Untuk mempersiapkan masa depan, Anda harus melakukan beberapa langkah preventif demi mencegah terjadinya risiko-risiko yang dapat membahayakan kehidupan. Langkah preventif tersebut bisa didapat dengan memanfaatkan proteksi dari perusahaan penyedia jaminan sosial.

Saat ini sudah banyak jaminan sosial yang bisa Anda pilih. Bahkan pemerintah Indonesia pun menetapkan jaminan sosial yang wajib diikuti oleh warga negaranya, yakni BPJS. Sebagai alternatif, ada juga program jaminan sosial yang ditawarkan oleh pihak swasta seperti asuransi jiwa. Untuk memahami perbedaan antara jaminan sosial yang ada di Indonesia, Anda bisa menyimak uraian berikut ini.

Jenis Jaminan Sosial di Indonesia

  • Asuransi Jiwa
  • Produk jaminan sosial pertama yang dibahas adalah asuransi jiwa. Life insurance merupakan sebuah produk asuransi yang fungsi utamanya adalah untuk memberikan proteksi terhadap risiko kerugian finansial yang timbul akibat adanya kematian. Di Indonesia, umumnya yang menyediakan produk ini merupakan perusahaan swasta meski kini pemerintah menawarkan produk serupa melalui BPJS Ketenagakerjaan.

    Jika dibandingkan dengan jaminan sosial lain seperti BPJS, asuransi jiwa jelas berbeda. Seperti yang telah disebutkan, produk tersebut memberikan proteksi terhadap risiko kerugian finansial akibat kematian. Sedangkan layanan sosial seperti BPJS memberikan proteksi terhadap risiko kerugian finansial akibat penyakit.

    Walau begitu, sebenarnya Anda juga bisa memberikan proteksi terhadap risiko kerugian finansial akibat penyakit. Ini karena kebanyakan perusahaan asuransi sudah menyediakan opsi ekstensi. Dengan opsi ekstensi ini, Anda bisa menambahkan proteksi terhadap risiko penyakit dalam polis.

  • BPJS
  • Jaminan sosial berikutnya adalah BPJS. Berbeda dengan asuransi jiwa yang kebanyakan dikeluarkan oleh perusahaan swasta, BPJS dikeluarkan oleh negara. BPJS mulai diluncurkan pada 1 Januari 2014 dan terus digencarkan hingga sekarang.

    Untuk fungsinya sendiri, BPJS memberikan proteksi terhadap risiko kerugian finansial akibat penyakit. Jenis perlindungan yang di-cover oleh BPJS pun sangat bervariasi. Dengan menjadi peserta BPJS, Anda bisa mendapatkan proteksi saat sedang terserang penyakit bahkan hingga perawatan pasca perawatan.

  • Taspen
  • Taspen atau Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah sebuah jaminan sosial yang berfokus pada tunjangan untuk masa pensiun. Jika dibandingkan dengan semua jenis yang disebutkan dalam uraian ini, bisa dibilang Taspen adalah jaminan yang paling “eksklusif”. Ini karena Taspen hanya ditujukan pada ASN (Aparatur Sipil Negara) dan pejabat negara.

    Taspen memberikan beberapa opsi proteksi, yakni Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Program Jaminan Kematian (JKM). Dengan menjadi peserta Taspen, Anda bisa mendapatkan beragam jenis proteksi mulai dari persiapan hari tua serta proteksi risiko terhadap kematian.

  • Tabungan
  • Jaminan sosial terakhir yang dibahas adalah tabungan. Ya, Anda bisa memanfaatkan tabungan sebagai jaminan sosial. Tabungan bisa menjadi perlindungan terhadap masa depan, termasuk risiko terhadap kematian.

    Sebagai jaminan sosial, tabungan berfungsi sebagai dana darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, tentunya Anda harus menggunakan program tabungan khusus yang memang memberikan jaminan sosial.

Dari perbandingan di atas, Anda mungkin bisa menyimpulkan bahwa asuransi merupakan jaminan sosial yang terbaik dan paling fleksibel. Terlebih Anda bisa melakukan ekstensi pada polis sehingga proteksi yang didapat pun maksimal.

Daftar Penyedia Asuransi Jiwa

Di Futuready, Anda bisa mendapatkan produk asuransi jiwa dari beragam perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Mulai dari BNI Life, Capital Life, Chubb, MNC Life, hingga Tokio Marine. Anda tinggal menyesuaikan mana yang sesuai dengan kebutuhan serta bujet yang tersedia.

Cara Pembelian

  1. Proses pembelian di Futuready
  2. Untuk mendapatkannya di Futuready, Anda cukup mengakses halaman www.futuready.com. Pilih opsi “Asuransi Jiwa Berjangka”, maka sistem akan menampilkan pilihan produk dari beragam perusahaan asuransi. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan serta bujet Anda. Jika masih merasa ragu, Anda bisa menyimak detail yang tersedia tentang asuransi.

    Apabila sudah selesai memilih, klik tab “Pilih Sekarang”. Sistem kemudian akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir. Pastikan untuk mengisi formulir dengan informasi yang benar dan lengkap, kemudian klik “Lanjut ke Pembayaran” untuk melakukan pembayaran premi asuransi.

  3. Syarat dokumen yang diperlukan
  4. Selain mengisi formulir, untuk membeli produk tersebut di Futuready, Anda juga perlu menyertakan beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, KK, Surat Nikah, serta Akte Kelahiran.