Dalam kehidupan ini, ada banyak risiko yang bisa mengancam Anda dan keluarga. Risiko-risiko dalam kehidupan tersebut bahkan terus mengintai kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, Anda membutuhkan proteksi tambahan dalam kehidupan. Salah satu bentuk proteksi tersebut adalah asuransi jiwa.

Menggunakan asuransi jiwa atau life insurance sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan Anda dan keluarga. Selain meminimalisir risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam kehidupan, produk ini juga dapat membantu Anda mempersiapkan masa depan dengan matang. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum begitu menyadari manfaat dari produk life insurance.

Penyebabnya bisa sangat beragam. Kebanyakan menganggap masa depan masih akan terjadi nanti sehingga tidak perlu dipikirkan dari sekarang. Ada juga yang menganggap produk ini kurang penting karena hanya akan menyulitkan anggaran rumah tangga mereka. Namun, ternyata ada yang tidak menggunakan asuransi karena takut dengan prosedur klaim yang rumit. Benarkah prosedur klaim asuransi jiwa berbelit-belit?

Cara Klaim Asuransi Jiwa

Sebenarnya setiap perusahaan penyedia asuransi jiwa memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk prosedur klaim mereka. Jadi, prosedur klaim life insurance antara perusahaan A tentu tidak sama dengan perusahaan B. Walau begitu, jika dilihat secara garis besar, sebenarnya seluruh prosedur klaim di Indonesia hampir serupa. Di sini kami telah membuat ringkasannya untuk Anda.

  • Melaporkan informasi kematian Tertanggung
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkan pada pihak perusahaan asuransi bahwa Tertanggung telah meninggal dunia. Hal ini bertujuan agar pihak perusahaan dapat segera memastikan status polis asuransi dan membayarkan Uang Tanggungan kepada pihak yang ditunjuk sebagai ahli waris Tertanggung.

    Anda bisa melampirkan Surat Kematian beserta Surat Polis. Anda juga mungkin akan ditanya tentang data diri Tertanggung serta beberapa informasi lainnya tentang kematian Tertanggung sebagai pemegang polis.

  • Melengkapi formulir klaim dan menyertakan dokumen pelengkap
  • Setelah pihak perusahaan asuransi memastikan bahwa informasi kematian Tertanggung valid, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan klaim. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk melampirkan dokumen pelangkap seperti Polis serta data diri Anda.

    Apabila Anda menemukan kesulitan saat mengisi formulir pengajuan atau keseluruhan prosedur klaim, segeralah bertanya pada petugas. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan pada saat pencairan Uang Tanggungan nanti.

  • Proses verifikasi polis
  • Jika Anda sudah mengisi formulir pengajuan klaim, prosedur selanjutnya adalah proses verifikasi polis. Tahapan ini akan dilakukan oleh perusahaan asuransi sehingga yang bisa Anda lakukan hanyalah menunggu. Proses verifikasi dilakukan untuk memastikan apakah Anda memang benar-benar pihak yang ditunjuk oleh Tertanggung sebagai ahli waris yang berhak atas Uang Tanggungan.

  • Pembayaran klaim asuransi jiwa
  • Saat hasil verifikasi polis menyatakan bahwa seluruh data sesuai, maka bisa dipastikan pengajuan klaim Anda berhasil. Pihak perusahaan asuransi akan segera membayarkan Uang Tanggungan dari premi yang telah dibayar oleh Tertanggung semasa hidupnya.

    Biasanya pihak asuransi akan meminta salinan buku rekening Anda. Ini karena Uang Tanggungan akan langsung dikirimkan kepada Anda melalui metode transfer. Saat Uang Tanggungan masuk ke rekening Anda, maka pengajuan klaim dinyatakan berhasil.

Daftar Partner

Cara Pembelian

Selain mengikuti prosedur pengajuan klaim asuransi jiwa yang konvensional, Anda juga bisa melakukannya melalui Futuready. Di Futuready.com, Anda bahkan bisa memilih dan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara pembeliannya di Futureeady:

  • Proses pembelian di Futuready
  • Produk asuransi jiwa dari berbagai perusahaan asuransi Indonesia bisa didapatkan dengan mudah melalui Futuready. Kunjungi situs www.futuready.com, lalu pilih kategori produk life insurance. Kemudian, pilihlah produk yang sesuai kebutuhan. Pilih salah satu, lalu klik “Pilih Sekarang”.

    Setelah itu, lengkapi informasi yang diminta. Pastikan seluruh informasi sudah benar, dan lengkap kemudian klik “Lanjut ke Pembayaran”. Pembayaran bisa dilakukan melalui beberapa metode pembayaran yang disediakan.

  • Syarat dokumen yang diperlukan
  • Di samping mengisi formulir, untuk membeli produk tersebut di Futuready Anda juga harus melampirkan beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, KK, Surat Nikah, serta Akte Kelahiran.

Cara Klaim di Futuready

Prosedur pengajuan klaim asuransi jiwa di Futuready pun mudah. Cukup pilih opsi “Klaim” pada halaman utama situs www.futuready.com. Masukkan nomor invoice pada kolom yang tersedia. Kemudian tekan tombol “Proses” untuk memulai proses klaim asuransi Anda.