Beberapa negara mengharuskan Anda untuk memiliki visa jika ingin berkunjung ke sana. Jika ini adalah pertama kalinya Anda hendak pergi ke luar negeri, mungkin Anda akan bingung harus melakukan apa saja untuk mengajukan visa. Nah, perlu diketahui bahwa visa terdiri dari beberapa jenis dan memiliki fungsi masing-masing. Jadi, sebelum mengajukan visa, ada baiknya untuk mencari tahu dulu berbagai jenis visa dan fungsinya berikut ini.

Beberapa Jenis Visa dan Fungsinya

  • Visa Kunjungan Wisata/Turis
  • Anda yang pertama kali traveling ke luar negeri wajib memiliki visa jenis ini. Seperti namanya, visa turis digunakan atau difungsikan bagi mereka yang kerap berlibur ke negara-negara lain untuk tujuan berlibur saja. Jika Anda tidak memiliki visa ini, Anda akan diciduk petugas imigrasi dan dipastika liburan Anda menjadi berantakan.

  • Visa Kunjungan Bisnis
  • Berbeda dengan visa turis, visa bisnis diperuntukkan bagi mereka yang berkunjung ke luar negeri karena urusan bisnis. Ketika Anda memiliki visa jenis ini, urusan bisnis Anda di negara orang akan berjalan mulus tanpa gangguan petugas imigrasi.

  • Visa Kunjungan Keluarga
  • Jika Anda memiliki keluarga atau kerabat di luar negeri dan ingin berkunjung ke sana, segeralah buat visa keluarga. Visa ini memiliki masa tinggal selama tiga bulan atau 90 hari. Untuk mendapatkan visa ini, Anda harus mengajukannya sebelum keberangkatan. Tidak lupa disertai surat undangan dari keluarga yang tinggal di negara tujuan sebagai penjamin.

  • Visa Kerja
  • Anda memiliki impian untuk bekerja di luar negeri? Jika iya, buatlah visa kerja untuk diri Anda. Dengan visa kerja, Anda boleh menjadi karyawan di sebuah perusahan di luar negeri. Bila anda sudah bekerja selama bertahun-tahun di negara orang, visa jenis ini bisa dirubah menjadi surat izin tinggal atau Parmanent Resident (PR).

  • Visa Transit
  • Jika Anda berkunjung ke sebuah negara dan pesawat yang Anda tumpangi harus transit di negara lain, biasanya Anda sebagai penumpang pesawat akan diminta menunjukkan visa transit Anda. Perhatikan apakah visa Anda hanya berlaku pada area bandara saja (Airport Transit Visa) atau untuk seluruh negara di mana Anda transit (Transit Visa). Bila visa yang Anda punya hanya digunakan di area bandara, dapat dipastikan Anda dilarang meninggalkan area bandara.

  • Visa Belajar
  • Bila Anda memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka Anda diwajibkan mempunyai visa belajar. Pasalnya, visa ini berfungsi sebagai izin resmi untuk Anda berkuliah di universitas luar negeri. Menariknya, masa visa belajar berlaku hingga masa kuliah Anda selesai.

Definisi dan Manfaat

Secara sederhana, visa dapat Anda pahami sebagai dokumen izin untuk masuk ke dalam suatu negara. Namun, visa berbeda dengan paspor. Visa hanyalah dokumen yang berlaku dalam suatu periode tertentu, tergantung jenis visa yang Anda miliki. Kegunaan visa hanya sebagai surat izin masuk ke negara yang mengeluarkan visa.

Visa sangat bermanfaat bagi Anda yang akan berpergian ke luar negeri, apalagi ketika Anda menggunakan visa Schengen. Dengan visa ini, Anda bisa mengunjungi semua negara Schengen dan juga negara lain yang tidak terdaftar sebagai anggota Schengen.

Lantas, apa saja perlindungan yang akan didapat? Nah, jika Anda mempunyai travel insurance untuk visa Schengen, Anda bisa memilih produk asuransi khusus perjalanan ke Eropa. Hal ini dimaksudkan bentuk perlindungan dan jaminan yang ditawarkan sesuai dengan perjalanan yang Anda pilih.

Daftar Partner Asuransi Perjalanan

Cara Pembelian

Salah satu persyaratan yang harus disiapkan jika ingin mengajukan visa Schengen adalah asuransi perjalanan. Caranya mudah, cukup kunjungi www.futuready.com untuk memperoleh asuransi perjalanan visa Schengen. Siapkan dokumen seperti KTP, paspor yang masih berlaku, kartu keluarga, mengisi formulir yang sudah disediakan, serta kartu kredit untuk pembayaran untuk melakukan pembelian.

Cara Klaim di Futuready

Untuk kemudahan dan kenyamanan Anda, Futuready siap membantu proses klaim Anda. Anda bisa menggunakan layanan call service Halo Futuready di (021) 21884918 atau kirim email ke [email protected] Namun, sebelum melakukan klaim, Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan.