Asuransi mobil

“DAPATKAN ASURANSI MOBIL TERBAIK BAGI ANDA!”
Beli Asuransi Kendaraan
Beli Asuransi Perjalanan
"DAPATKAN ASURANSI MOBIL TERBAIK BAGI ANDA!"
SAYA MAU
ASURANSI MOBIL
Hapus Semua
24/7 CERTIFIED RETAILER Akses dan belanja Asuransi di waktu yang Anda mau dengan aman karena Futuready memiliki lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
CONTROL THE PROCESS Bebas belanja kapanpun dan dimanapun tanpa dikejar-kejar dan tanpa beban. Kendali ada di ujung jari Anda!
VARIETY OBJECTIVITY Bandingkan beragam pilihan produk Asuransi terbaik dengan informasi yang jelas, apa adanya, transparan dan objektif tanpa janji muluk.
CLAIM HANDLING Belanja Asuransinya mudah, klaimnya juga lebih mudah karena kami bantu.

Belanja Asuransi Mobil Terbaik Online Cuma Futuready

“Kendaraan pribadi sekarang ini bukan hanya terbatas sebagai alat mengantarkan Anda dari satu tempat ke tempat tujuan lain. Setuju? Apalagi di kota-kota besar dengan mobilitas yang tinggi, kendaraan pribadi termasuk salah satunya mobil Anda, sudah seperti rumah kedua. Setuju lagi?”

Yes, Sahabat Futuready, itulah yang terjadi sekarang ini bisa dikatakan hampir semua hal yang biasanya Anda lakukan di rumah bisa Anda lakukan di dalam mobil. Seperti aktivitas harian dari rumah, Anda pergi kerja dengan kendaraan. Berada di jalan menghabiskan waktu satu hingga dua jam bila jaraknya dekat. Bisa lebih dari itu.

Belum lagi kalau Anda mengejar datang lebih awal ke kantor, meja makan Anda “pindah” ke balik setir demi mendapatkan sarapan pagi dan absen yang tepat waktu. Bahkan, terkadang lemari baju Anda juga ikut pindah ke bangku belakang dan bagasi saat ada agenda after office hours. Bukan hanya itu, di dalam mobil pribadi Anda juga pasti sering bernyanyi kencang-kencang saat dalam perjalanan, mengobrol dari mulai hal kecil hingga obrolan berat dengan sahabat atau pasangan. Atau bahkan juga melakukan persiapan meeting hingga menggelar meeting itu sendiri di dalam mobil.

Menghabiskan hampir seluruh waktu Anda di rumah kedua ini alias di dalam mobil Anda, tentunya bukan tanpa bekal. Anda butuh kendaraan yang tak hanya mampu melaju cepat tanpa tersendat. Tapi juga aman dari risiko internal dan ekternal yang kapan pun dan di manapun bisa terjadi.

Pertanyaan sederhana, tahu kah Anda bila lebih dari 3.400 orang meninggal dunia di jalan setiap harinya, dan lebih dari puluhan juta orang mengalami luka-luka hingga cacat setiap tahunnya. Anak-anak, pejalan kaki, pengguna sepeda, dan orang tua adalah korban terbanyak dari para pengguna jalan. Kasus kecelakaan ini semua terjadi di jalan karena risiko-risiko yang timbul dari para pengguna kendaraan yang melewati batas kecepatan, pengemudi yang mabuk, penggunaan helm keselamatan yang kurang baik, tidak dipakainya sabuk pengaman, hingga kursi pengamanan untuk anak yang tidak memenuhi standar.

Itulah data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia yang termuat dalam Global Status Report on Road Safety 2015. Bahkan dalam data tersebut, Indonesia masuk dalam 10 daftar negara dengan angka kematian tertinggi yang diakibatkan kecelakaan di jalan raya bersama negara lainnya yaitu China, India, Amerika Serikat, Brazil, Pakistan, Nigeria, Bangladesh, Rusia, dan Jepang.

ASURANSI MOBIL, PERLUKAH?

Karena kondisi dan keadaan jalan tidak bisa ditebak, serta risiko kecelakaan tidak pernah terduga datangnya. Kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bila itu terjadi, perkiraan jenis biaya yang dikeluarkan untuk perawatan atas kecelakaan saja sudah banyak: Biaya ambulance, biaya ruang perawatan, biaya pengobatan, pembedahan, atau biaya patah tulang yang nominalnya bisa mencapai puluhan juta.

