atas Anda sekarang tahu kan berapa perkiraan biaya berobat sakit kritis? Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Djuwita Anfasa Moeloek, beban pembiayaan penyakit kritis tersebut memang sangat besar. Dari periode Januari hingga Juni 2014 saja, jika dihitung dari klaim program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), jumlahnya mencapai Rp5,27 triliun. Itu pun belum termasuk mereka yang dirawat tanpa menggunakan fasilitas asuransi dari BPJS Kesehatan. Bukan itu saja. Bahkan menurut perkiraan The World Economic Forum (WEF), penyakit tidak menular yang berpotensi berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia pada periode 2012 hingga 2030 mencapai USD 4,47 triliun atau sekitar Rp58 ribu triliun (kurs USD 1 = Rp13 ribu).

Tahukah Anda? 1 dari 4 orang yang tidak memiliki asuransi kehilangan hampir seluruh tabungannya untuk membayar tagihan rumah sakit.

Bukan sebuah hal yang mengada-ada sebenarnya bila melihat nominal yang harus dikeluarkan untuk menutupi biaya seluruh perawatan. Kalau ada tabungan mungkin aman, kalau tidak ada dana darurat sama sekali? Bisa-bisa Anda nanti berhutang sana-sini.

Jadi, perlukah Anda memiliki asuransi kesehatan?

Keuntungan asuransi kesehatan menjadi program yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari penggantian uang atau pemberian pelayanan kesehatan, disebabkan oleh penyakit, kecelakaan kerja, kecelakaan diri, hingga penggantian penghasilan yang hilang akibat menderita suatu penyakit atau mengalami sebuah kecelakaan.

Artinya, segala biaya yang terkait dengan kesehatan seperti biaya rumah sakit, biaya dokter, biaya obat, dan bahkan biaya operasi akan ditanggung perusahaan asuransi, yang disesuaikan dengan isi perjanjian yang tertera pada polis asuransi kesehatan yang Anda miliki.

Secara khusus, pengertian asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan para peserta asuransi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Dalam asuransi kesehatan, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap dan rawat jalan.

Sebelum jauh, untuk mempelajari tentang asuransi kesehatan, Anda dapat menyimak ulasan tentang pengertian, manfaat, dan jenis asuransi kesehatan di bawah ini.

JENIS-JENIS ASURANSI KESEHATAN

Asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi berbagai macam jenis, maksudnya terdapat beberapa hal yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah berdasarkan jenis perawatan, pengelola dana, keikutsertaan anggota, jumlah dana yang ditanggung, pihak tertanggung, dan cara penggantian.

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan terbaik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

  1. Dari fungsi jenis perawatan asuransi kesehatan terbaik rawat inap (in-patient treatment) yang bisa dinikmati oleh peserta asuransi kesehatan terbaik mencakup biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya untuk melahirkan, biaya darurat (emergency service). Juga manfaat perawatan gigi yang terbagi dalam pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, serta pemasangan gigi palsu. Fasilitas rawat inap dari asuransi kesehatan ini bisa Anda terima selama kondisi kesehatan Anda masih menurun, mengenai ruangan perawatan biasanya tergantung dengan perjanjian awal Anda ketika mengajukan asuransi di perusahaan asuransi yang Anda pilih.
  2. Sedangkan kegunaan rawat jalan (out-patient treatment) mencakup beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat memakai resep, biaya atas tindakan pencegahan, dan biaya alat-alat bantu yang disarankan oleh dokter. Ada batas maksimum pemakaian dana tiap-tiap tahunnya dalam manfaat rawat jalan.

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pengelola Dana

Sedangkan berdasarkan pengelola dana, dalam asuransi kesehatan terdapat dua pihak, yaitu pemerintah dan swasta.

Pemerintah mengamanatkan setiap warga negara untuk mengikuti program jaminan sosial negara lewat dua institusi lembaga sebagai penyelenggara jaminan sosial (BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan). Di Indonesia, jaminan sosial mengatur mengenai topik kelangsungan hidup di hari tua (pensiun) melalui BPJS Ketenagakerjaan, kelangsungan hidup jika terjadi kecelakaan melalui BPJS Ketenagakerjaan, dan juga kelangsungan hidup jika terjadi sakit melalui BPJS Kesehatan. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang mengamanatkan bahwa setiap Warga Negara Indonesia wajib mengikuti program BPJS.

Berbeda dengan jaminan sosial, asuransi umumnya berupa program perlindungan yang dikeluarkan oleh BUMN seperti asuransi jasa raharja atau pun asuransi swasta yang banyak ditemui di Indonesia. Program perlindungan tersebut bisa berbentuk asuransi kesehatan untuk memberikan penggantian tunai atas biaya berobat karena sakit, dan lainnya. Keanggotaan ditandai dengan adanya polis asuransi yang diterbitkan perusahaan asuransi. Anda dapat membeli polis asuransi di perusahaan asuransi yang dipilih.

Saran dari Prita Ghozie, perencana keuangan, untuk menentukan pilihan asuransi kesehatan terbaik ada baiknya jika dilihat dari faktor kebutuhan Anda. Mari lihat faktor penentu berikut ini.

  1. Aturan Kepesertaan: Jaminan sosial secara aturan wajib dimiliki setiap warga negara seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Perubahannya tahun 2002, khususnya pasal 28 H ayat (3) dan pasal 34 ayat (2) dan peraturan presiden. Satu orang hanya akan memiliki satu identitas kepesertaan. Sedangkan asuransi biasanya akan dianjurkan dalam perencanaan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Asuransi memang tidak diatur dalam undang-undang, namun tata kelola perusahaan asuransi tetap diatur dalam sebuah aturan dan memiliki asosiasi.
    Satu orang dapat memiliki satu polis asuransi untuk jenis yang sama, karena pemegang polis tidak dapat mengajukan lebih dari satu klaim asuransi untuk rumah sakit yang sama. Selain itu sebelum membeli polis asuransi Anda harus terlebih dahulu memahami dan mencari tahu berapa besarnya premi yang harus dibayarkan dan memiliki kemampuan finansial untuk membayarnya. Dalam hal asuransi umum, pihak asuransi hanya dapat melindungi satu objek saja misalnya rumah atau kendaraan.
  2. Cakupan Wilayah: Perbedaan mendasar untuk jaminan sosial dan asuransi juga terletak di wilayah penggantian klaim. Umumnya, jaminan sosial hanya berlaku di negara setempat misalnya Indonesia untuk berbagai BPJS, sedangkan asuransi bisa lebih luas cakupan perlindungannya hingga luar Indonesia, misalnya biaya rawat inap di Amerika. Rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS pun terbatas, sesuai dengan rujukan yang diberikan pemerintah.
  3. Biaya: Dengan cakupan yang lebih menyeluruh, asuransi cenderung membutuhkan biaya yang lebih besar, namun hal ini setimpal dengan perlindungan tambahan yang diberikan.
    Meskipun Anda sudah memiliki BPJS Kesehatan, tidak ada salahnya untuk juga memiliki asuransi kesehatan tambahan. Hal ini diperlukan jika fasilitas kesehatan yang biasa Anda gunakan belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan atau pun jika Anda memiliki kebutuhan untuk berobat ke luar negeri di masa mendatang. Pastikan juga Anda mampu untuk membayar iuran jaminan sosial atau pun premi asuransi.
    Sementara itu, meski memiliki premi lebih tinggi, asuransi swasta menyediakan perlindungan menyeluruh termasuk penggantian biaya untuk penyakit kritis seperti kanker, stroke, dan jantung koroner melalui proteksi tambahan. Anda juga lebih leluasa memilih tempat berobat karena pilihan RS yang lebih banyak ketimbang BPJS. Oleh karena itu, sebaiknya customer mengecek terlebih dahulu di buku polis.

