Travel insurance, atau asuransi perjalanan, berfungsi untuk menanggung berbagai risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan. Contohnya adalah kecelakaan, kehilangan bagasi, dan penundaan penerbangan. Jika hal-hal tersebut terjadi, perusahaan asuransilah yang akan menanggungnya. Nah, manfaat pertanggungan tersebut bisa didapatkan setelah Anda melakukan klaim. Untuk mengetahu cara dan prosesnya, berikut ulasan yang perlu Anda simak.

Cara Daftar Asuransi Perjalanan

Tahukah Anda bahwa saat ini ada broker asuransi online seperti Futuready yang menyediakan banyak produk asuransi secara online? Melalui platform ini, Anda bisa mendaftar asuransi perjalanan secara mudah. Begini caranya:

  1. Pilihlah perusahan asuransi yang tepat
  2. Mengingat ada begitu banyak produk asuransi perjalanan yang tersedia, akan cukup memakan waktu dan tenaga jika Anda harus mengecek satu per satu. Beruntung saat ini sudah ada Futuready yang memungkinkan Anda untuk menemukan beragam produk asuransi perjalanan dalam satu platform. Kunjungi www.futuready.com, lalu pilih asuransi perjalanan yang bisa disesuaikan dengan kriteria Anda.

  3. Penuhi syarat dan dokumen
  4. Anda harus menyediakan syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan perusahaan asuransi. Misalnya KTP, akta kelahiran, dan Kartu Keluarga (KK). Dokumen ini dibutuhkan sebagai kelengkapan administrasi dan identitas Anda. Selanjutnya, dokumen ini akan menjadi bahan pembuatan polis dan fasilitas yang Anda dapatkan.

  5. Daftarkan Diri Anda di Futuready
    • Cari Asuransi dan pilih produk asuransi yang Anda butuhkan
    • Lengkapi informasi yang dibutuhkan perusahaan
    • Pilih metode pembayaran yang paling nyaman untuk Anda
    • Setelah melakukan pembayaran, silakan lengkapi dokumen yang dibutuhkan
    • Jika pengajuan asuransi disetujui, polis asuransi perusahaan akan dikirimkan melalui email

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Salah satu sebab klaim Anda ditolak perusahan pihak asuransi adalah karena persyaratan dan dokumen yang Anda miliki tidak lengkap. Tentu hal ini akan membuat pihak asuransi menjadi rugi besar. Kabar baiknya, Futuready menyediakan klaim secara cepat dan mudah.

Langsung saja hubungi call service ke nomor (021) 21884918 atau mengirim email ke alamat [email protected] Bagi yang mengirim email, Anda juga diminta mengirimkan berbagai data pendukung berupa nomor polis, tanggal lahir pemegang polis, dan nama lengkap pemegang polis. Untuk subjek pada email, cukup tuliskan “Klaim [spasi] nomor polis”.

Setelah mendapatkan pengajuan klaim, Futuready akan mengecek dan mengumpulkan seluruh data Anda yang sudah tersimpan pada sistem. Semua proses pelaporan pada tahap ini akan dibantu oleh Futuready. Selanjutnya, Futuready akan menghubungi perusahaan asuransi yang bersangkutan dan mendaftarkan pengajuan klaim asuransi Anda.

Kumpulkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Agar proses klaim asuransi berjalan lebih cepat, Anda diminta melengkapi pengajuan dengan data-data pendukung yang dikeluarkan dokter atau rumah sakit yang menangani Anda. Beberapa contohnya adalah:

  • Kuitansi
  • Rekam Medis
  • Resep Obat
  • dll (Dokumen apapun yang dapat membantu Anda, yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau dokter)

Kirimkan dokumen-dokumen tersebut ke alamat email [email protected]

Klaim atau Santunan Diberikan

Apabila seluruh syarat dan ketentuan telah terpenuhi, begitu juga dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, idealnya pihak perusahaan asuransi akan menyetujui klaim asuransi Anda. Tinggal tunggu saja uang penggantian cair. Perusahaan asuransi akan mentransfer uang tersebut ke rekening yang sudah diberitahukan sebelumnya.