Selama Anda berkendara ada banyak risiko yang mengintai di jalan. Hal ini tentu akan mengancam keutuhan kendaraan Anda, Untuk itu, sebagai langkah pencegahan Anda perlu memberikan proteksi tambahan terhadap kendaraan. Proteksi tambahan ini dapat berupa asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi.

Dengan asuransi kendaraan, Anda dapat memberikan proteksi untuk meminimalisir risiko kerugian keuangan terhadap kendaraan. Nah, agar Anda dapat merasakan manfaat tersebut, sebaiknya segera membeli produk asuransi mobil. Berikut ini syarat pengajuan asuransi, baik untuk mobil baru atau bekas.

Pahami Fungsinya

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi mobil, Anda harus benar-benar memahami fungsinya. Anda mungkin memahami asuransi sebagai ganti rugi saat kendaraan mengalami kerugian material. Namun sebenarnya fungsi asuransi kendaraan jauh lebih banyak dari itu.

Asuransi mobil dapat membantu memberikan proteksi terhadap kendaraan Anda terhadap berbagai risiko yang mulai terjadi. Risiko-risiko yang ter-cover asuransi mobil di antaranya adalah karena kecelakaan atau kerusakan yang tidak disengaja. Selain itu, asuransi juga bisa memberikan proteksi terhadap perbuatan jahat seperti perusakan atau pencurian.

Bahkan kini kebanyakan perusahaan yang menyediakan asuransi mobil juga menawarkan perluasan manfaat asuransi. Dengan perluasan manfaat asuransi ini, kendaraan Anda juga akan mendapat perlindungan terhadap lebih banyak risiko seperti kebakaran, bencana alam (gempa bumi, banjir), hingga kerusuhan massa.

Memilih Perusahaan Penyedia Asuransi

Saat ini sudah ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi. Sebut saja ACA, Allianz, AIG, Autocilin, Garda Oto, MNC Insurance, Sinarmas, dan Simas Net. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan serta bujet. Anda juga bisa memilih sesuai dengan pilihan paket yang ditawarkan.

Banyaknya jumlah perusahaan asuransi mungkin membuat Anda bingung menentukan. Namun kini tidak perlu bingung lagi, dengan hadirnya Supermarket Asuransi Futuready Anda tidak perlu kesulitan lagi membandingkan perusahaan penyedia asuransi mobil. Hingga saat ini Futuready telah menjalin mitra dengan puluhan perusahaan asuransi di Indonesia.

Cukup dengan membuka satu website saja, Anda sudah bisa membandingkan dan memilih produk asuransi. Saat harus mengajukan klaim pun Anda dapat melakukannya lewat Futuready. Seluruh prosedurnya mudah dan tidak berbelit-belit.

Daftar Partner

Futuready.com adalah situs insurance broker yang akan menghubungkan Anda secara langsung dengan perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya di seluruh Indonesia secara instan dan praktis. Tanpa perlu repot dan membuang banyak waktu, Anda bisa memilih perusahaan penyedia asuransi mobil yang diinginkan. Berikut daftar lengkap partner penyedia asuransi yang bisa Anda pilih melalui supermarket asuransi Futuready, yaitu:

Bekas atau Baru, Berpengaruh?

Anda juga harus memperhatikan kondisi mobil, apakah baru atau justru bekas. Ini karena keduanya akan mempengaruhi jenis asuransi yang bisa diambil. Biasanya pemilik mobil bekas akan diarahkan untuk mengambil asuransi TLO. Namun hal ini juga akan melihat beberapa pertimbangan lain seperti kondisi kendaraan saat survey.

Jika kendaraan yang Anda miliki merupakan kendaraan bekas namun usianya di bawah 10 tahun, perusahaan penyedia asuransi bisa saja mengabulkan permintaan Anda untuk mengajukan asuransi kendaraan all risk. Ini karena mobil yang usianya di bawah 10 tahun masih mudah ditemukan suku cadangnya.

Melengkapi Syarat Pengajuan

Setelah Anda telah menemukan perusahaan asuransi yang tepat beserta dengan jenis asuransi yang sesuai kondisi kendaraan, kini saatnya mengajukan asuransi mobil. Perusahaan asuransi biasanya akan mengajukan beberapa persyaratan untuk dipenuhi. Satu perusahaan dengan perusahaan lain bisa saja berbeda. Untuk itu, sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu, kira-kira apa saja syarat yang harus dipenuhi.

Untuk syarat dokumen biasanya perusahaan asuransi akan meminta Anda untuk melengkapi formulir pengajuan asuransi, fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), surat tanda nomor kendaraan (STNK), surat ijin mengemudi (SIM), nomor pokok wajib pajak (NPWP). Jika Anda mengajukan untuk perusahaan lampirkan juga KTP dan NPWP pemilik serta surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Setelah itu perusahaan asuransi akan melakukan survei untuk mengecek kondisi kendaraan Anda. Dari survei ini perusahaan asuransi akan menentukan mana jenis asuransi yang bisa diambil. Namun jika kendaraan masih baru Anda cukup menunjukkan bukti serah terima.