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Keikutsertaan Anggota

Berdasarkan keikutsertaan anggota, dalam asuransi kesehatan dapat dilakukan atas dasar kewajiban maupun secara sukarela. Dalam perusahaan-perusahaan besar terkadang mewajibkan karyawannya untuk mengikuti program asuransi kesehatan di mana pembayaran premi dilakukan dengan cara pemotongan gaji, sehingga mau tidak mau karyawan harus mengikuti aturan perusahaan, ini tentu berbeda dengan orang yang bebas mau beli atau tidak asuransi kesehatan sesuai dengan keinginannya sendiri. Sedangkan jika dilihat berdasarkan jumlah dana yang ditanggung, dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang pertama seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan asuransi dan yang kedua perusahaan asuransi hanya menanggung biaya yang tinggi saja, sehingga biaya-biaya rendah yang timbul tidak ditanggung.

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Dalam asuransi kesehatan, pihak yang ditanggung juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu individu dan juga kelompok. Perusahaan asuransi dapat memberikan perlindungan kesehatan terhadap orang perorang secara individu asalkan mereka berwarga Negara Indonesia. Selain itu, dapat juga diberikan secara kelompok, misalkan diberikan kepada suatu organisasi, perusahaan, atau dapat juga diberikan kepada sebuah keluarga, dengan syarat umumnya dalam kelompok tersebut minimal harus terdapat 5 orang.

Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Sistem Penggantian atau Klaim Asuransi Kesehatan

Perlu Anda ketahui, agar memperoleh jaminan asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan, saat memilih produk asuransi kesehatan Anda pun harus melihat sistem pembayaran klaim dari asuransi yang dipilih. Soalnya, secara umum, ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa dilakukan, yaitu klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement, cashless, dan santunan.

Sistem Reimbursement

Sistem reimbursement adalah fasilitas klaim asuransi kesehatan di mana Anda sebagai pemegang polis asuransi kesehatan harus membayar atau menanggung biaya medis yang ada dari uang pribadi Anda terlebih dahulu. Barulah kemudian biaya tersebut ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran yang diterima dari pihak rumah sakit.

Meskipun beberapa perusahaan asuransi sudah jarang menerapkan sistem reimbursement kepada nasabahnya, namun nyatanya masih ada saja asuransi yang menyediakan sistem tersebut. Jadi sebaiknya, bila sistem klaim asuransi kesehatan reimbursement yang Anda pilih teliti untuk menyimpan semua dokumen pembayaran yang sudah Anda bayarkan agar uang Anda bisa kembali nantinya.

Sistem Cashless

Banyak yang sering menyebut sistem klaim asuransi kesehatan cashless ini dengan nama kartu sakti. Anda pernah mendengarnya juga istilah itu? Nah, ketika nanti Anda menggunakan sistem cashless, Anda akan dibekali dengan kartu sejenis kartu keanggotaan biasanya seukuran dengan kartu ATM. Jadi, ketika Anda mengalami sakit yang mengharuskan membayar biaya pengobatan atau harus dirawat inap di rumah sakit. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya pengobatan tersebut, Anda cukup menunjukkan kartu anggota asuransi kepada pihak rumah sakit. Maka dengan begitu, semua pembiayaan pengobatan atau rumah sakit Anda akan dibayarkan oleh pihak rumah sakit. Selanjutnya, rumah sakit akan meneruskan tagihan tersebut ke perusahaan asuransi kesehatan yang bersangkutan.

Tetapi patut diingat bahwa, dalam menggunakan kartu tersebut. Anda harus mencari rumah sakit, yang memang sudah menjadi rekanan dari perusahaan asuransi yang Anda pilih tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas. Bukan hanya jaringan rumah sakit yang luas, tapi pertimbangkan juga untuk langsung mencari detail rumah sakit yang dekat dengan jarak kediaman Anda. Jadi bila suatu saat terjadi hal-hal mendesak, Anda bisa dengan cepat sampai ke rumah sakit dan mendapatkan pertolongan. Selain itu, biasanya premi asuransi kesehatan dengan sistem cashless ini sedikit lebih mahal dibanding sistem reimbursement.

