Tentang Asuransi Jiwa Di Indonesia

Di Indonesia, peminat asuransi ini bisa dikatakan masih sedikit. Dari keseluruhan masyarakat Indonesia, hanya sekitar 6,6 % di antaranya yang mempunyai polis asuransi jiwa. Jadi, potensinya pun cukup besar karena masih ada 93,4% untuk dijangkau.

Walaupun jumlahnya penggunanya relatif kecil, bukan berarti kualitas produk dari penyedia asuransi di Indonesia tidak bagus. Buktinya, nilai asuransi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia cenderung stabil. Pada kuartal II/2018 lalu, nilainya mencapai 2,5%. Lebih lanjut, selama tahun 2014-2018, kinerja produk tersebut di Indonesia mengalami perkembangan cukup signifikan. Dari kuartal II/2014 hingga kuartal II/2018, peningkatan premi baru rata-rata sebesar 18,3% dan premi lanjutannya sebesar 10%.

Jenis Produk Life Insurance

Asuransi jiwa terdiri dari beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai kriteria kebutuhan masing-masing, yaitu:

  1. Berjangka (Term Life Insurance)
  2. Sesuai namanya, asuransi jiwa berjangka adalah jenis produk asuransi yang memberikan jaminan asuransi kepada Tertanggung selama jangka waktu tertentu atas risiko kematian. Jadi, apabila Tertanggung meninggal dunia saat kontrak asuransi masih berlangsung, pihak asuransi akan membayar biaya pertanggungan kepada penerima manfaat yang namanya dicantumkan dalam polis. Sementara itu, jangka waktu pembayaran preminya bisa disesuaikan keburuhan, mulai dari bulanan hingga tahunan.

  3. Seumur Hidup (Whole Life Insurance)
  4. Asuransi jiwa seumur hidup sedikit mirip dengan produk berjangka. Bedanya, apabila manfaat perlindungan dari produk asuransi berjangka hanya berlaku sampai jangka waktu tertentu, maka produk tersebut berlaku selama Tertanggung hidup. Umumnya, pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan dasar saat Tertanggung mencapai usia seratus tahun.

  5. Dwiguna (Endowment Insurance)
  6. Agak berbeda dari dua jenis produk sebelumnya, asuransi jiwa dwiguna memberikan dua macam manfaat sekaligus. Pertama, manfaat dalam bentuk uang pertanggungan saat Tertanggung meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai polis. Kedua, manfaat uang pertanggungan saat Tertanggung masih hidup ketika periode waktu kontrak asuransi berakhir.

  7. Unit Link
  8. Jenis produk yang satu ini begitu unik karena tidak hanya memberikan manfaat perlindungan asuransi, tapi juga investasi. Anda bisa memilih jenis investasi sesuai kebutuhan, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, pendapatan campuran, hingga saham. Premi yang Anda bayarkan akan dialokasikan ke instrumen investasi untuk menghasilkan nilai polis. Jadi, manfaat perlindungan asuransi pun dibayarkan dari hasil investasi.

Daftar Penyedia Asuransi Jiwa

Bagi yang tertarik membeli produk tersebut, saat ini Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui Futuready, supermarket asuransi online yang akan menghubungkan Anda dengan perusahaan penyedia asuransi tepercaya. Khusus untuk produk asuransi jiwa, Futuready telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia berikut ini:

Cara Pembelian

Membeli produk asuransi jiwa di Futuready sama sekali tidak sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuka situs futuready.com, lalu ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Klik kategori “Cari Asuransi” di bagian atas layar, lalu pilih Asuransi Jiwa Berjangka.
  2. Pada sisi kiri layar, sesuaikan kriteria atau masukkan filter untuk membatas hasil pencarian produk yang sesuai kebutuhan.
  3. Klik tombol “Cari Asuransi”.
  4. Hasil pencarian akan muncul di sebelah kanan layar. Anda bisa memilih produk asuransi jiwa yang paling memenuhi kebutuhan Anda. Klik “Pilih Asuransi”.
  5. Cek kembali ringkasan biaya di sebelah kanan layar, lalu masukkan data-data yang diperlukan pada tabel di sebelah kiri layar.
  6. Pastikan seluruh data sudah benar, lalu klik “Lanjut ke Pembayaran”.
  7. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  8. Lengkapi informasi dan dokumen yang diperlukan
  9. Apabila pengajuan disetujui, polis asuransi akan dikirimkan melalui email paling lambat 1x24 jam.

Cara Klaim

Untuk melakukan klaim asuransi, Anda hanya perlu membuka situs www.futuready.com, klik kategori “Klaim”, kemudian masukkan nomor inovice pada tabel yang disediakan. Setelah itu, tekan tombol “Proses” dan Anda bisa segera mengajukan proses klaim asuransi jiwa.

FAQ Asuransi Jiwa