Belum lagi bagaimana bila mobil kesayangan Anda juga ikut kena imbasnya? Jika Anda tinggal di kota yang padat penduduk, seperti di Jakarta, jumlah kendaraan yang lalu lalang sangat padat. Bisa saja kecelakaan atau kemalingan mobil terjadi. Pengertian asuransi mobil adalah jenis asuransi yang menanggung khusus kendaraan mobil, di mana risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan akan dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin. Karena itu, membeli polis asuransi mobil adalah salah satu cara untuk mengantisipasi risiko, yakni dengan mengalihkannya kepada perusahaan asuransi.

Jika Anda memiliki asuransi berarti Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi. Katakanlah suatu saat Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi. Adanya asuransi mobil akan sangat membantu Anda dalam hal ini, bukan? Inilah salah satu alasan asuransi mobil tersebut memang perlu Anda miliki.

5 HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM MEMILIKI ASURANSI MOBIL

Anda mungkin akan berpikir, “Selama ini aman saja berkendara dengan mobil, lagi pula belum tentu dalam setahun akan terjadi kecelakaan pada saya. Sayang ah uangnya!” Apabila Anda berpikir demikian, dan akhirnya memutuskan tidak perlu mengasuransikan mobil, maka Anda perlu pertimbangkan lagi. Kita semua tidak bisa meramalkan apa yang terjadi nantinya. Kita semua tidak ingin mengalami kecelakaan atau kehilangan, tapi lebih baik mencegah kerugian yang lebih besar, bukan?

Faktanya: Kenaikan jumlah kecelakaan dari 2014-2015 sebesar 80%.

PILIHAN JENIS-JENIS JAMINAN ASURANSI MOBIL

Kendaraan adalah salah satu alat transportasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Bahkan bisa dikatakan mobil Anda telah menjadi “rumah kedua”. Dari macam-macam asuransi yang ada, membeli asuransi mobil terbaik untuk kendaraan baru atau kendaraan yang sudah Anda miliki merupakan hal penting agar ketika terjadi musibah, Anda tak perlu lagi khawatir mengeluarkan biaya perbaikan yang jumlahnya tidak sedikit.

Mengenal macam-macam asuransi termasuk asuransi mobil terbaik beserta manfaatnya penting diketahui sebelum Anda berbelanja asuransi mobil terbaik di Futuready. Singkat cerita, apa saja jenis proteksi yang bisa didapat nasabah asuransi mobil dari penyedia asuransi, berikut ulasannya:

Asuransi Mobil All Risk/Comprehensive

All risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Asuransi ini disebut juga asuransi mobil comprehensive atau keseluruhan. Ini berarti asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Berbeda dengan TLO (yang akan kami bahas di bawah), lecet sedikit saja pada mobil, asuransi akan membayarkan klaim asuransi. Hanya saja asuransi mobil all risk pembiayaannya lebih mahal daripada TLO. Apalagi jika Anda memutuskan untuk memasukkan manfaat tambahan (rider) seperti risiko huru-hara, banjir, dan kerusakan oleh pihak lain. Penetapan besaran premi asuransi kendaraan all risk akan bergantung dari hitungan harga kendaraan mobil, di wilayah mana Anda tinggal, dan usia kendaraan Anda. Besaran premi tersebut berlaku untuk satu tahun. Oh hey, yang nantinya Anda dapatkan akan lebih bermanfaat nilainya dari sekadar uang yang Anda keluarkan untuk membayar preminya, lho.