Sistem Klaim Santunan

Selanjutnya, klaim asuransi kesehatan dengan sistem santunan adalah di mana perusahaan asuransi akan memberikan santunan harian selama Anda dirawat di rumah sakit. Besarnya santunan biasanya telah disepakati sebelumnya antara Anda dengan perusahaan asuransi. Untuk melakukan klaim asuransi kesehatan dengan sistem ini, terdapat sejumlah dokumen yang harus Anda lampirkan. Seperti formulir klaim asuransi, kwitansi pengobatan, diagnosa sakit, dan sejumlah dokumen lainnya.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Futuready tahu, Anda pasti sangat memperhatikan aspek kesehatan dalam hidup Anda. Tabungan dan penghasilan yang Anda miliki tentunya Anda rencanakan untuk meningkatkan kemampuan finansial Anda untuk membiayai semua kebutuhan hidup Anda dan keluarga tercinta. Nah, memiliki asuransi kesehatan terbaik menjadi cara Anda untuk melindungi kondisi finansial Anda. Jangan sampai uang yang Anda miliki habis hanya untuk biaya pengobatan saat sakit dan membutuhkan perawatan. Asuransi kesehatan terbaik adalah solusi yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Asuransi kesehatan memberikan beberapa manfaat bagi pesertanya. Masing-masing produk asuransi mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Meski begitu, secara umum ada manfaat dasar yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi yang diikuti, sebaiknya Anda mengenal berbagai manfaat dari asuransi kesehatan.

Berikut ini manfaat-manfaat yang harus Anda ketahui dan bisa didapat sebagai peserta asuransi kesehatan:

Manfaat Rawat Inap

Layanan rawat inap menjadi manfaat dasar yang bisa diperoleh peserta asuransi kesehatan. Manfaat rawat inap ini biasanya karena sakit atau karena kecelakaan. Ada plafon atau batas tertinggi untuk besaran biaya rawat inap yang ditanggung perusahaan asuransi untuk biaya rawat inap.

Manfaat Rawat Jalan

Manfaat yang satu ini adalah manfaat tambahan sebuah asuransi kesehatan dan umumnya produk asuransi kesehatan memberikan manfaat rawat jalan. Manfaat rawat jalan ini terdiri dari biaya konsultasi dokter umum, dokter spesialis, biaya obat memakai resep, biaya atas tindakan pencegahan, biaya laboratorium, dan biaya alat-alat bantu yang disarankan oleh dokter. Ada batas maksimum pemakaian dana tiap-tiap tahunnya dalam manfaat rawat jalan. Manfaat rawat jalan bisa juga termasuk medical check up, imunisasi, dan keluarga berencana. Namun, untuk tiga manfaat terakhir biasanya preminya lebih tinggi.

Manfaat Persalinan

Manfaat persalinan juga umum didapat dari asuransi kesehatan. Namun tidak semua asuransi kesehatan memberikan manfaat persalinan. Tergantung jenis produk yang Anda ambil dan besaran preminya. Manfaat ini bisa Anda ambil sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, manfaat ini termasuk manfaat asuransi tambahan (rider). Bila sudah memiliki anak dan sudah melakukan KB, tentu manfaat ini tidak perlu diambil.

Manfaat Penggantian Kacamata

Penggantian kacamata bisa juga menjadi manfaat tambahan dari produk asuransi kesehatan. Manfaat ini umumnya didapat sekali dalam setahun. Jadi bila Anda sudah mendapatkan manfaat ini sekali, maka Anda tidak dapat mengajukan klaim di tahun yang sama.

Manfaat Perawatan Gigi

Manfaat perawatan gigi juga menjadi bagian manfaat tambahan asuransi kesehatan. Memang tidak semua menyediakan manfaat ini, tergantung premi yang Anda pilih. Manfaat perawatan gigi umumnya hanya dibatasi perawatan medis seperti menambal gigi berlubang atau menyabut gigi. Untuk pemasangan kawat gigi umumnya sudah tidak dijamin.

Risiko yang Tidak Ditanggung Oleh Asuransi Kesehatan

Tidak semua risiko penyakit ditanggung oleh perusahaan asuransi apabila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan. Anda harus mengenali risiko-risiko yang tidak ditanggung tersebut. Agar saat proses pengajuan klaim asuransi kesehatan kelak Anda paham apa saja yang bisa Anda klaim dan yang termasuk dalam pengecualian.

Pemahaman produk asuransi kesehatan ini penting, agar Anda bisa memperoleh manfaat maksimal dari produk yang Anda beli. Berikut ini beberapa risiko yang tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan dan perlu Anda ketahui:

Penyakit Kritis

Asuransi standar umumnya tidak menanggung biaya pengobatan penyakit kritis seperti jantung, kanker, gagal ginjal, dan lainnya. Sebelum memilih produk asuransi kesehatan, pastikan Anda mengetahui jenis penyakit apa saja yang tidak ditanggung. Jangan hanya menanyakan penyakit apa saja yang ditanggung.

HIV/ AIDS

Asuransi kesehatan standar umumnya juga tidak menanggung biaya pengobatan untuk HIV/ AIDS. Namun, ada juga produk asuransi yang menyediakan manfaat asuransi tambahan (rider) untuk pemeriksaan dan perawatan HIV/AIDS. Biasanya preminya lebih tinggi untuk asuransi yang menanggung biaya pengobatan HIV/ AIDS.

Penyakit Bawaan

Perusahaan asuransi biasanya juga tidak menjamin penyakit bawaan atau biasa disebut pre-existing condition. Tapi jangan berbohong dan menyembunyikan kondisi kesehatan Anda ketika mendaftar asuransi. Bila perusahaan asuransi mengetahui bahwa Anda memberikan keterangan palsu saat mendaftar, ketika mengajukan klaim akan ditolak.

Untuk memahami risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi apabila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan, maupun risiko yang tidak ditanggung, sebaiknya Anda membaca isi polis secara teliti.

Panduan untuk Anda memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Mungkin Anda pernah berpikir produk asuransi mana yang paling cocok bagi Anda. Tapi ketika membandingkan antara satu produk asuransi dengan produk asuransi lainnya, Anda masih merasa bingung mana yang paling pas dan cocok. Daripada menerka-nerka, kami berikan ciri-ciri asuransi yang pas bagi Anda. Sebab di Futuready Anda bisa langsung membandingkan sendiri berbagai produk asuransi kesehatan. Anda tinggal perhatikan hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan setelah perbandingan yang Anda lakukan, produk asuransi mana yang akan Anda miliki. Berikut ini panduan memilih asuransi kesehatan terbaik!

Cari Tahu Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

Anda perlu mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Pastikan perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi kesehatan yang ingin Anda miliki, terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK rekam jejaknya lebih jelas secara hukum. Anda sebaiknya juga mencari informasi rekam jejak perusahaan asuransi tersebut dari sumber lain misalnya dengan membaca surat pembaca di media atau blog yang membahas produk dan layanan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.

Besar Nilai Pertanggungan Maksimalnya

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan adalah nilai pertanggungan. Berapa nilai pertanggungan yang pas buat Anda? Anda sendiri yang bisa memperkirakannya. Nilai pertanggungan harus dihitung berdasarkan risiko penyakit. Misalnya saja Anda mempunyai potensi penyakit seperti jantung, hepatitis, atau stroke, idealnya Anda memiliki asuransi dengan nilai tinggi atau asuransi yang menanggung risiko penyakit tersebut. Asuransi penyakit kritis adalah contoh asuransi yang menanggung penyakit kritis. Perlu juga diingat, semakin besar uang pertanggungan yang akan diperoleh, semakin besar juga premi yang harus dibayar.