Ini adalah yang Anda dapatkan dari asuransi mobil all risk jika Anda memilih semua perluasan perlindungan yang tersedia:

 

  1. Perlindungan dari huru-hara. Jika terjadi huru-hara yang mengakibatkan rusaknya kendaraan, Anda akan mendapatkan sejumlah ganti rugi. Dalam artian, pergantian dari asuransi baru berlaku bila mobil Anda rusak karena kerusuhan, sabotase, terorisme, penghalangan kerja, dan penjarahan. Namun tetap perhatikan, kejadian huru-hara seperti apa yang dijamin asuransi Anda, sebab ada beberapa tipe huru-hara yang tidak ditanggung pihak asuransi.
  2. Perlindungan dari bencana alam. Saat terjadi bencana alam yang membuat kendaraan rusak, Anda berhak memperoleh ganti rugi. Misalkan, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, dan segala macam bencana alam lainnya, dijamin asuransi. Termasuk, bila kendaraan Anda tertimpa pohon tumbang. Namun ada beberapa ketentuan pengecualian. Misalnya jika terkena banjir dan Anda sengaja mencoba menyalakan kendaraan, asuransi bisa saja menolak menanggung kerugian tersebut. Jangan nakal melakukan hal itu ya.
  3. Tanggung Jawab Hukum Pihak III. Ini istilah ganti rugi yang diberikan kepada pihak lain. Misalnya Anda menabrak mobil orang lain dan orang tersebut menuntut ganti rugi. Pihak asuransi akan mengganti rugi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tetapi jika ternyata Anda mabuk saat mengemudi, asuransi berhak untuk menolak memberikan ganti rugi.
  4. Kecelakaan diri pengemudi. Selain melindungi kendaraannya, ada asuransi kendaraan yang juga memproteksi penumpangnya seperti penggantian biaya rumah sakit, santunan untuk cacat tetap dan meninggal dunia.
  5. Kecelakaan diri penumpang. Perluasan lain yang bisa Anda tambahkan juga mengenai kecelakaan diri penumpang. Jaminan terhadap risiko kecelakaan diri penumpang dapat dipertanggungkan atas risiko meninggal dunia, cacat tetap, dan biaya perawatan atau pengobatan dokter.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

TLO (Total Loss Only): yaitu jaminan terhadap kehilangan kendaraan saja atau jika terjadi kerusak an lebih dari 75% dari harga kendaraan. Secara harfiah Total Loss Only (TLO) berarti “hanya (jika) kehilangan total”. Berarti klaim asuransi hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian atau pun karena perampasan. Bila kerusakan yang dialami kurang dari itu, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Patokan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk.

Jadi, jenis asuransi komprehensif atau all risk adalah jenis asuransi yang banyak dipakai pada kendaraan jenis mobil penumpang. Sedangkan jenis asuransi TLO banyak digunakan untuk kendaraan angkutan barang dan sepeda motor. Asuransi TLO preminya lebih murah, namun perhitungan besaran premi asuransi mobil TLO akan bergantung dari hitungan harga kendaraan mobil, di wilayah mana Anda tinggal, dan usia kendaraan Anda. Besaran premi tersebut berlaku untuk satu tahun.

TENTUKAN BESARAN RISIKO SENDIRI (DEDUCTIBLE)

Selain itu, untuk mendapat penggantian akibat kerusakan yang diakibatkan oleh Anda sendiri, ada yang disebut sebagai own risk atau deductible atau yang bisa diistilahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah risiko sediri. Deductible adalah sejumlah uang yang perlu Anda bayar sebelum perusahaan asuransi akan membayar sisa tagihan jika terjadi kecelakaan. Ini adalah risiko yang menjadi kewajiban pemegang polis. Bila terjadi risiko, Anda diharuskan membayar yang menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Nilainya sudah ditentukan asuransi, misalnya Rp300.000,00 per kejadian. Maka jika terjadi kerusakan mobil senilai Rp1.300.000,00 maka Anda harus membayar Rp300.000,00 dan asuransi akan menanggung sisanya.

MANFAAT ASURANSI MOBIL YANG BISA ANDA TERIMA

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan risiko di jalan bisa dibilang tinggi. Ini terlihat dari banyaknya polis asuransi mobil yang ditawarkan di Indonesia. Hal ini wajar karena jika dilihat risikonya, banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya terutama di kota besar seperti Jakarta. Kecelakaan bukan satu-satunya alasan. Begal dan pencurian kendaraan semakin hari semakin meningkat di mana-mana. Tidak hanya di kota besar, tempat-tempat kecil dan sepi pun sangat sering menjadi incaran kejahatan. Risiko kehilangan kendaraan terus meningkat. Oleh karena itu, sangat logis apabila seseorang memutuskan untuk memiliki asuransi mobilnya. Coba saja tengok beberapa manfaat asuransi mobil terbaik:

  1. Meminimalkan kerugian yang ditanggung pemilik mobil. Secara umum manfaat asuransi mobil adalah untuk meminimalkan kerugian yang ditanggung pemilik mobil. Misalnya saja, kerugian akibat kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan ringan atau kerusakan berat, hilang akibat dicuri dan sebagainya.
  2. Mengurangi beban keuangan akibat timbulnya kerugian. Ini salah satu manfaat terbesar Anda memiliki asuransi yaitu menempatkan posisi keuangan Anda sebagai tertanggung agar bisa kembali saat terjadi kerugian.
  3. Menenangkan batin dan pikiran pemilik mobil. Dengan memiliki asuransi, pemilik mobil juga akan merasa tenang secara batin dan pikiran. Ini karena asuransi memberikan jaminan jika terjadi kecelakaan atau bencana lainnya pada mobil Anda.
  4. Transfer risiko. Maksudnya, dengan membayar premi yang Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi, Anda bisa mentransferkan risiko masalah jaminan proteksi mobil Anda kepada perusahaan asuransi.
  5. Proteksi perlindungan risiko atau kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari

PAHAMI POTENSI RISIKO ANDA

Perusahaan asuransi akan menggunakan data berikut untuk menentukan risiko kendaraan Anda:

  1. Merek dan jenis kendaraan
  2. Tempat mobil didaftarkan (sesuai STNK)
  3. Usia kendaraan
  4. Tujuan penggunaan (untuk pribadi, atau komersial misalnya)
  5. Kelengkapan administrasi (SIM, KTP, dll)
  6. Catatan Kriminal.
  7. Peringkat Kredit.
  8. Tempat Tinggal.
  9. Semakin tinggi risiko Anda, semakin tinggi premi yang harus Anda bayar.

CEK SISTEM PELAYANAN KLAIM

Pastikan perusahaan asuransi Anda dapat menerima laporan 24 jam setiap harinya, baik melalui telepon dan laporan secara online untuk menghindari klaim asuransi Anda ditolak.

Cara Pengajuan Klaim

Untuk melakukan klaim asuransi kendaraan yang mengalami kerusakan, kehilangan, dan lain-lain, maka berbagai syarat yang harus ada seperti: Polis Asuransi, SIM Pengemudi, KTP, dan rincian berbagai tagihan biaya klaim, Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian (jika kendaraan hilang), dll. Klaim ini harus diajukan sebelum lewat batas maksimal klaim asuransi, agar klaim dapat diterima dan tidak hilang percuma. Anda harus memperhatikan dengan teliti setiap informasi yang nantinya akan Anda terima di dalam polis asuransi mobil yang Anda miliki. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan peraturannya sendiri dalam menentukan proses pengajuan klaim ini mulai dari jangka waktu yang harus segera Anda laporkan, dokumen apa saja yang harus Anda sampaikan, hingga jangka waktu pencairan uang yang Anda klaim.

MENGAPA MEMBELI ASURANSI MOBIL DI FUTUREADY?

Anda Bisa Belanja Asuransi Langsung Secara Online dengan Klaim Asuransi Mudah dan Dibantu Penanganannya

Dengan lisensi resmi sebagai Broker Asuransi, Anda bisa secara langsung membeli berbagai produk asuransi pilihan di Futuready.com. Untungnya lagi, Futuready akan memberikan rekomendasi kepada Anda saat memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan pengalaman dan pengetahuan akan produk-produk asuransi yang ada dari masing-masing mitra kami. Bahkan, Anda juga bisa berkonsultasi secara gratis bila butuh bantuan untuk mengurusi proses klaim asuransi yang Anda ajukan. Mudahnya lagi, Anda bisa melakukan klaim asuransi dengan cara online tanpa perlu ribet dan menghabiskan banyak waktu Anda. Pelajarilah prosedur klaim asuransi milik Anda. Jika Anda kurang paham, jangan ragu untuk bertanya kepada kami untuk membantu Anda.

DON’T MISS IT!

Dapatkan tip dan strategi keuangan hingga pilihan produk asuransi terbaik.
Update juga berbagai info terbaru langsung dari para ahli. Hanya di newsletter kami.

Kerahasiaan data Anda, aman bersama kami.