Menanyakan Pengecualian yang Membuat Risiko Tidak Ditanggung

Biasanya ada pengecualian-pengecualian dalam asuransi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu menanyakan, apa saja pengecualiannya. Pengecualian dalam asuransi kesehatan ini adalah risiko yang tidak ditanggung jika terjadi sesuatu. Agar tetap ditanggung, biasanya seseorang perlu membeli asuransi tambahan (rider), misalnya untuk perlindungan penyakit kritis.

Teliti Apa Saja Fasilitas yang Diberikan untuk Anda Sebagai Peserta Asuransi Kesehatan Terbaik

Teliti lebih jeli mengenai manfaat apa saja yang diberikan oleh asuransi kesehatan tersebut. Sebelum menandatangani persetujuan polis dan melakukan pembayaran premi, pastikan Anda sudah memahami fasilitas apa saja yang diberikan. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa saja pengecualian-pengecualian dari polis tersebut. Tanyakan berapa nilai maksimal penggantian rawat jalan dan perlindungan rawat inap di rumah sakit. Pahami hal-hal seperti ini secara mendetail agar Anda tidak menemui kesulitan saat mengajukan klaim. Selain itu, apakah sistem pembayaran klaimnya secara cashless atau dengan reimburse.

Lokasi Rumah Sakit Rekanan

Dari keluhan lain yang mengutarakan bahwa, sulit sekali mencari rumah sakit rekanan dari produk asuransi yang Anda miliki. Maka, sebaiknya hal ini jadi salah satu pertimbangan utama juga. Cari asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan jarinhgan rumah sakit yang luas. Bahkan hingga jaringan rumah sakit yang tersebar di seluruh dunia. Jadi bila Anda berada di luar negeri tak perlu khawatir bila harus mendapatkan pelayanan perawatan kesehatan. Oh ya, pertimbangkan juga asuransi kesehatan terbaik yang memiliki rumah sakit rekanan yang jaraknya dekat dengan tempat tinggal Anda. Seandainya terjadi kondisi darurat, Anda bisa segera mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut. Bila rumah sakit mitra asuransi jauh dari tempat tinggal Anda, hal tersebut bisa merepotkan ketika akan berobat.

Kemudahan Proses Klaim Asuransi Kesehatan

Salah satu masalah yang kerap membuat Anda malas bisa jadi karena proses klaim yang lambat dan bahkan pengajuan klaim selalu ditolak. Biar hal itu tidak menimpa Anda, tanyakan secara jelas bagaimana proses klaim asuransi kesehatan tersebut secara lanjut. Jangan sampai saat Anda mengajukan klaim terhambat karena Anda kurang paham prosedur pengajuan klaimnya. Atau hal mandiri yang bisa Anda lakukan juga banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di dunia maya dan cari informasi mengenai perusahaan asuransi yang proses pengajuan klaimnya mudah yaitu dengan sistem klaim asuransi online.

Belanja Asuransi Langsung Secara Online dengan Klaim Asuransi Mudah dan Dibantu Penanganannya

Dengan lisensi resmi sebagai Broker Asuransi, Anda bisa secara langsung membeli berbagai produk asuransi pilihan di Futuready.com. Untungnya lagi, Futuready akan memberikan rekomendasi kepada Anda saat memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan pengalaman dan pengetahuan akan produk-produk asuransi yang ada dari masing-masing mitra kami. Bahkan, Anda juga bisa berkonsultasi secara gratis bila butuh bantuan untuk mengurusi proses klaim asuransi yang Anda ajukan. Mudahnya lagi, Anda bisa melakukan klaim asuransi dengan cara online tanpa perlu ribet dan menghabiskan banyak waktu Anda. Pelajarilah prosedur klaim asuransi milik Anda. Jika Anda kurang paham, jangan ragu untuk bertanya kepada kami untuk membantu Anda.

DON’T MISS IT!

Dapatkan tip dan strategi keuangan hingga pilihan produk asuransi terbaik.
Update juga berbagai info terbaru langsung dari para ahli. Hanya di newsletter kami.

Kerahasiaan data Anda, aman bersama kami.